Comscore Tracker

5 Manfaat Positif Kalau Kamu Sering Jadi Teman Curhat Orang Lain

Kamu jadi banyak belajar dari pengalaman orang lain

Semua orang pasti memiliki kesulitan dan hal-hal yang terjadi di dalam hidupnya, dan agar hal itu tidak sampai menjadi beban pikiran terkadang kita perlu bercerita dan curhat pada seseorang. Orang-orang yang dijadikan teman curhat pun biasanya merupakan sosok yang bisa memberikan kenyamanan.

Meski kesannya melelahkan karena harus mendengar curhatan orang, menjadi teman curhat orang justru banyak manfaat positifnya lho! Apa sajakah itu? Yuk simak pembahasannya berikut ini agar lebih tahu.

1. Kamu banyak belajar dari pengalaman orang

5 Manfaat Positif Kalau Kamu Sering Jadi Teman Curhat Orang LainPexels.com/Cottonbro

Mungkin bagi sebagian orang hal itu terlihat melelahkan dan merepotkan, namun sebenarnya dijadikan teman curhat orang lain itu ada manfaat positifnya yaitu belajar dari pengalaman orang-orang. Melalui ceritanya kamu bisa mengambil hikmah penting dan pelajaran hidup tanpa harus repot-repot mengalaminya sendiri.

2. Pelan-pelan memahami perasaan orang lain dalam situasi tertentu

5 Manfaat Positif Kalau Kamu Sering Jadi Teman Curhat Orang LainPexels.com/Fauxels

Lalu manfaat positif yang berikutnya kalau kamu sering dijadikan teman curhat ialah pelan-pelan kamu jadi lebih memahami perasaan orang lain dalam situasi tertentu. Alhasil kamu jadi lebih peka dan hati-hati dalam menjaga perasaan orang. Belajar memahami perasaan orang lain juga merupakan kemampuan yang penting untuk dimiliki, lho!

3. Tahu berbagai jenis masalah membuatmu jadi lebih berhati-hati

5 Manfaat Positif Kalau Kamu Sering Jadi Teman Curhat Orang LainPexels.com/Ekaterina Bolovtsova

Kemudian manfaat positifnya yang ketiga kalau kamu sering jadi teman curhat orang lain tentu saja kamu jadi lebih bisa berhati-hati karena mengetahui berbagai jenis masalah orang lain. Baik itu masalah-masalah kecil ataupun masalah besar yang bisa menyulitkan hidup sendiri. Pokoknya mendengarkan curhat orang itu gak ada ruginya!

Baca Juga: 7 Zodiak Cowok yang Punya Empati Tinggi, Cocok Jadi Teman Curhat

4. Kalau mengalami hal yang sama kamu jadi tahu solusinya

5 Manfaat Positif Kalau Kamu Sering Jadi Teman Curhat Orang LainPexels.com/Fauxels

Selain jadi bisa lebih berhati-hati, manfaat positif lainnya kalau sering jadi teman curhat orang ialah kamu tahu apa solusi yang tepat jika dihadapkan dengan masalah yang pernah dialami orang. Kamu gak bakal bingung lagi, dan belajar dari pengalaman mereka membuatmu lebih bijak dalam menyelesaikan masalah itu.

5. Melatih dirimu untuk menjadi pendengar yang baik

5 Manfaat Positif Kalau Kamu Sering Jadi Teman Curhat Orang LainPexels.com/Ekaterina Bolovtsova

Kebanyakan orang lebih suka berbicara, padahal menjadi pendengar yang baik itu penting. Maka dari itu menjadi sosok teman curhat akan membuatmu terbiasa belajar menjadi pendengar yang baik. Tidak menyela, tidak menghakimi, dan hal itu sangat diperlukan demi menjadi pribadi yamg baik, kan.

Kesimpulannya dari beberapa manfaat positif tadi ialah menjadi teman curhat orang ternyata memiliki banyak keuntungan di dalamnya. Maka dari itu, dengarkanlah curhatan orang lain dan belajar dari sana ya!

Baca Juga: Bukan Gak Percaya, Ini 5 Alasan Teman Enggan Curhat Padamu 

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya