Comscore Tracker

5 Etika Kalau Kamu Mau Menegur Orang di Media Sosial, Tetap Sopan!

Bisa lakukan secara private, melalui direct message

Di zaman yang semakin canggih seperti sekarang ini media sosial sudah seperti kewajiban dan hal yang normal dimiliki setiap orang. Namun tentang hal ini kita juga tidak bisa menutup mata bahwa masih ada sebagian orang yang belum mengerti bagaimana menggunakan media sosial dengan bijak.

Nah, jika kamu menemukan orang yang seperti itu dan berniat untuk menegurnya atau memberikan nasihat maka pahami pula bahwa menegur orang di media sosial juga ada etikanya, untuk apa-apa saja itu kamu bisa lihat pembahasannya di bawah ini.

1. Melakukannya lewat direct message

5 Etika Kalau Kamu Mau Menegur Orang di Media Sosial, Tetap Sopan!Pexels.com/Craig Adderley

Etika atau adab pertama yang penting kamu pahami ketika menegur seseorang di media sosial adalah dengan melakukannya melalui direct message. Bisa dikatakan hal ini sangat dianjurkan karena pembicaraan antara kamu dan dia akan menjadi private dan tidak terlihat orang lain. Ia pun juga tidak malu ketika ada orang yang menegurnya. 

2. Menggunakan bahasa yang sopan

5 Etika Kalau Kamu Mau Menegur Orang di Media Sosial, Tetap Sopan!Pexels.com/Startup Stock Photos

Kedua, jika kamu mau menegur seseorang di media sosial maka ingatlah untuk selalu menggunakan tata bahasa yang sopan. Usahakan setiap kata-kata yang kamu gunakan tidak bersifat sensitif hingga menyinggung perasaannya, hal ini sangat penting kalau kamu tidak ia marah ketika kamu tegur atau nasihati.

3. Cukup sampaikan hal yang perlu saja

5 Etika Kalau Kamu Mau Menegur Orang di Media Sosial, Tetap Sopan!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Etika lainnya dalam menegur seseorang di media sosial ialah dengan hanya membahas hal yang perlu saja. Jangan mengaitkan topik yang sedang kamu bahas dengan suatu hal lain yang tidak ada sangkut pautnya. Supaya pembahasanmu dan dia jadi tidak membesar ke mana-mana.

Baca Juga: Gak Perlu Takut! 5 Alasan Kamu Harus Berani Menegur Orang yang Salah

4. Hindari topik atau pembahasan sensitif yang mungkin bisa menyinggung

5 Etika Kalau Kamu Mau Menegur Orang di Media Sosial, Tetap Sopan!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Lalu ketika menegur orang lain di media sosial juga kamu harus menghindari membahas tentang topik sensitif yang mungkin bisa menyinggungnya. Ini benar-benar penting dalam etika bermedia sosial, karena meskipun hal itu kamu lakukan secara online, namun ia bisa benar-benar sakit hati dan terbawa sampai real life lho.

5. Tidak memposting pembicaraan kalian dan menerima apapun tanggapannya atas teguranmu

5 Etika Kalau Kamu Mau Menegur Orang di Media Sosial, Tetap Sopan!Pexels.com/Thiszun

Dan terakhir, kamu harus menerima apapun tanggapannya terhadap teguranmu dan tidak mempostingnya. Kamu harus paham bahwa tidak semua orang akan berpikir hal yang sama seperti kamu, dan juga tidak semua orang bisa dengan mudah menerima kritik, nasihat atau saran dari orang lain. Jadi entah tanggapannya negatif atau positif kamu harus tetap menerimanya. Sebab dia juga mempunyai hak untuk memakai media sosial sesuka hatinya.

Tidak hanya di kehidupan nyata saja kita harus memahami etika terhadap orang lain, bahkan lima hal di atas pun juga merupakan etika penting jika kita mau menegur seseorang di media sosial. Setuju?

Baca Juga: 5 Tips Tepat Menegur Anak tanpa Membuatnya Sedih & Berkecil Hati

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya