Comscore Tracker

Ini Dia 5 Etika & Cara Menghargainya jika Seseorang Memberimu Makanan

Terima dengan senang hati dan hargai pemberian darinya

Ada banyak sekali hal yang bisa kita berikan kepada orang lain, dan suatu pemberian tidak hanya sebatas berbentuk barang saja. Dan jika kamu diberikan seseorang sesuatu alangkah baiknya kalau menghargai hal itu dengan sebaik mungkin, begitu pula jika kamu diberi makanan.

Ada etika dasar dan cara untuk menghargainya agar orang itu tidak tersinggung. Berikut ini adalah lima etika dan cara di antaranya, simak ya!

1. Terima dengan senang hati pemberiannya

Ini Dia 5 Etika & Cara Menghargainya jika Seseorang Memberimu MakananPexels.com/Fauxels

Jika seseorang memberimu sesuatu baik itu berupa barang atau bahkan makanan, maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menerimanya dengan senang hati. Jangan terima dengan muka masam ataupun cemberut, meski mungkin yang ia beri bukan yang kamu sukai.

2. Memperlihatkan antusiasmu makan pemberian darinya

Ini Dia 5 Etika & Cara Menghargainya jika Seseorang Memberimu MakananPexels.com/Cottonbro

Saling berbagi merupakan tindakan yang baik, dan dengan seseorang yang berbagi makanannya denganmu tentu ia berharap kamu mau memakannya. Maka makanlah dengan lahap, tunjukkan antusiasmu akan pemberian darinya itu. Sebab melihat orang yang ia beri senang pasti juga akan membuatnya senang pula.

Baca Juga: 5 Tanda Seseorang Suka Memberi Kritik yang Menjatuhkan, Waspadalah!

3. Puji sisi lezat dari makanan itu

Ini Dia 5 Etika & Cara Menghargainya jika Seseorang Memberimu MakananPexels.com/Fauxels

Ketiga, puji sisi lezat dari dari makanan yang ia berikan padamu. Meski mungkin ada sisi buruk atau kekurangannya, namun jangan mengkritik itu, cukup sampaikan apa yang kamu suka dari makanan itu. Begitu saja sudah termasuk etika, lho.

4. Balas memberinya makanan ketika kamu bisa

Ini Dia 5 Etika & Cara Menghargainya jika Seseorang Memberimu MakananPexels.com/Fauxels

Diberi sesuatu oleh seseorang rasanya kurang kalau kamu tidak balas memberinya juga. Maka dari itu balaslah pemberiannya jika kamu bisa, jangan memaksakan diri, namun jangan sampai melupakan kebaikannya pula ya!

5. Makan sampai habis dan tidak menyisakan banyak di piring

Ini Dia 5 Etika & Cara Menghargainya jika Seseorang Memberimu MakananPexels.com/Andrea Piacquadio

Sebagian besar orang beranggapan bahwa sisa makanan di piring menandakan seberapa enaknya makanan itu. Maka dari itu kalau sampai tersisa banyak, ia pun bisa beranggapan kalau makanan yang ia beri padamu tidak enak. Jadi meski kamu sedang diet, habiskanlah makanan yang diberikan padamu ya. 

Beberapa etika tadi mungkin kelihatan sepele atau bahkan sering diabaikan oleh orang pada umumnya, namun sebenarnya ini penting sebagai bentuk menghargai pemberian orang, lho!

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Belajar Etika, Cara Kita Menghargai Sesama

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya