Comscore Tracker

4 Pelajaran Hidup dari Berbagi Takjil Gratis, Lakukan dengan Rutin 

#RamadanMasaKini Karena gak ada hal yang sia-sia

Memasuki bulan Ramadan, salah satu kegiatan yang ditunggu-tunggu adalah berburu  makanan untuk berbuka. Makanan untuk berbuka biasanya kita sebut takjil. Takjil tersebut bisa berupa lontong isi, gorengan, dan lain-lain.

Selain itu kita juga sering mendengar istilah berbagi takjil secara cuma-cuma. Kegiatan tersebut biasanya sering dilakukan saat di jalan raya. Dibalik kegiatan berbagi takjil, banyak pelajaran hidup yang bisa kita dapatkan. Apa saja?

1. Mulailah bersikap ikhlas terhadap apapun

4 Pelajaran Hidup dari Berbagi Takjil Gratis, Lakukan dengan Rutin unsplash.com/Hannah Busing

Mulailah bersikap ikhlas di bulan yang mulia ini. Ikhlas dalam arti kita rela untuk menyisihkan sebagian penghasilan kita untuk berbagi takjil.

Makna dari ikhlas sendiri tentu akan akan merembet ke berbagai hal, salah satunya adalah menumbuhkan sikap peduli terhadap sesama.

2. Menumbuhkan sikap peduli terhadap sesama

4 Pelajaran Hidup dari Berbagi Takjil Gratis, Lakukan dengan Rutin unsplash.com/Rod Long

Banyak cara untuk menumbuhkan sikap peduli terhadap sesama, salah satunya adalah dengan cara berbagi takjil kepada saudara-saudara kita. Tidak perlu takjil yang mahal ataupun mewah, walaupun dengan makanan yang sederhana tetap saja hal itu merupakan tindakan positif.

Kalau bukan kita yang peduli, lalu siapa lagi?

Baca Juga: Mengapa Saat Ramadan Seseorang Jadi Lebih Dermawan? Cek Faktanya!

3. Jangan pelit, karena semua ini hanya titipan

4 Pelajaran Hidup dari Berbagi Takjil Gratis, Lakukan dengan Rutin unsplash.com/Colin Watts

Semua mungkin tahu bahwa harta yang kita miliki didapat dengan cara bekerja dengan giat. Namun tetap saja bahwa harta yang kita dapatkan hanyalah titipan dari Sang Pencipta untuk kita kelola dengan baik dan bertanggung jawab.

Karena pada dasarnya adalah titipan, maka berbagi merupakan salah satu wujud kita dalam menggunakan harta dengan baik karena bertujuan untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan.

4. Ramadan sebagai momentum untuk meningkatkan kualitas diri

4 Pelajaran Hidup dari Berbagi Takjil Gratis, Lakukan dengan Rutin unsplash.com/Rafa Prada

Ramadan sebagai bulan yang istimewa bagi umat Islam dianggap sebagai momen yang tepat untuk meningkatkan kualitas diri kita dan mengubah sifat-sifat buruk menjadi lebih positif. Maka tidak heran pada bulan Ramadan banyak orang yang berlomba-lomba berbuat kebaikan. Harapannya setelah Ramadan usai kita sudah terbiasa dengan sifat-sifat positif yang telah kita praktikan selama bulan suci Ramadan.

Maka, itulah hikmah dan pelajaran hidup yang bisa kita dapatkan dari berbagi takjil secara gratis. Yuk lakukan dengan rutin!

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Agung Destian Putra Photo Verified Writer Agung Destian Putra

Merangkai sebuah kata menjadi tulisan yang informatif merupakan definisi menulis bagi saya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You