Comscore Tracker

5 Tips Supaya Kamu Bisa Konsisten dan Disiplin dalam Menabung

Kuatkan niat dan ingat lagi tujuanmu menabung

Memiliki penghasilan tetap tentu sangat penting untuk bisa memenuhi berbagai kebutuhan dan menjalani hidup dengan baik, akan tetapi bukan berarti kamu bisa santai dan mengabaikan pentingnya menabung.

Menyimpan sebagian dari penghasilanmu itu sangat penting dan banyak manfaatnya. Nah, kalau kamu mempunyai kesulitan untuk konsisten dalam melakukannya, bisa coba lima tips di bawah ini.

1. Minimalisir daftar belanja

5 Tips Supaya Kamu Bisa Konsisten dan Disiplin dalam MenabungPexels.com/Anna Shvets

Jika kamu mau konsisten dan disiplin dalam menabung maka usahakan untuk meminimalisir daftar belanja dan kebutuhanmu, ya. Yang tidak terlalu penting dan bersifat kesenangan sementara gak perlu kamu turuti, sebab uangmu bisa sia-sia jika hal itu tidak benar-benar bermanfaat. Kamu juga bisa mencoba gaya hidup minimalis agar terbiasa untuk menabung.

2. Tahan godaan untuk tidak membeli makanan di luar kebutuhan

5 Tips Supaya Kamu Bisa Konsisten dan Disiplin dalam MenabungPexels.com/Engin Akyurt

Tips kedua adalah tahan godaan untuk tidak membeli makanan di luar kebutuhan, seperti makanan ringan yang sebenarnya cuma sekedar ingin saja. Sesekali kamu boleh membelinya, namun jika selalu membelinya justru kamu bisa berakhir boros.

Baca Juga: Kamu Perlu Mempertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Memutuskan Menabung

3. Gak perlu ingat-ingat berapa jumlah yang sudah kamu tabung

5 Tips Supaya Kamu Bisa Konsisten dan Disiplin dalam MenabungPexels.com/Public Domain Pictures

Ketiga, kamu gak perlu mengingat jumlah uang yang sudah kamu tabung. Sesekali mengeceknya tentu tidak apa-apa, namun jika kamu terus menghitung dan mengingat jumlah tabunganmu maka suatu saat bisa-bisa kamu jadi malas menyisihkan uang karena tabunganmu sudah banyak.

4. Sisihkan uang secara disiplin

5 Tips Supaya Kamu Bisa Konsisten dan Disiplin dalam MenabungPexels.com/Karolina Grabowska

Tentu saja tips lainnyayang perlu dilakukan agar konsisten dalam menabung yaitu menyisihkan uang secara disiplin. Pada awalnya mungkin kamukesulitan, tapi percayalah bahwa lama-kelamaan kamu bakal terbiasa. Bahkan bisa saja menabung bakal jadi kebiasaanmu karena sudah disiplin untuk melakukan ini.

5. Kuatkan niat dan ingat tujuan menabung

5 Tips Supaya Kamu Bisa Konsisten dan Disiplin dalam MenabungPexels.com/Andrea Piacquadio

Terakhir, kuatkan niat yang kamu punya dan ingat lagi apa tujuanmu menabung. Apa yang mendasari keinginanmu untuk menyimpan sebagian uang  secara teratur, atau tanamkan dalam diri bahwa kamu memang harus melakukannya untuk masa depan yang lebih baik. Sebab ada banyak manfaat dari menabung yang bakal membantumu di masa mendatang.

Menabung itu penting untuk dilakukan, dan jika kamu punya masalah dalam konsisten serta kedisiplinan dalam hal ini maka bisa coba lima tipsnya di atas.

Baca Juga: 6 Cara Simpel Menyisihkan Uang Buat Kamu yang Susah Banget Menabung

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya