Comscore Tracker

Inilah 5 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Menghadapi Post-Holiday Blues!

Bangun kembali hal positif pasca berlibur

Merasa sedih dan berat meninggalkan liburan? Panik, gelisah, pusing dan susah tidur sering dirasakan pasca liburan? Jangan-jangan kamu sedang kena kesedihan pasca liburan atau bisa disebut dengan post-holiday blues!

Tenang, kamu tidak sendirian. Ada pula barisan orang yang juga merasakan hal tersebut. Kira-kira apa penyebabnya? Bagaimana cara menghadapi hal tersebut? Yuk simak artikel di bawah ini!

1. Jangan selalu lihat sisi negatif dari rutinitas

Inilah 5 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Menghadapi Post-Holiday Blues!quickanddirtytips.com

Secara tidak sadar, kita seringkali membandingkan sis positif dari liburan dengan sisi negatif dengan rutinitas yang kita lakukan saat bekerja atau belajar dalam kehidupan sehari-hari sehingga ketika kesan baik dari liburan semakin besar, maka rutinitas yang kita lakukan akan semakin malas untuk dilakukan.

Cobalah untuk membandingkan sisi positif liburan dengan sisi positif kegiatan di kampus ataupun tempat kerja, sehingga keduanya bisa tumbuh di dua kesan yang sama-sama baik.

2. Ganti yang hilang dengan yang baru

Inilah 5 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Menghadapi Post-Holiday Blues!pexels/bruce mars

Liburan panjang membentuk sebuah rutinitas yang jika ditinggalkan maka akan mengakibatkan kehilangan. Saat liburan telah usai, kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan saat berlibur banyak yang tidak bisa dilakukan. Oleh karena itu, kita seringkali merasa hampa.

Yuk, ganti rutinitas! Tidak masalah jika kita awalnya merasa berat dan tidak suka dengan perubahan ini. Sedikit demi sedikit dan semuanya bergantung pada proses. Suatu hari tiba saatnya kita akan menikmati rutinitas yang kita buat pasca liburan telah usai.

Baca Juga: Selesai UN? Isi Liburan Panjangmu dengan 5 Kegiatan Ini

3. Istirahatkan diri dari rasa lelah perjalanan

Inilah 5 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Menghadapi Post-Holiday Blues!pexels/Ivan Oboleninov

Liburan kita pulang ke kampung halaman? Selama berlibur jalan-jalan terus? Cobalah untuk beristirahat sejenak karena kelelahan bisa saja mengundang kesedihan. Tidur yang cukup mesti dilakukan untuk memberikan waktu pada tubuh kita untuk penyegaran kembali.

4. Terima rasa rindu yang dirasakan

Inilah 5 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Menghadapi Post-Holiday Blues!gazetadopovo.com.br

Saat kembali pada rutinitas membuat kita meninggalkan banyak hal seperti keluarga, kampung halaman, bahkan kenangan saat liburan itu sendiri.

Janganlah menganggap rasa rindu sebagai siksaan, tetapi anggaplah hal tersebut sebagai motivasi agar saat nanti betemu kembali kita menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

5. Pertahankan apa yang membuat kita bahagia

Inilah 5 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Menghadapi Post-Holiday Blues!pexels/Liam Anderson

Suka menanam waktu berlibur? Cobalah lakukan hal tersebut di pekaranganmu sekarang. Suka jalan-jalan? Jelajahi tanah rantaumu di waktu senggang!

Coba untuk isi semua ruang dan waktu senggangmu dengan hal yang positif, karena kita layak untuk bahagia setiap waktu!

Itulah hal-hal yang bisa dilakukan untuk menghadapi post-holiday blues, jangan sampai setelah liburan kamu malah kurang bersemangat.

Baca Juga: Cara Menghemat Uang Setelah Liburan

Ahsan Nurrijal Photo Community Writer Ahsan Nurrijal

Writer from Universitas Padjadjaran, IG: ahsan_nurrijal

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You