3 Alasan Utamakan Diri Sendiri dalam Pekerjaan, Penting untuk Survive!

Sebab kamu cuma bisa mengandalkan diri sendiri untuk survive

Sebagai makhluk sosial yang membutuhkan satu sama lain, memang wajar kalau saling mengandalkan dan kadang mengutamakan bantu orang lain terlebih dulu dibanding diri sendiri. Akan tetapi, dalam pekerjaan itu beda cerita, yang mana mengutamakan diri sendiri menjadi hal yang penting untuk dilakukan.

Logikanya seperti ini, pekerjaanmu merupakan tanggung jawabmu, sehingga selesaikan terlebih dahulu sebagai bentuk profesionalitasmu sebelum membantu pekerjaan orang lain. Sebab, baik buruknya pekerjaanmu bukan urusan orang lain, melainkan urusanmu sendiri. Kalau mau tahu lebih jelasnya lagi, berikut ini adalah beberapa alasan logis kenapa dirimu harus mengutamakan diri sendiri di dalam pekerjaan. 

Baca Juga: 5 Upaya Mengandalkan Diri Sendiri dalam Atasi Persoalan Hidup

1. Salah satu bentuk cinta dan menghargai diri sendiri

3 Alasan Utamakan Diri Sendiri dalam Pekerjaan, Penting untuk Survive!ilustrasi wanita karier (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Membantu orang lain memang perbuatan baik yang mulia karena dapat bermanfaat untuk sesama. Akan tetapi, penting juga untuk mengutamakan diri sendiri di atas orang lain sebagai salah satu bentuk cinta dan menghargai diri sendiri. Sebab, menjadi hal yang salah kalau terus mendahulukan orang dan melupakan kepentingan diri sendiri, atau selalu menomor duakan diri sendiri. 

Apalagi jika itu di dalam pekerjaan, penting sekali untuk menghargai diri sendiri dengan tidak mengabaikan pekerjaanmu demi orang lain. Sebab dalam dunia profesional, menjaga kinerjamu sendiri itu lebih penting untuk karier. Orang lain bisa berterima kasih pada kebaikanmu, tapi jika kamu tidak mengutamakan diri sendiri saat bekerja maka tidak akan ada yang bisa menjamin kariermu selain kinerjamu. 

2. Cuma bisa bergantung pada diri sendiri untuk survive

3 Alasan Utamakan Diri Sendiri dalam Pekerjaan, Penting untuk Survive!ilustrasi kerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)
dm-player

Saling membantu dengan rekan kerja merupakan hal yang baik untuk hubungan baik di kantor. Namun terlepas dari hubungan baik dengan rekan-rekan, baik buruknya kariermu tetap menjadi tanggung jawab sendiri. Bahwa kamu tidak bisa mengandalkan orang lain untuk membantumu survive ketika jatuh atau gagal. 

Itulah kenapa penting banget untuk mengutamakan diri sendiri dalam pekerjaan. Supaya kamu bisa fokus sepenuhnya dalam karier, menjamin diri sendiri untuk bisa survive ketika jatuh. Sebab, sebaik-baiknya rekan kerja, mereka juga punya pekerjaan dan karier yang mesti dijaga, sehingga kamu hanya bisa bergantung pada diri sendiri saja. 

Baca Juga: 5 Kesalahan Diri Sendiri yang Sering Memicu Rasa Kesepian, Gak Ramah?

3. Upaya yang wajar untuk menjamin masa depan dan kemajuan karier

3 Alasan Utamakan Diri Sendiri dalam Pekerjaan, Penting untuk Survive!ilustrasi kerja (pexels.com/Anthony Shkraba)

Alasan lainnya kenapa harus mengutamakan diri sendiri dalam pekerjaan, karena hal ini penting untuk menjamin masa depan kamu sendiri. Terutama masa depan dalam karier yang perkembangannya harus diusahakan pelan-pelan. Tentu orang lain juga akan melakukan hal yang sama untuk jaminan kariernya sendiri, kan. 

Pokoknya jangan mengorbankan pekerjaan sendiri demi orang lain, karena dunia kerja itu keras. Kamu harus kuat dan bisa berjuang mengandalkan diri sendiri untuk bisa memastikan kalau kariermu meningkat dan maju. Membantu rekan jadi prioritas nomor dua di tempat kerja setelah pekerjaanmu sendiri terjamin aman dan berkembang. 

Intinya, sebaik-baiknya kamu pada orang lain tetap ingat untuk mengutamakan diri sendiri dalam pekerjaan. Karena kemajuan karier dan profesi itu dipegang sendiri-sendiri, setiap orang punya tanggung jawab kerjanya sendiri, entah itu dirimu atau orang lain. 

Baca Juga: 3 Dampak Buruk saat Tidak Lekas Memaafkan Diri Sendiri

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Banyak baca banyak nulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Fajar Laksmita

Berita Terkini Lainnya