Comscore Tracker

5 Keuntungan Kuliah dan Kerja di Luar Negeri, Wawasanmu Lebih Maju!

Kemajuan kariermu satu tingkat lebih menjanjikan

Semua orang berhak memilih jalan hidupnya sendiri, termasuk soal menempuh pendidikan di dalam negeri atau luar negeri. Kamulah yang tau mana yang terbaik, kuliah dan kerja di dalam negeri bagus tapi kalau ke luar negeri banyak juga keuntungannya.

Mulai dari wawasan yang lebih luas, peluang karier lebih tinggi, hingga pengembangan diri yang lebih maksimal dengan tingginya tingkat persaingan di luar negeri. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa keuntungan bagi kamu yang ingin kuliah dan kerja di luar negeri. 

1. Belajar banyak kebudayaan

5 Keuntungan Kuliah dan Kerja di Luar Negeri, Wawasanmu Lebih Maju!ilustrasi bicara (pexels.com/Mentatdgt)

Keuntungannya yang pertama kalau kuliah atau kerja di luar negeri ialah kamu belajar banyak kebudayaan. Baik itu kebudayaan tempat kamu tinggal atau kebudayaan orang-orang sekitarmu di luar negeri yang pastinya beragam.

Karena ketika kuliah atau kerja di luar negeri tentu bukan kamu saja yang ingin melakukannya, yang mana kamu mungkin bertemu berbagai macam orang dari manca negara. Dan kebudayaan yang kamu pelajari berguna untuk hidup kalau kamu ingin berkiprah lebih luas lagi mengenal dunia. 

2. Benar-benar membangun kualitas diri karena tingkat persaingannya beda

5 Keuntungan Kuliah dan Kerja di Luar Negeri, Wawasanmu Lebih Maju!ilustrasi wanita karier (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Persaingan di luar negeri mungkin lebih ketat dan tinggi, dan hal itu menjadi keuntungan tersendiri dalam mengembangkan diri. Yang mana kamu jadi harus improve diri semaksimal mungkin agar dapat mengimbangi persaingan di sana.

Baik itu persaingan dalam pendidikan atau karier, kamu gak bakal bisa santai dan malas-malasan. Cocok untuk kamu yang senang menjalani hidup produktif dan berkembang terus dari hari ke hari. 

Baca Juga: 5 Plus Minusnya Kalau Menetap di Luar Negeri, Ribet Urus Perizinan

3. Peluang karier lebih maju

5 Keuntungan Kuliah dan Kerja di Luar Negeri, Wawasanmu Lebih Maju!ilustrasi kerja (pexels.com/Rebrand Cities)

Keuntungan lainnya kalau kamu kuliah dan kerja di luar negeri ialah adanya peluang karier yang lebih maju. Karena logisnya jika dari segi persaingan saja sudah berbeda dan tinggi, maka peluang karier yang ada pun mestinya juga lebih menjanjikan.

Memang butuh usaha keras dan tentunya tidak mudah bagimu, tapi asalkan kamu yakin bisa meraihnya maka bukan hal yang mustahil kalau kariermu lebih maju nantinya. Bahkan sangat maju dibanding jika berkarier di tempat asalmu. 

4. Wawasanmu lebih banyak dan maju

5 Keuntungan Kuliah dan Kerja di Luar Negeri, Wawasanmu Lebih Maju!ilustrasi diskusi (pexels.com/Sora Shimazaki)

Keuntungan keempat yang kamu dapatkan ialah wawasan yang lebih luas dan maju. Yang mana tidak hanya sekedar wawasan dalam kehidupan sosial di negara orang saja, tapi juga tentang bagaimana persaingan dan hal-hal penting untuk bisa hidup maju di sana.

Apalagi wawasan yang kamu miliki hasil dari pengalaman sendiri, yang mana tidak semua orang berkesempatan untuk kuliah dan kerja di luar negeri, kan. Jadi bisa dibilang kamu bakal kaya akan wawasan yang berguna untuk hidupmu ke depannya. 

5. Pola pikirmu lebih open minded

5 Keuntungan Kuliah dan Kerja di Luar Negeri, Wawasanmu Lebih Maju!ilustrasi bicara (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ketika hidup di luar negeri, entah itu untuk kuliah atau kerja kamu akan menemui banyak hal baru dan berbeda dengan apa yang ada di negara asalmu. Mulai dari kebudayaan, gaya hidup, hingga pemahaman tentang hal-hal penting dalam hidup.

Dan bisa dibilang bahwa hal ini nantinya akan mempengaruhi pola pikirmu ketika kuliah atau kerja di luar negeri. Kebanyakan orang yang ke luar negeri dalam waktu lama cenderung lebih open minded, karena harus belajar toleransi dan adaptasi dengan baik, dan hal ini tentu baik untuk membentuk pola pikirmu, kan.

Itulah tadi lima keuntungannya kalau kamu kuliah dan kerja di luar negeri. Layak untuk dicoba dan dijalani selama itu berpengaruh positif untuk dirimu. 

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Kesehatan Mental saat Menuntut Ilmu di Luar Negeri

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya