Comscore Tracker

5 Jenis Emosi Negatif yang Berdampak Buruk Jika Terus Dibiasakan

Karena emosi jenis ini bisa mempengaruhi hidupmu 

Semua hal di dunia ini pasti ada sisi positif dan negatifnya, entah itu hubungan, jenis pekerjaan, pilihan hidup, bahkan sampai emosi yang kita miliki. Namun meskipun sebenarnya sudah tahu bahwa ada yang  membawa dampak buruk pada diri sendiri tapi sebagian orang tidak tahu bagaimana menghilangkan atau mengendalikannya.

Seperti lima emosi negatif di bawah ini yang bakal berpengaruh buruk jika terus dibiasakan.

1. Cemburu buta pada pasangan

5 Jenis Emosi Negatif yang Berdampak Buruk Jika Terus DibiasakanPexels.com/Cottonbro

Cemburu itu emosi yang wajar dirasakan semua orang terhadap seseorang yang ia sayang, akan tetapi jika kecemburuan itu sudah sampai pada tahap keterlaluan dan berubah menjadi cemburu buta maka termasuk dalam jenis emosi negatif. Gak baik jika kamu terus memelihara emosi ini, karena selain membuatmu lelah sendiri untuk selalu cemburu bahkan pada hal kecil, hal ini juga bisa memancing berbagai konflik di dalam hubungan.

2. Kemarahan yang tidak terkendali

5 Jenis Emosi Negatif yang Berdampak Buruk Jika Terus DibiasakanPexels.com/Moose Photos

Emosi negatif lainnya yang juga bakal berdampak buruk jika dibiasakan adalah kemarahan yang tidak terkendali. Orang yang memiliki emosi ini di dalam dirinya biasanya bakal mengamuk dan hilang kendali diri jika sangat marah. Karena dirinya dikuasai oleh emosi negatif itu sendiri.

Baca Juga: Biar Lebih Bahagia, Ini 8 Langkah Detoks Emosi Negatif dalam Diri

3. Iri dengan kebahagiaan atau kesuksesan orang

5 Jenis Emosi Negatif yang Berdampak Buruk Jika Terus DibiasakanPexels.com/Craig Adderley

Kemudian emosi negatif ketiga yang berdampak buruk kalau dibiasakan adalah iri dengan kebahagiaan dan kesuksesan orang. Saat melihat orang lain mencapai suatu hal yang hebat, atau memiliki hidup yang bahagia pasti kita juga ingin. Namun jika perasaan iri itu tidak dikendalikan, malah bisa bikin kamu gak bersyukur dan itu gak baik untuk kamu.

4. Ketakutan yang terus dipelihara

5 Jenis Emosi Negatif yang Berdampak Buruk Jika Terus DibiasakanPexels.com/Andrea Piacquadio

Ketakutan yang dipelihara juga termasuk dalam emosi negatif yang bakal berpengaruh buruk jika tidak pelan-pelan kamu hilangkan. Karena ketakutan bisa berubah menjadi trauma atau paranoid jika tidak segera diatasi, kan. Dan kamu pasti tahu betapa tidak tenangnya hidup seseorang yang dihantui rasa takut.

5. Khawatir berlebihan  

5 Jenis Emosi Negatif yang Berdampak Buruk Jika Terus DibiasakanPexels.com/Polina Zimmerman

Khawatir berlebihan menjadi emosi negatif kelima yang gak baik jika dibiasakan. Khawatir itu wajar kita rasakan pada seseorang atau karena suatu hal, tapi kalau berlebihan malah yang ada nanti kamu bisa mengarah pada overthinking. Sebab pada hal kecil sekalipun, atau hal yang belum terjadi kamu justru sudah khawatir duluan.

Kalau sudah tahu suatu hal bisa berdampak buruk untukmu maka usahakanlah untuk menghindarinya, seperti lima emosi negatif yang bakal berpengaruh buruk untuk dirimu sendiri kalau dibiasakan.

Baca Juga: 5 Cara Sehat Meredam Emosi Negatif Agar Tidak Meledak-ledak

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya