Comscore Tracker

Ini 5 Cara Komunikasi Sehat sama Pasangan yang Sering Disepelekan

Jangan anggap remeh komunikasi!

Menjadi salah satu fondasi utama sebuah hubungan, komunikasi sering kali hanya berupa konsep tanpa praktik yang sesungguhnya. Belum lagi, kebanyakan orang beralasan sibuk dan gak sempat berkomunikasi sama pasangannya. Duh, parah banget sih. Ini nih yang bisa menyebabkan terjadinya perpisahan.

Gak cuma asal ngobrol aja, ada lima cara komunikasi sehat yang seharusnya bisa diterapkan setiap pasangan nih. 

1. Gak berusaha untuk menyudutkan dan menghakimi pasangan

Ini 5 Cara Komunikasi Sehat sama Pasangan yang Sering Disepelekanwww.pexels.com

Siapa pun gak suka berada di situasi terpojok yang membuatnya gak nyaman. Jadi, hindari kebiasaan menyudutkan pasangan dalam percakapan apa pun. Baik itu saat kalian sedang santai, apalagi saat sedang emosi. Dengan begini gak ada di antara kalian berdua yang akan merasa terintimidasi saat sedang ngobrol. Keterbukaan pun bisa terjalin dengan lancar. 

2. Jika salah satu sedang emosi, yang lain harus berusaha mengalah

Ini 5 Cara Komunikasi Sehat sama Pasangan yang Sering Disepelekanpexels.com/Trinity Kubassek

Komunikasi bukan berarti kalian berdua harus selalu bersahut-sahutan terutama saat sedang marah. Terkadang, ada kalanya kita harus mengalah hanya agar gak terjadi pertengkaran hebat. Mengalah pada pasangan bukan berarti kita sungguhan kalah kok. Gak usah main gengsi-gengsian sama pasangan sendiri, ya!

Baca Juga: 6 Tips agar Komunikasi Saat LDR Tetap Terjaga dengan Baik

3. Gak saling menyalahkan dan meninggikan ego masing-masing

Ini 5 Cara Komunikasi Sehat sama Pasangan yang Sering Disepelekanunsplash/Joshua Ness

Dalam sebuah hubungan, komunikasi sehat akan terjalin tanpa perlu adanya kebiasaan menyalahkan. Apalagi, jika kita merasa dengan menyalahkan pasangan, kita justru merasa lebih hebat. Ini sih malah gak sehat banget. Hubungan bukan soal siapa yang memiliki kelebihan dibanding yang lain. Justru, hubungan adalah di mana kedua sejoli bisa saling melengkapi. Setuju?

4. Selalu terbuka dengan berbagai masukan

Ini 5 Cara Komunikasi Sehat sama Pasangan yang Sering Disepelekanunsplash/Priscilla Du Preez

Menerima kritik dari orang terdekat memang rasanya gak nyaman banget. Terutama dari pasangan sendiri. Rasanya seolah-olah kita melihat kekurangan kita dengan lebih jelas. Namun, bagaimanapun juga, ini harus banget kita terima dengan baik lho. Karena memang dalam menjalani hubungan, keduanya harus sama-sama mau berproses menjadi lebih baik. 

5. Ketika ada masalah, fokus pada cara memecahkannya bersama

Ini 5 Cara Komunikasi Sehat sama Pasangan yang Sering DisepelekanViu.com

Sehatnya komunikasi adalah ketika kedua orang saling bersama-sama meyakini tujuan yang sama. Begitu pun dalam hubungan. Jika ada masalah, tujuannya adalah untuk mencari pemecahan, bukan malah mencari kambing hitam yang bisa disalahkan. 

Menjalani komunikasi yang sehat memang susah-susah gampang. Intinya, kamu dan pasangan harus tau cara yang tepat mengomunikasikan segalanya dalam situasi apa pun. Tujuannya adalah tentu saja agar gak terjadi hal-hal yang gak diinginkan. Siap?

Baca Juga: Hati-hati, 5 Hal Ini Bikin Komunikasi dalam Hubungan Terhambat

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya