Comscore Tracker

5 Langkah agar Terlepas dari Trauma Masa Lalu, Ikhlaskan Sepenuhnya

Pelan-pelan belajar untuk mengikhlaskan yuk!

Masing-masing punya jalan hidupnya sendiri, itulah kenapa baik buruknya masa lalu yang dimiliki seseorang juga pasti berbeda. Bagi yang hidupnya bahagia tentu patut bersyukur, tapi yang kasihan jika mengalami masa lalu buruk yang menjadi trauma sepanjang hidupnya. 

Menjalani hidup dibayangi trauma masa lalu sangatlah membebani pikiran dan mental, meskipun tidak mudah untuk terbebas dari trauma tak ada salahnya untuk berusaha melepaskan diri dan terbebas dari trauma yang dimiliki. Dan berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk pelan-pelan lepas dari trauma. 

1. Konsultasikan dengan psikolog

5 Langkah agar Terlepas dari Trauma Masa Lalu, Ikhlaskan Sepenuhnyailustrasi bicara (pexels.com/MART PRODUCTION)

Kalau kamu ingin benar-benar lepas dari trauma masa lalu maka langkah pertama yang bisa kamu lakukan ialah berkonsultasi. Kamu bisa mengonsultasikannya dengan orang yang kamu anggap bijak atau lebih baik ke psikolog saja. 

Kenapa langkah ini perlu dilakukan? Agar kamu dapat lebih memahami penyebab dan jenis trauma yang kamu alami. Selain itu usahamu untuk lepas dari itu juga akan dibimbing dengan baik jika didampingi psikolog kan? 

2. Hadapi secara langsung penyebabnya

5 Langkah agar Terlepas dari Trauma Masa Lalu, Ikhlaskan Sepenuhnyailustrasi takut (pexels.com/Keira Burton)

Langkah kedua untuk bisa lepas dari trauma masa lalu ialah dengan memberanikan diri menghadapinya secara langsung. Tapi perlu diingat kalau jangan memaksakan diri dan tidak semua jenis trauma bisa diatasi dengan langkah ini, ya. 

Konteks yang perlu kamu pahami dalam hal ini ialah misalnya kamu trauma dengan pem-bully-an di masa kecil, maka menemui orang yang mem-bully-mu dulu dan mengungkapkan beban batin serta traumamu padanya mungkin bisa membantu yang mana setelah mendengarkan penyesalan dan mengkomunikasikannya dengan terbuka dapat meringankan batinmu. 

Baca Juga: 5 Alasan Orang Mudah Marah karena Hal Sepele, Terpicu Trauma Masa Lalu

3. Perlahan-lahan mengatasinya dengan berani

5 Langkah agar Terlepas dari Trauma Masa Lalu, Ikhlaskan Sepenuhnyailustrasi pasangan bicara (pexels.com/SHVETS production)

Langkah berikutnya untuk bisa terlepas dari trauma masa lalu ialah dengan mengatasinya perlahan-lahan. Akan lebih mudah jika kamu menjalaninya ditemani dengan bimbingan psikolog atau orang terdekat yang sabar dan kuat mentalnya untuk mendampingi. 

Trauma itu ada banyak macamnya. Ada yang trauma menaiki transportasi, badut, benda-benda tertentu, atau bahkan keramaian. Kamu bisa mencoba mengatasinya perlahan-lahan dengan cara yang paling ringan dulu supaya batinmu tidak terguncang kalau langsung mendekatinya. 

4. Belajar mengubah pola pikir dan sudut pandang yang lebih positif

5 Langkah agar Terlepas dari Trauma Masa Lalu, Ikhlaskan Sepenuhnyailustrasi wanita kerja (pexels.com/Artem Podrez)

Pada dasarnya tidak ada yang mau memiliki trauma di dalam hidupnya. Tapi kalau sudah terjadi, maka mau tak mau kamu hanya bisa menerima. Langkah keempat untuk lepas dari trauma ialah dengan belajar mengubah pola pikir atau sudut pandang. 

Mungkin saja suatu hal yang kamu alami di masa lalu bisa menjadi trauma karena dipengaruhi oleh pikiranmu. Dan mencoba untuk memandangnya dari sudut pandang yang lebih positif dan luas mungkin dapat membuat traumamu berkurang dibanding sebelumnya. 

5. Ikhlaskan sepenuh hati trauma masa lalumu walaupun sakit dan sulit

5 Langkah agar Terlepas dari Trauma Masa Lalu, Ikhlaskan Sepenuhnyailustrasi rileks (pexels.com/Alan Retratos)

Langkah terakhir untuk terlepas dari trauma masa lalu ialah dengan belajar mengikhlaskan. Bisa mengikhlaskan semua hal buruk yang terjadi di masa lalu memang bukan suatu hal yang mudah dilakukan, tapi kamu perlu melakukannya. 

Hidupmu tidak akan pernah tenang dan lepas dari trauma kalau terus ketakutan, marah, dendam, atau kecewa yang terus membuat hatimu terluka mengingatnya. Maka dari itu kamu perlu belajar berlapang dada untuk menerima kenyataan bahwa di masa lalu kamu mengalami hal buruk yang mungkin membuatmu hancur. 

Kesimpulannya, kalau mau terlepas dari trauma masa lalu, maka kamu pun harus berani untuk mengatasinya perlahan agar hidupmu bisa tenang dan tidak dibayangi trauma terus-menerus. 

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Seseorang Takut Berbuat Kebaikan, Trauma Dikecewakan?

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya