Comscore Tracker

5 Tips Jadi Pribadi yang Tak Mudah Terpengaruh Omongan Orang

Belajar cuek sama omongan orang yang gak penting didengar!

Memang benar bahwa semua orang memiliki hak untuk bebas beropini, berpendapat tentang sesuatu, atau memberi kritik. Tapi meskipun begitu gak semua orang tahu kalau dalam beropini, berpendapat dan juga mengkritik orang lain itu ada batasannya.

Sehingga tak jarang kita malah berakhir kesal ketika mendengar omongan orang lain melewati batas, sampai-sampai bisa bikin mood buruk dan mempengaruhimu yang mendengarnya.

Maka dari itu pembahasan kali ini penting untuk diketahui, yaitu beberapa tips menjadi pribadi yang tak mudah terpengaruh oleh omongan orang di sekitar. Yuk, simak!

1. Komentar buruk orang gak perlu dimasukkan ke hati dan terlalu dipikirkan

5 Tips Jadi Pribadi yang Tak Mudah Terpengaruh Omongan OrangIlustrasi diskusi(pexels.com/Cottonbro)

Tipsnya yang pertama agar kamu bisa menjadi pribadi yang gak mudah terpengaruh oleh omongan orang ialah dengan tidak memasukkan hati perkataan buruk dari mereka. Kamu harus memahami bahwa kamu tidak bisa membuat semua orang suka padamu. Jadi biarkan saja mereka bilang apa, yang penting kamu tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh ucapannya.

2. Percaya diri dengan pendirian dan prinsipmu sendiri

5 Tips Jadi Pribadi yang Tak Mudah Terpengaruh Omongan OrangIlustrasi bicara(pexels.com/William Fortunato)

Jika kamu ingin menjadi seseorang yang tak mudah dipengaruhi oleh omongan orang, maka dirimu pun mesti percaya diri dan punya pendirian serta prinsip sendiri. Bisa dibilang bahwa ini modal dan fondasi awalnya, kenapa seperti itu?

Karena jika kamu punya pemikiran sendiri terhadap sesuatu, memiliki prinsip dan pendirian yang dipegang dengan teguh, kamu jadi tak mudah terpengaruh tak peduli apa kata orang di sekitarmu. Dengan kata lain kamu jadi lebih fokus pada dirimu sendiri.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini Agar Kamu Gak Mudah Tersinggung Omongan Orang Lain

3. Berwawasan luas sehingga kamu tahu benar atau tidaknya yang dikatakan orang lain

5 Tips Jadi Pribadi yang Tak Mudah Terpengaruh Omongan OrangIlustrasi ngobrol(pexels.com/August De Richelieu)

Lalu tipsnya yang ketiga ialah jadilah orang yang berwawasan luas. Sebab dengan banyaknya pengetahuan yang kamu miliki serta wawasan yang luas, kamu jadi tahu apa omongan orang yang bagus dan yang tidak.

Kamu gak mudah terpengaruh oleh kata orang karena kamu sendiri tahu banyak hal tentang hidup ini, sehingga mereka pun jadi tahu kalau kamu bukan tipe orang yang bisa dipengaruhi begitu saja.

4. Belajar cuek sama omongan orang yang tak penting didengarkan

5 Tips Jadi Pribadi yang Tak Mudah Terpengaruh Omongan OrangIlustrasi pria dan wanita(pexels.com/Ketut Subiyanto)

Pada beberapa hal, cuek memang bisa menyebabkan hal buruk. Tapi pada yang satu ini justru kamu dianjurkan untuk belajar cuek, terutama pada omongan orang di sekitar yang tak patut didengarkan.

Semua orang punya pikiran sendiri, sehingga pendapat, opini, serta penilaiannya terhadap sesuatu jadi berbeda-beda. Nah, dengan belajar cuek kamu jadi gak terpengaruh oleh omongan orang dan lebih bisa memilih mana perkataan yang patut didengar dan mana yang tidak.

5. Belajar bijak dalam menanggapi omongan orang, secara logis dan gak emosional

5 Tips Jadi Pribadi yang Tak Mudah Terpengaruh Omongan OrangIlustrasi teman(pexels.com/Liza Summer)

Kunci dari menjadi pribadi yang tak mudah terpengaruh oleh omongan orang ialah dengan mengedepankan logika. Percaya atau tidak, kamu justru mudah dipengaruhi kalau melibatkan emosional terhadap apa yang orang katakan padamu.

Jadi, belajarlah menanggapi omongan orang dengan logis. Hal ini sangat membantumu untuk tetap berpikir lurus dan tak terpengaruhi oleh orang lain.

 

Itulah tadi beberapa tipsnya menjadi pribadi yang tak mudah terpengaruh oleh omongan orang. Mudah kok, jadi pahami baik-baik lima tips tadi, ya. Pokoknya jangan sampai orang lain berhasil mempengaruhi dan mengendalikan pikiranmu!

Baca Juga: 6 Cara Membatasi Pengaruh Omongan Negatif Orang dalam Hidupmu

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya