Comscore Tracker

6 Cara Simpel Menyisihkan Uang Buat Kamu yang Susah Banget Menabung

Coba praktikkan yuk!

Menabung merupakan suatu kegiatan yang positif dan banyak manfaatnya. Selain membiasakan diri untuk berhemat, hasil tabungan tersebut juga bisa kamu jadikan dana darurat yang sewaktu-waktu dibutuhkan bisa langsung digunakan. Akan tetapi, masih ada saja orang yang sulit membiasakan diri menabung. Mungkin niat itu sudah muncul, tapi selalu kandas di tengah jalan karena gak tahan dengan godaan. Seperti menghabiskan uang untuk berburu diskon.

Nah, kalau kebetulan kamu termasuk salah satu tipe orang yang sulit membiasakan diri untuk menabung, ada baiknya simak artikel di bawah ini. Ternyata ada enam cara simpel yang bisa membantumu buat rutin menyisihkan uang atau menabung. Gak percaya? Coba simak dulu satu per satu, dan jangan lupa sambil dipraktikkan, ya!

1. Siapkan celengan yang unik dan menarik

6 Cara Simpel Menyisihkan Uang Buat Kamu yang Susah Banget Menabungpexels/maitree rimthong

Pertama-tama cari dulu wadah atau celengannya. Kamu bisa membeli di toko atau membuatnya sendiri dari kaleng bekas kue. Pilih bentuk dan warna yang menarik buatmu. Misalnya celengan berbentuk babi, kucing, atau anjing. Gak perlu terlalu besar, mulai dulu dengan celengan kecil yang imut-imut. Supaya kamu lebih semangat menabung setiap harinya. 

2. Beri tulisan pada celengan berupa motivasi atau tujuanmu menabung

6 Cara Simpel Menyisihkan Uang Buat Kamu yang Susah Banget Menabungpexels/Joslyn Pickens

Tempelkan tulisan di secarik kertas pada badan celenganmu. Buat kata-kata motivasi atau tujuan kamu mengumpulkan uang ini. Misalnya, kamu ingin membeli ponsel terbaru dengan menyisihkan uang di celengan tersebut.

Dengan adanya kalimat motivasi dan tujuan yang jelas untuk apa kamu menabung, secara tidak langsung akan mendorongmu untuk rutin menyisihkan uang. Ya, tentunya supaya keinginan itu bisa segera terwujud dong ya!

3. Buat jangka waktu mau berapa lama kamu mengumpulkan uang tersebut

6 Cara Simpel Menyisihkan Uang Buat Kamu yang Susah Banget Menabungpexels/Lukas

Targetkan mau berapa lama kamu mengumpulkan uang. Memang untuk pemula jangan langsung menabung terlalu lama. Karena untuk menghindari supaya kamu gak tergoda untuk mengambil lagi uangnya.

Misalnya, kamu ingin beli tas baru uangnya kurang Rp 100 ribu, daripada nunggu kelamaan mending ambil dulu dari celengan. Aduh, lama-lama bisa habis terkuras deh tabungannya. Makanya tetapkan waktu untuk membuka hasil celenganmu itu. Seperti dua bulan atau 50 hari. Setelah itu, kamu boleh menggunakan seluruh isinya.

Baca Juga: 5 Tips Menabung Anti Gagal, Cocok untuk Anak Muda!

4. Buatlah memo pengingat baik di ponsel maupun catatan di atas meja

6 Cara Simpel Menyisihkan Uang Buat Kamu yang Susah Banget Menabungpexels/Andrea Piacquadio

Supaya tidak ada hari yang terlewatkan untuk menabung, kamu bisa membuat alarm pengingat di ponsel atau menuliskannya pada secarik kertas. Memang awalnya kamu akan bergantung pada pengingat tersebut, tapi lama-lama akan terbisa dengan sendirinya kok. Bahkan sehari saja gak nabung rasanya seperti ada yang kurang.

Tapi kalau memang ada satu atau dua hari yang terlewatkan, kamu harus menukarnya di hari lain ya! Artinya dalam satu hari tersebut, kamu mesti memasukkan lebih banyak uang sebagai gantinya. Ingat, harus setia sama komitmenmu sendiri!

5. Mulailah dengan uang yang kecil dulu, kemudian naikkan nominalnya

6 Cara Simpel Menyisihkan Uang Buat Kamu yang Susah Banget Menabungpexels/Skitterphoto

Supaya ritual menabung gak terasa berat, kamu bisa memulainya dengan nominal yang kecil. Nah, kecil di sini relatif dan berbeda-beda antar satu orang dengan yang lainnya, ya. Kalau bagimu Rp 100 ribu itu sedikit, kamu bisa mulai dengan nominal tersebut setiap harinya.

Nanti kalau sudah terbiasa menabung, bisa ditambah dua kali lipat setiap memasukkan uang. Coba bayangkan, dalam waktu satu bulan saja sudah berapa banyak uang yang bisa kamu kumpulkan? Menarik banget kan!

6. Titipkan uang tabungan tersebut pada orang yang kamu percaya

6 Cara Simpel Menyisihkan Uang Buat Kamu yang Susah Banget Menabungpexels/cottonbro

Jika kamu takut tergoda iman untuk mengambil kembali uang yang sudah bersemayam di dalam celengan, bisa minta tolong orang terdekat. Caranya dengan menitipkan celengan tersebut pada ibu, ayah, kakak atau adikmu. Pokoknya siapa pun orangnya yang sangat kamu percaya dan gak mungkin membohongimu.

Dengan menitipkan uang tabungan tersebut ke salah satu dari mereka, kamu akan berpikir ulang ketika ingin meminta kembali sebelum saatnya. Jadi uangmu bakal aman sampai batas waktu yang telah ditentukan deh! 

Ternyata gak sulit kan membiasakan diri untuk menabung? Terpenting, niat ini harus diawali dari dirimu sendiri, jangan karena paksaan dari orang lain. Percaya deh, begitu menabung sudah jadi kebiasaanmu, menyisihkan uang lebih banyak gak akan terasa berat lagi. Gimana, siap menabung mulai besok?

Baca Juga: Biar Cepat Kaya, 6 Tips Sukses Menabung untuk Orang yang Boros 

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya