Comscore Tracker

5 Plus Minusnya Kalau Menetap di Luar Negeri, Ribet Urus Perizinan

Karena tinggal di negeri orang tentu ada lebih kurangnya

Dunia ini luas dan tak terbatas, sehingga gak ada salahnya untuk memutuskan tinggal di luar negeri entah itu untuk hidup menetap atau sekadar mencari pengalaman. Namun tentu saja yang namanya tinggal di negeri orang pasti ada lebih kurangnya. 

Di satu sisi membuatmu jadi kaya akan pengalaman dan bebas menelusuri tempat baru, tapi di sisi lain cukup ribet dalam perizinan tinggal dengan aturan yang berlaku di negara itu. Jadi bagi kamu yang mungkin ingin tinggal di luar negeri bisa pertimbangkan dulu plus minusnya pada lima poin berikut ini. 

Baca Juga: 5 Plus Minusnya Kalau Menikah dengan Pasangan yang Gak Pernah Pacaran

1. Memperluas wawasan dan pengalaman hidup

5 Plus Minusnya Kalau Menetap di Luar Negeri, Ribet Urus Perizinanilustrasi pria sendirian (pexels.com/Katerina Holmes)

Sisi plusnya yang pertama kalau menetap di luar negeri ialah dapat memperluas wawasan dan pengalaman hidup. Yang mana kamu akan banyak belajar hal baru ketika tinggal di negeri orang, mulai dari budaya hingga bahasa asing. 

Bagi kamu yang suka belajar hal baru tentu terasa sangat menyenangkan, apalagi pengalamannya selama di sana juga sangat berharga. Keputusan untuk menetap di luar negeri tepat untuk kamu yang siap beradaptasi dan belajar banyak hal baru. 

2. Memiliki relasi yang lebih variatif

5 Plus Minusnya Kalau Menetap di Luar Negeri, Ribet Urus Perizinanilustrasi bersalaman (pexels.com/Fauxels)

Sisi plusnya kalau menetap di luar negeri ialah semakin banyaknya variasi relasi yang kamu miliki. Tidak hanya orang-orang yang kamu kenal di negaramu saja tapi juga mereka yang baru kamu kenal ketika pindah dan menetap di luar negeri. 

Tentu hal ini bermanfaat untukmu, baik itu untuk mendukung karier ataupun untuk memperluas jangkauan pertemanan. Karena semakin banyak ragam orang yang kamu kenal maka semakin banyak pula wawasan yang kamu dapat dari mereka. 

Baca Juga: 5 Plus Minusnya Kalau Menikah tanpa Cinta, Harmonis tapi Hampa

3. Mengenal banyak kebudayaan

5 Plus Minusnya Kalau Menetap di Luar Negeri, Ribet Urus Perizinanilustrasi menatap (pexels.com/Tim Gouw)

Manfaat yang tentunya kamu dapat kalau menetap di luar negeri tentu saja dengan bertambahnya wawasanmu tentang kebudayaan. Kebudayaan orang asing yang membuatmu belajar betapa banyaknya keunikan budaya antara dirimu dan mereka. 

Mulai dari budaya kesopanan, aturan dan tata krama saat makan, cara berkenalan yang mungkin ada ciri khasnya sendiri. Dunia ini kaya dan penuh dengan keberagaman, dan kamu akan takjub mengetahuinya ketika tinggal di luar negeri. 

4. Ribet mengurus perizinan

5 Plus Minusnya Kalau Menetap di Luar Negeri, Ribet Urus Perizinanilustrasi kerja sama (pexels.com/Sora Shimazaki)

Tapi sebaik apapun menetap di luar negeri, yang namanya tinggal di negeri orang tentu ada sisi minusnya juga. Yang mana mungkin bakal cukup ribet untuk mengurus perizinan atas dirimu ketika di sana. 

Karena setiap tempat punya aturan sendiri ketika menerima kedatangan orang asing untuk menetap di tempat mereka. Kamu bukan warga lokal, sehingga wajib mematuhi aturan dan pada beberapa hal mungkin agak sulit mendapat izin, seperti membangun usaha di sana atau yang lainnya. 

5. Adanya aturan dan persyaratan tertentu yang harus dipenuhi

5 Plus Minusnya Kalau Menetap di Luar Negeri, Ribet Urus Perizinanilustrasi diskusi (pexels.com/Mikhail Nilov)

Memutuskan untuk pindah dan menetap di luar negeri mungkin perlu kamu pertimbangkan. Karena salah satu sisi minusnya ialah pasti akan ada peraturan dan syarat yang harus kamu penuhi jika ingin tinggal di sana dalam waktu lama. 

Entah itu menetap untuk bekerja atau menikah dan membangun keluarga di luar negeri, masing-masing ada aturannya sendiri. Dan tidak semua negara menyetujui begitu saja kalau ada orang asing yang ingin pindah kewarganegaraan. 

Itulah tadi sisi plus minusnya kalau memutuskan tinggal menetap di luar negeri, entah untuk jangka waktu tertentu atau untuk seumur hidup. Lebih baik pertimbangkan dan pastikan kamu siap beradaptasi jika benar-benar ingin tinggal di luar negeri. 

Baca Juga: 7 Macam-Macam Diffuser Lengkap dengan Plus Minusnya

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya