Comscore Tracker

5 Mitos yang Disematkan pada Seorang Introvert, Pemalu dan Kesepian!

Kenali sebelum menilai seseorang!

Dikenal sebagai sosok yang cenderung tertutup, tipe introvert seolah dilekatkan dengan label tertentu oleh lingkungan sosialnya. Sayangnya, tidak semua keyakinan tersebut mengarah kepada fakta tentang siapa introvert itu sebenarnya. Berikut 5 mitos yang disematkan pada introvert. Keep scrolling!

1. Pendiam dan pemalu

5 Mitos yang Disematkan pada Seorang Introvert, Pemalu dan Kesepian!ilustrasi menyendiri (unsplash.com/Kenny Eliason)

Sosok introvert memang sering diidentikkan dengan sifat pendiam dan pemalu, padahal sebenarnya mereka juga bisa banyak bicara dan punya sisi percaya diri dalam versinya sendiri. Seorang introvert hanya mau mengamati lingkungan lebih banyak dulu sebelum bicara panjang lebar, dan tampil di depan umum.

Mereka sebenarnya sengaja dengan memilih diam dan membatasi intensitas tampil di depan layar, bukan karena tidak percaya diri atau kesulitan berbicara di depan banyak orang. Tipe introvert hanya tidak suka pamer dan tidak terlalu nyaman saat jadi pusat perhatian.

2. Dianggap antisosial yang kesepian

5 Mitos yang Disematkan pada Seorang Introvert, Pemalu dan Kesepian!ilustrasi kesepian (unsplash.com/Stefan Spassov)

Sebenarnya kurang tepat jika seorang introvert disebut antisosial, hanya karena mereka tidak terlalu sering kumpul-kumpul untuk bergaul dengan banyak orang. Sebab, antisosial sendiri merupakan gangguan mental dan label untuk introvert hanya dampak dari ketidakhadiran mereka dalam pergaulan sosial. 

Seorang introvert juga sering dianggap sebagai pribadi kesepian, padahal, mereka justru merasa nyaman saja entah saat sedang sendirian maupun bersama teman dalam circle itu-itu saja. Jumlah komunitas yang mereka masuk tidak bisa jadi patokan valid  atas level kesepian seseorang, termasuk bagi introvert.

Baca Juga: 5 Tips Mengembangkan Diri buat Introvert, Cobain!

3. Tidak punya teman

5 Mitos yang Disematkan pada Seorang Introvert, Pemalu dan Kesepian!ilustrasi tidak memiliki teman (unsplash.com/Nuh Silliman)

Introvert yang tidak suka bergaul dan kerap sendirian atau jarang terlihat bersama banyak orang, tidak membuat sah anggapan bahwa mereka tidak mempunyai teman. Seorang introvert hanya merasa berteman itu bukan urusan kuantitas, melainkan kualitas dan tentunya sefrekuensi.

Prinsip inilah yang membuat orang beranggapan kalau sosok introvert itu hidup tanpa teman. Padahal, introvert merasa lebih baik berkumpul dengan teman yang itu-itu saja dan tidak harus populer-populer tetapi nyaman.

4. Tidak bisa menikmati hidup dengan bahagia

5 Mitos yang Disematkan pada Seorang Introvert, Pemalu dan Kesepian!ilustrasi menyendiri (unsplash.com/Andrik Langfield)

Hanya karena seorang introvert lebih nyaman menjauh dari pergaulan, bukan berarti mereka tidak bisa menikmati hidup. Meski tidak suka bergaul dan tidak memiliki banyak teman, kita juga tidak bisa langsung menghakimi kalau pribadi introvert tidak bahagia.

Introvert hanya mempunyai cara yang berbeda dalam menikmati hidup, dan menemukan kebahagiaannya sendiri. Karena pada dasarnya, kebahagiaan itu ada di hati dan hanya mereka sendiri yang dapat merasakannya.

5. Introvert tidak tahu apa-apa

5 Mitos yang Disematkan pada Seorang Introvert, Pemalu dan Kesepian!ilustrasi tidak bahagia (unsplash.com/Nik Shuliahin)

Sosok introvert yang terlihat pendiam dan jarang bergaul, sering kali dinilai tidak tau apa-apa. Padahal mereka hanya diam, tetapi bukannya tidak mengamati sekitar. Justru introvert itu pemikir kritis dan pengamat ulung, yang dapat mengetahui sifat atau karakter seseorang hanya dalam gerak-geriknya saja.

Terlebih karena sering dianggap naif, orang jadi terkesan meremehkan, padahal, sosok introvert bisa dengan bebas mengamati serta menilai tingkah laku sekitar. Tidak selamanya penilaian terhadap seorang introvert selalu berdasarkan apa yang terlihat dari luar saja, terlebih soal mitos kepribadian seseorang tanpa keilmuan.

Kesimpulannya, jangan terburu-buru menilai introvert dari apa kata orang saja. Kenali dulu, baru menilai. Semoga membantu!

Baca Juga: 5 Sumber Kebahagiaan Seorang Introvert, Benar Begitu?

Ahmad Sandi Photo Verified Writer Ahmad Sandi

Menulis itu menyenangkan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya