Comscore Tracker

5 Manfaat Baik jika Kamu Terbiasa Mikir Dulu Sebelum Bicara 

Orang-orang jadi betah dan nyaman bersamamu 

Saat berkumpul dengan teman kamu pasti pernah bertemu dengan yang sembarangan bicara, entah itu bercanda dengan kasar atau memang pada dasarnya ia tidak pernah berpikir dulu sebelum bicara.

Padahal ada banyak kebaikan yang didapat jika setiap orang membiasakan diri untuk berpikir sebelum bicara lho, tidak hanya baik untuk orang sekitar namun juga banyak manfaat baiknya untuk diri sendiri. Beberapa manfaat baiknya pun akan kita bahas lebih jelas di bawah ini, disimak ya!

1. Bikin orang nyaman dekat denganmu 

5 Manfaat Baik jika Kamu Terbiasa Mikir Dulu Sebelum Bicara Pexels.com/Nappy

Manfaat baik yang pertama jika kamu terbiasa mikir dulu sebelum bicara adalah hal itu jadi bikin orang nyaman dekat denganmu. Mereka betah berlama-lama bersamamu karena kamu tidak sembarangan bicara. Gak perlu takut sakit hati atau bahkan risih jika ngobrol bareng.

2. Tak dijauhi dalam lingkaran pertemanan 

5 Manfaat Baik jika Kamu Terbiasa Mikir Dulu Sebelum Bicara Pexels.com/Andrea Piacquadio

Manfaat lainnya ialah kamu jadi tak dijauhi dalam lingkaran pertemanan. Setiap orang punya perasaan, jadi meskipun mereka adalah temanmu, mereka tetap bisa sakit hati dan gak betah kalau kata-katamu sembarangan dan tak dipikirkan. Kan tidak asyik jika saat berkumpul satu per satu temanmu menjauh karena bicaramu yang buruk.

Baca Juga: Ini 6 Sebab Orang Malas Berlama-lama Bicara Empat Mata Denganmu

3. Gak sembarangan menyinggung orang 

5 Manfaat Baik jika Kamu Terbiasa Mikir Dulu Sebelum Bicara Pexels.com/Cottonbro

Dengan membiasakan diri untuk berpikir sebelum bicara kamu pun jadi gak sembarangan menyinggung orang. Sebab mereka yang hati-hati dalam bicara biasanya juga akan hati-hati dalam bertindak. Selain itu kamu juga jadi tak banyak terlibat masalah dengan orang lain, kan.

4. Terhindar dari penilaian negatif 

5 Manfaat Baik jika Kamu Terbiasa Mikir Dulu Sebelum Bicara Pexels.com/Andrea Piacquadio

Seseorang yang terbiasa mikir dulu sebelum bicaranya umumnya akan terhindar dari penilaian negatif. Kamu tidak akan asal dituduh macam-macam karena orang lain tahu bahwa kamu bukan orang yang suka sembarangan. Ini juga sangat bermanfaat untuk menjaga nama baikmu.

5. Perkataanmu jadi lebih tertata dan bermakna 

5 Manfaat Baik jika Kamu Terbiasa Mikir Dulu Sebelum Bicara Pexels.com/Polina Zimmerman

Manfaat baik yang kelima ialah perkataanmu konon bisa jadi lebih tertata dan bermakna jika sudah biasa berpikir dulu sebelum bicara. Meskipun kamu tidak banyak bicara namun kata-katamu bisa jadi membuat orang lain nyaman, daripada banyak bicara tapi justru diabaikan orang karena yang dikatakan tidak ada artinya.

Pada dasarnya kita semua memang harus berhati-hati dan berpikir dulu sebelum bicara, namun alangkah baiknya jika kita terbiasa melakukan itu. Bukankah begitu?

Baca Juga: Ini 5 Cara Komunikasi Sehat sama Pasangan yang Sering Disepelekan

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya