Comscore Tracker

5 Tips Lancar Menulis Semua Kategori Artikel, Lakukan Riset!

Kamu bisa menulis topik apa saja asalkan mau riset

Menulis artikel memang kelihatannya mudah. Namun, menyelesaikan karya tulis dengan hasil berkualitas tentu tidak bisa dilakukan asal-asalan. Begitu juga kalau kamu mau coba menulis berbagai kategori artikel, kamu tidak bisa menulisnya sembarangan karena setiap kategori punya pendekatan masing-masing.

Di sisi lain, selain membuatmu jadi gak mudah bosan, menulis di banyak kategori yang berbeda pun ampuh untuk memperluas wawasan, lho! Tapi, bagaimanakah caranya lancar menulis artikel lintas kategori? Intip sederet inspirasinya lewat poin-poin pembahasan berikut ini, yuk!

1. Punya rasa ingin tahu yang besar

5 Tips Lancar Menulis Semua Kategori Artikel, Lakukan Riset!ilustrasi wanita (pexels.com/Fauxels)

Kalau ingin lancar menulis semua kategori artikel, pertama kamu harus punya rasa ingin tahu yang besar terlebih dulu. Rasa ingin tahu itulah yang membuatmu tertarik untuk menulis berbagai topik berbeda.

Secara teknis, tidak ada pakem untuk bisa menciptakan faktor ini pada diri seseorang. Tapi, kalau kamu mau coba melatih rasa ingin tahumu, maka mulailah dengan mempertanyakan banyak hal, mulai dari hal-hal di sekitarmu, tentang kehidupan, kesehatan mental, hingga banyak hal lainnya. Dengan begitu rasa ingin tahu yang besar akan tertanam pada dirimu secara otomatis.

2. Pahami ketentuan kategori artikel yang mau ditulis

5 Tips Lancar Menulis Semua Kategori Artikel, Lakukan Riset!ilustrasi berpikir (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tips kedua agar kamu bisa lancar menulis artikel lintas kategori adalah memahami ketentuan yang berlaku. Pahami dan cermati sunguh-sungguh setiap ketentuan dan aturan pada kategori artikel sekaligus platform yang bakal menampung karya kamu.

Tulisanmu gak bakal dinilai berkualitas dan lolos terbit kalau ditulis menyalahi aturan dan ketentuan yang ditetapkan. Kamu bisa melakukannya dengan membaca panduan menulis atau mempelajari artikel penulis lain yang sudah terbit. 

Baca Juga: 5 Tips agar Stok Ide Menulis Tidak Cepat Habis, Konsisten Terus!

3. Rajin cari tahu macam-macam topik di berbagai kategori artikel

5 Tips Lancar Menulis Semua Kategori Artikel, Lakukan Riset!ilustrasi menulis (pexels.com/Vlada Karpovich)

Untuk bisa lancar menulis berbagai macam artikel, kamu pun harus rajin cari tahu dan baca berbagai topik artikel. Tidak hanya di satu kategori saja, kamu perlu memperbanyak bacaan lintas topik.

Semakin banyak topik artikel yang kamu tahu dan baca, maka semakin mudah juga untuk mendapatkan ide dan inspirasi menulis. Kalau sudah lebih rajin membaca berbagai topik yang tak melulu sesuai dengan passion kamu, dijamin kamu tidak akan lagi kesulitan menulis artikel di kategori manapun. 

4. Lakukan riset untuk mempertajam artikelmu

5 Tips Lancar Menulis Semua Kategori Artikel, Lakukan Riset!ilustrasi menulis (pexels.com/Cottonbro)

Tidak semua artikel bisa ditulis berdasarkan opini dan logika penulis saja. Ada kategori artikel tertentu yang memerlukan sumber data dan fakta supaya informasi yang terkandung di dalamnya valid. Maka dari itu, tips keempat untuk fasih menulis lintas kategori adalah rajin melakukan riset data dan fakta.

Misalnya seperti kategori artikel kesehatan. Kamu tentu tidak boleh sembarangan menampilkan fakta tanpa didukung ilmu atau pernyataan dari para ahli. Kalau tidak didukung dengan riset data dan fakta, bukan tidak mungkin jika artikel kamu bisa menyesatkan pembaca dan dilabeli hoaks.

5. Jangan batasi dirimu untuk menulis kategori dan jenis tulisan apa pun

5 Tips Lancar Menulis Semua Kategori Artikel, Lakukan Riset!ilustrasi mengetik (pexels.com/Vlada Karpovich)

Terakhir, kalau mau lancar nulis semua kategori artikel, maka jangan pernah batasi dirimu untuk menulis tentang apa pun. Mau itu ide umum yang sudah sering dibahas, atau mengangkat topik unik dari sudut pandang barumu sekalipun.

Kelancaran menulis bisa tercipta dari kebebasan kita saat merangkai kata-kata menjadi kalimat. Semakin bebas menuangkan ide dan menulis topik apa pun, semakin mudah pula untuk menulis artikel dari beragam kategori.

Jika isi kepalamu tengah kosong, maka perbanyaklah membaca apa pun itu. Ketika isi kepalamu sudah penuh, saatnya mulai menuangkannya dalam bentuk karya tulis, apa pun itu. Semoga menginspirasi, ya!

Baca Juga: Seni Menulis Nadhifa Aulia hingga Tips Bikin Artikel Langganan Tayang

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya