Comscore Tracker

5 Tips Mengembangkan Diri buat Introvert, Cobain!

Semua punya potensi, kok!

Karena lebih banyak diam, orang yang memiliki kepribadian introvert sering dianggap sulit berkembang. Tidak dapat dimungkiri bahwa interaksi dengan orang lain merupakan salah satu faktor penting dalam pengembangan diri, namun bukan berarti seseorang yang berkepribadian introvert tidak memiliki kesempatan untuk berkembang. Berikut lima hal yang bisa dimaksimalkan oleh seorang introvert untuk mengembangkan diri.

1. Menekuni hobi

5 Tips Mengembangkan Diri buat Introvert, Cobain!Ilustrasi hobi (by Andrea Piacquadio on pexels.com)

Setiap orang memiliki kesenangan yang berbeda. Selama hal tersebut positif, jangan berhenti melakukannya! Semakin kamu menekuni hobimu, kamu akan memiliki jam terbang yang semakin tinggi juga, dan perkembangan keterampilanmu itu akan terlihat seiring berjalannya waktu.

2. Memaksimalkan kreativitas

5 Tips Mengembangkan Diri buat Introvert, Cobain!Ilustrasi mengambil foto (by: Matt Hardy on Pexels)

Introvert dikenal sebagai sosok yang memiliki kreativitas tinggi. Lakukan hal-hal yang bisa meningkatkan kreativitas, seperti membaca buku, mengenal atau mempelajari hal baru. Pastikan hal tersebut merupakan hal yang diminati agar proses pengembangan dirimu tidak terasa melelahkan.

Baca Juga: 5 Faktor yang Bisa Membuatmu Susah Mengembangkan Diri, Hindari!

3. Mencoba atau mempelajari hal baru

5 Tips Mengembangkan Diri buat Introvert, Cobain!Ilustrasi belajar (by Giftpundits.com on pexels.com)

Selain dapat meningkatkan kreativitas, mencoba atau mempelajari hal baru juga akan menambah pengetahuanmu terhadap sesuatu. Dengan begitu, kamu bisa menemukan lebih banyak lagi kemampuan dalam diri yang mungkin saja pada awalnya tidak kamu sadari.

4. Keluar dari zona nyaman

5 Tips Mengembangkan Diri buat Introvert, Cobain!Ilustrasi berkumpul (by Jopwell on Pexels)

Diam dan menyendiri memang terasa lebih nyaman, namun ada kalanya interaksi dengan orang lain menjadi hal yang sangat diperlukan. Jangan menutup diri dengan hal itu! Jika kamu diharuskan berinteraksi dengan orang baru dan terasa sulit, pancing semangat dalam dirimu dengan memberi self-reward setelahnya.

Misal kamu akan menghabiskan waktu untuk menyendiri seharian penuh keesokan harinya, membeli makanan kesukaanmu setelahnya, atau lakukan apa pun yang mampu mengembalikan energimu. Meski butuh waktu untuk terbiasa, setidaknya kamu sudah melakukan usaha terbaikmu untuk terus berkembang.

5. Mengapresiasi diri sendiri

5 Tips Mengembangkan Diri buat Introvert, Cobain!Ilustrasi senyum (by: Julia Avamotive on Pexels)

Seorang introvert biasanya mengenal dirinya dengan baik, sehingga ia bisa menilai sendiri sudah sejauh apa dirinya berkembang. Maka dari itu, hal yang tidak boleh dilewatkan adalah mengapresiasi diri sendiri untuk menjaga semangat dalam proses pengembangan diri tersebut. Lakukan saja apa pun yang disuka! Karena setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam mengapresiasi diri.

Meski tetap perlu dilatih, berinteraksi dengan orang lain bukanlah satu-satunya cara untuk mengembangkan diri bagi seorang introvert. Mengembangkan diri memang butuh waktu, jadi jangan salahkan dirimu jika kamu belum melihat perubahannya dalam waktu singkat. Nikmati saja prosesnya. Semua akan bersinar pada waktunya selama kamu berusaha melakukan yang terbaik.

Baca Juga: 7 Hal Baik yang Mengikuti Tekadmu buat Mengembangkan Diri

Dhini Chalista Photo Verified Writer Dhini Chalista

Dinilai sebagai pendiam oleh banyak orang, namun sebenarnya memiliki isi kepala yang cukup berisik.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya