Comscore Tracker

5 Tips agar Stok Ide Menulis Tidak Cepat Habis, Konsisten Terus!

Mulai menulis hal sederhana yang disukai

Hobi menulis tentu saja bisa terjadi karena rutinitas dalam menghasilkan tulisan. Mulai dari tulisan fiksi sampai non-fiksi sekalipun. Namun, pada kenyataannya mengembangkan hobi menulis tidak selalu menyenangkan. Ada saatnya seorang penulis kehabisan ide dan bahan untuk ditulis. 

Ada beragam cara yang bisa dilakukan penulis untuk mendapatkan ide. Pastinya, ide tersebut juga tidak selalu datang dengan cemerlang. Nah, untuk kamu yang sering kehabisan ide untuk menulis, berikut adalah tips menulis supaya kamu terus mendapatkan ide!

1. Mulai menulis dari apa saja yang disukai dan sesuai kemampuan

5 Tips agar Stok Ide Menulis Tidak Cepat Habis, Konsisten Terus!ilustrasi menulis (unsplash.com/Fa Barboza)

Stok ide kamu akan semakin awet dan terus mengalir kalau memilih untuk menulis sesuai kemampuan. Kamu boleh menulis apa saja, mulai puisi, quotes, diary, atau bahkan artikel dan tulisan bebas yang kamu suka.

Cobalah untuk menulis apa saja yang ingin kamu baca, dengan begitu kamu akan mencintai tulisanmu sendiri nantinya. Selalu harus kamu ingat bahwa tulisan yang baik, adalah tulisan yang ingin dibaca oleh penulisnya sendiri terlebih dahulu.

Kemudian, perlahan cobalah untuk membangun rasa percaya diri dan fokus meningkatkan kualitas diri. Jangan lupa juga untuk memperbanyak riset dan bahan bacaan. Karena membaca juga tidak kalah penting bagi penulis!

2. Berusaha menyisihkan waktu, jangan menulis sesuai mood

5 Tips agar Stok Ide Menulis Tidak Cepat Habis, Konsisten Terus!ilustrasi memeriksa jam (unsplash.com/Luke Chesser)

Tips selanjutnya, kamu harus berusaha menyisihkan waktu setiap harinya untuk menulis. Karena pada umumnya, stok ide menulis akan muncul di waktu tertentu yang memang sudah kamu jadwalkan setiap saat.

Menyisihkan waktu tidak perlu dalam durasi yang lama, cukup 15 sampai 30 menit dalam sehari saja itu sudah cukup. Asalkan konsisten dan bersungguh-sungguh, pasti kamu bisa dengan mudah mendapatkan ide.

Paling penting adalah berusaha untuk membuat prioritas dan jangan sampai lupa menulis sesuai jadwal yang ditentukan. Menulis sesuai jadwal juga bisa membuatmu lebih semangat dan meningkatkan mood baik

Baca Juga: 5 Tips Membangun Mood Baik sebelum Menulis, Cobain!

3. Jangan hanya menunggu ide, tapi berusaha menciptakannya sendiri

5 Tips agar Stok Ide Menulis Tidak Cepat Habis, Konsisten Terus!ilustrasi berpikir (unsplash.com/bruce mars)

Memaksakan ide untuk muncul dengan sendirinya memang tidak selalu nyaman. Namun, kalau memang ide tidak kunjung bermunculan, setelah berusaha dan berpikir panjang. Cobalah untuk memaksa dan menciptakannya secara spontan.

Salah satu caranya adalah dengan terjun langsung ke lokasi, atau melakukan pengamatan tentang kejadian yang ada di sekitar. Kamu juga bisa menciptakan ide dari cerita bersama teman, mendengarkan keluh kesah mereka, atau bahkan tentang berita viral yang baru saja kamu dapatkan di media sosial.

Intinya, pintar-pintar saja memanfaatkan peluang. Sebenarnya akan banyak ide yang silih berganti datang dan pergi, ketika diri sendiri menyikapinya dengan cara kreatif dan penuh inovatif.

4. Terus berusaha konsisten dalam menulis, jadikan sebagai kebutuhan

5 Tips agar Stok Ide Menulis Tidak Cepat Habis, Konsisten Terus!ilustrasi belajar (unsplash.com/Kyle Gregory Devaras)

Kalau kamu sudah terbiasa dan menjadikan menulis sebagai kebutuhan. Tentu saja rasanya dalam satu hari akan ada yang kurang kalau belum menulis. 

Jangan ragu, tulis apa saja dan tentang beragam hal. Karena tidak selalu penulis puisi setiap hari menulis puisi. Begitu juga penulis novel ataupun karya lainnya. Tentu ini akan sangat menyenangkan dan menjadi kesibukan tambahan.

Meski terkadang ide menulis cepat habis dan tidak datang dengan mudah, namun jika kamu terus berusaha menjadikannya kebutuhan maka sangat disarankan dan lebih mudah untuk mengembangkan ide-ide lainnya. Paling penting untuk menjaga konsistensi dalam usaha menulis itu sendiri. 

5. Kumpulkan ide secara sederhana dan tulis di tempat khusus, lalu kembangkan perlahan

5 Tips agar Stok Ide Menulis Tidak Cepat Habis, Konsisten Terus!ilustrasi membuat list (unsplash.com/Thought Catalog)

Tips yang terakhir, kamu bisa mencoba untuk menulis Ide-ide sederhana ke dalam tempat tertentu. Karena terkadang, banyak ide yang tiba-tiba masuk dan tidak disangka.

Nah, kamu bisa juga menulis ide sekilas itu dan merangkainya ke dalam catatan kecil. Nantinya, saat kamu senggang bisa segera mengembangkannya. 

Meski terkesan kurang masuk akal, tetapi itulah serunya hobi menulis apabila kamu tekuni. Kamu bisa bebas berimajinasi dan mengaitkan ke dalam tulisan yang lebih lengkap.

Bukankah karya yang unik akan menjadi luar biasa? Apalagi jika disusun dengan penuh kesungguhan, serta ditambahi konflik baru yang istimewa. 

 

Nah, sekarang kamu sudah tahu apa saja yang bisa dilakukan. Saatnya kembali menulis dan mempraktikkan kelima hal tadi, ya!

Meskipun saat menulis nanti kamu masih sering kehabisan ide, maka tidak ada salahnya untuk beristirahat sejenak. Bisa jadi kamu hanya kelelahan, jangan dipaksa terus!

Baca Juga: 6 Tips Mudah Tingkatkan Keterampilan Menulis, Temukan Mitra!

Moch Abdul Aziz Photo Verified Writer Moch Abdul Aziz

Moch Abdul Aziz, kelahiran 18 September di Bojonegoro, Jawa Timur. Founder Komunitas Ufuk Literasi, dan Owner Galeri Event yang juga aktif sebagai mahasiswa Matematika Semester Empat di Universitas Negeri Semarang. Pemilik akun instagram @catatanbungsu ini telah menulis lebih dari 20 antologi dan 4 karya solo yang sedang dalam proses penerbitan. Karya lainnya bisa dicek di wattpad, Channel Youtube, dan TikTok dengan username yang sama yaitu : @catatanbungsu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya