Comscore Tracker

5 Perubahan Besar dalam Hidup yang Terjadi di Usia 20-an

Karena usia 20-an memang masa peralihan dalam hidup

Jika sejak kecil hingga remaja kamu merasa kalau hidupmu terasa membosankan dan seperti itu-itu saja, tenang dan nikmati saja dulu. Karena ketika kamu mulai menginjak usia dua puluhan, di situlah kamu akan merasakan banyak perubahan dalam hidupmu mulai dari yang kecil hingga yang besar.

Usia segitu sering disebut sebagai masa peralihan seseorang, yang tadinya remaja beranjak dewasa dan matang, belum lagi harus menghadapi realitas hidup yang berat. Dan perubahan apa saja yang terjadi akan lebih dijelaskan dalam pembahasan kali ini, simak ya!

1. Perubahan dalam relationship

5 Perubahan Besar dalam Hidup yang Terjadi di Usia 20-anIlustrasi menikah(pexels.com/Jonathan Borba)

Perubahan yang pasti terjadi di dalam hidupmu ketika berusia dua puluhan ialah, adanya perubahan pada relationship. Baik itu relationship bersama pasangan, sahabat, dan juga keluarga. Ada yang menikah tapi ada juga yang malah hubungannya berakhir. Ada yang hubungannya dengan sahabat semakin mengerat tapi ada juga yang merenggang, begitu pula perihal hubungan dengan keluarga yang ada dinamikanya.

2. Kondisi mental yang beralih menjadi lebih dewasa dan matang 

5 Perubahan Besar dalam Hidup yang Terjadi di Usia 20-anIlustrasi bicara(pexels.com/Sora Shimazaki)

Hal lainnya yang juga akan mengalami perubahan ketika berusia dua puluhan ialah, perubahan kondisi mental. Yang tadinya mungkin kamu manja dan rapuh secara mental, berubah menjadi semakin kuat dan tidak mudah down. Itu semua dikarenakan pengalaman yang kamu alami berbeda ketika masih kecil, sehingga masalah dan keadaan ketika beranjak dewasalah yang menguatkan mentalmu sendiri.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Rencana Hidupmu Baiknya Disusun Sejak Umur 20an

3. Gaya hidup yang berubah sesuai keadaan 

5 Perubahan Besar dalam Hidup yang Terjadi di Usia 20-anIlustrasi wanita(pexels.com/Andrea Piacquadio)

Gaya hidup juga akan mengalami perubahan ketika kamu menginjak usia dua puluhan. Dan hal ini berbeda-beda pada diri setiap orang. Ada yang mungkin tadinya bergaya hidup mewah berubah menjadi sederhana ketika dewasa, namun ada pula yang tadinya sederhana berubah menjadi mewah dan sangat berbeda dari gaya hidupnya dulu karena ia telah mapan dan sukses. Dan semua ini tidak berdampak negatif selagi sesuai kemampuan dan tidak berlebihan.

4. Peningkatan atau penurunan drastis dalam karier 

5 Perubahan Besar dalam Hidup yang Terjadi di Usia 20-anIlustrasi kerja(pexels.com/Andrea Piacquadio)

Keempat, perubahan lainnya yang juga akan terjadi dalam hidupmu ialah perubahan drastis pada karier. Entah itu peningkatan karier atau malah penurunan drastis. Karena sukses dan gagalnya seseorang di usia dua puluhan kan tergantung dari bagaimana usahanya dalam menjalani karier.

Hal yang satu ini adalah masa-masa di mana kamu bisa merasakan berada di puncak atau down disebabkan kegagalan. Pokoknya jagalah dirimu agar jangan sampai stres, ya.

5. Tekanan dan beban tanggung jawab yang semakin banyak 

5 Perubahan Besar dalam Hidup yang Terjadi di Usia 20-anIlustrasi stres(pexels.com/Anthony Shkraba)

Perubahan dalam hidup yang kelima yaitu adanya tekanan dan beban tanggung jawab yang semakin banyak. Karena semakin dewasanya kamu maka semakin besar pula kewajibanmu untuk bertanggung jawab atas hidup, kan. Apalagi biasanya di saat seperti ini kamu sudah harus mulai menata hidup untuk belajar mandiri dan independen.

Lima hal tadi rata-rata dialami orang-orang ketika berusia dua puluhan. Tapi apa pun perubahan yang kamu alami dalam hidup, berusahalah untuk tetap kuat menghadapinya dan jangan sampai stres, ya.

Baca Juga: 5 Macam Tuntutan & Tekanan yang Datang di Umur 20an, Bikin Stres!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya