Comscore Tracker

Mager Beraktivitas? Lakukan 7 Hal Ini Agar Kamu Kembali Produktif

Yuk, semangat lagi!

Liburan telah berakhir namun rasanya sulit untuk kembali beraktivitas seperti biasanya. Inginnya sih masih lenyeh-lenyeh di atas tempat tidur atau nonton film-film keren seharian padahal ada segudang tugas atau pekerjaan yang harus segera diselesaikan. Apakah kamu merasakan hal seperti ini?

Perasaan tidak ingin melakukan apa-apa yang berhubungan dengan tugas sekolah, kuliah, atau pekerjaan sebenarnya tidak apa-apa jika itu untuk memberikan dirimu istirahat sesaat.

Namun yang jadi bahaya adalah kalau perasaan ini terus berlanjut dan imbasnya adalah kamu menunda tugas atau pekerjaanmu. Di saat seperti inilah kamu membutuhkan hal-hal yang memicu kembali dirimu agar kembali produktif.

1. Tidak perlu memaksakan kehendak, luangkan waktu untuk menenangkan pikiranmu terlebih dahulu

Mager Beraktivitas? Lakukan 7 Hal Ini Agar Kamu Kembali ProduktifPexels/Lucas Pezeta

Perasaan tidak ingin melakukan apa-apa sebenarnya cukup menguras energi. Tidak jarang saat perasaan ini muncul justru pikiranmu semakin berisik dengan berbagai hal dan cenderung berantakan. Kamu perlu ambil kendali dan menenangkan pikiranmu dengan berbagai kegiatan yang membuat rileks seperti meditasi, olahraga, mendengarkan musik klasik, atau berjalan-jalan. Pilih aktivitas yang menuntun pikiranmu pada kedamaian.

2. Jangan ragukan pilihan yang telah kamu ambil

Mager Beraktivitas? Lakukan 7 Hal Ini Agar Kamu Kembali ProduktifPexels/Just Name

Tidak ada yang motivator paling hebat selain dirimu sendiri. Saat kamu telah memilih untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaanmu hari ini maka lakukanlah dengan sungguh-sungguh. Kamu yang memiliki kendali sepenuhnya terhadap perasaan dan pikiranmu. Yuk, bikin dirimu produktif hari ini!

3. Mulailah dengan langkah kecil untuk mengalirkan energi positifmu

Mager Beraktivitas? Lakukan 7 Hal Ini Agar Kamu Kembali ProduktifPexels/Giftpundits.com

Terkadang memang agak melelahkan jika harus menyelesaikan tugas atau pekerjaan yang menumpuk dalam waktu singkat. Nah, sebenarnya yang perlu kamu ingat adalah bagaimana kamu mulai menyelesaikannya dengan memilih mengerjakan tugas atau pekerjaan yang paling ringan sehingga dirimu tidak merasa terlalu terbebani.

Baca Juga: 5 Kegiatan Produktif yang Bisa Kamu lakukan Saat Menunggu Pekerjaan

4. Sabar menjalani setiap langkah yang kamu lakukan

Mager Beraktivitas? Lakukan 7 Hal Ini Agar Kamu Kembali ProduktifPexels/Energepic.com

Mengembalikan produktivitas setelah liburan panjang memang agak sulit. Kamu perlu kesabaran ekstra agar tetap melangkah sekalipun hari ini kamu hanya mampu mengerjakan dua atau tiga soal matematika saja. Kuncinya adalah kamu terus bergerak maju. Kesabaran akan menuntunmu pada perspektif yang positif.

5. Singkirkan orang-orang negatif dari kehidupanmu

Mager Beraktivitas? Lakukan 7 Hal Ini Agar Kamu Kembali ProduktifPexels/Buro Millennial

Kamu pasti pernah merasakan bahwa kehadiran orang-orang negatif dalam lingkaran pertemananmu cukup menguras energi. Ada baiknya memang memberikan jarak dengan orang-orang seperti ini. Dalam situasi yang mager, cobalah untuk bertemu dengan orang-orang positif agar memberikan atmosfer yang menyenangkan untuk kembali termotivasi.

6. Latih rasa syukur dan apresiasi kemajuanmu

Mager Beraktivitas? Lakukan 7 Hal Ini Agar Kamu Kembali ProduktifPexels/Isadora Menezes

Berhasil keluar dari rasa malas adalah kemajuan yang harus kamu apresiasi. Dirimu berhak mendapatkan rasa terima kasih dan apresiasi setiap hari atas produktivitas yang terus meningkat. Tentunya, jangan lupa untuk selalu bersyukur sebagai bentuk rasa terima kasihmu pada Tuhan.

7. Biar gak bosan, cobalah belajar hal-hal baru

Mager Beraktivitas? Lakukan 7 Hal Ini Agar Kamu Kembali ProduktifPexels/Filipe Sabino

Beberapa orang mungkin akan merasa bosan dengan rutinitas yang dilakukannya. Cobalah untuk mempelajari hal-hal baru yang mungkin sebelumnya justru belum terpikirkan olehmu. Belajar hal-hal baru akan membuka pikiranmu tentang banyak hal. Jangan hanya terjebak di zona nyaman, ambillah tantangan yang ada karena tanpanya energimu hanya akan habis dan kehilangan motivasi tentang hidup.

Jadi, kamu sudah siap untuk kembali produktif setelah liburan? Yuk, jangan ditunda lagi!

Baca Juga: Secara Ilmiah, Musik Bisa Meningkatkan Produktivitas Kerjamu Lho!

Agin Puspa Photo Writer Agin Puspa

Moody writer and coffee lover~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya