Comscore Tracker

5 Doa Singkat dan Mustajab saat Hujan, Jangan Malah Dicela

Jangan mencela hujan, berdoalah ketika dia hadir di Bumi

Al-Qur'an sering berbicara tentang hujan dan menggambarkannya sebagai salah satu pertanda kekuasaan Allah. Realitanya, banyak dari kita yang sering menganggap fenomena alam ini hanya kejadian biasa. Bahkan, tak jarang hujan dilihat dari segi dampaknya terhadap rutinitas sehari-hari saja.

Meskipun kita mungkin kerap menganggap hujan sebagai gangguan suatu kegiatan atau rencana perjalanan yang sudah kita persiapkan, hujan tetap sangat penting untuk menopang kehidupan di Bumi. Dalam Al-Qur'an surat An-Nahl ayat 10 telah difirmankan oleh Allah mengenai beberapa manfaat dari air hujan.

هُوَ ٱلَّذِىٓ أَنزَلَ مِنَ ٱلسَّمَآءِ مَآءً ۖ لَّكُم مِّنْهُ شَرَابٌ وَمِنْهُ شَجَرٌ فِيهِ تُسِيمُونَ

Artinya "Dia-lah yang menurunkan hujan dari langit; darinya ada minuman dan darinya ada dedaunan tempat kamu menggembalakan [binatang].”

Nah, daripada hanya mencela berikut deretan doa pendek dan mustajab yang bisa kamu baca ketika turun hujan. Yuk, disimak!

1. Saat turun hujan

5 Doa Singkat dan Mustajab saat Hujan, Jangan Malah Dicelailutrasi berjalan saat hujan (unsplash.com/Adismara Putri Pradiri)

Ketika turun hujan, alangkah lebih baiknya lebih dulu membaca doa ini sebagai wujud rasa syukur atas rezeki dari Allah SWT. Doa ini diriwayatkan dalam hadist Bukhari nomor 1032.

اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً

"Allahumma shoyyiban nafi'an"

Artinya "Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat."  

2. Saat hujan deras disertai petir

5 Doa Singkat dan Mustajab saat Hujan, Jangan Malah Dicelailustrasi penampakan petir (unsplash.com/Brandon Morgan)

Tak jarang hujan turun lebih deras dari biasanya bahkan diselingi oleh petir atau kilat. Tentu saja hal ini mencekam dan cukup berbahaya bagi kita ketika beraktivitas di luar ruangan. Tenang, bacalah doa pendek berikut.

سُبْحَانَ الَّذِيْ يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمِدِهِ وَالْمَلاَئِكَةُ مِنْ خِيْفَتِهِ

"Subhaanalladzi yusabbihur ra’du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatihi"

Artinya “Maha Suci Allah yang halilintar bertasbih dengan memuji-Nya, begitu juga para malaikat, karena takut kepada-Nya". 

3. Saat hujan deras disertai angin kencang

5 Doa Singkat dan Mustajab saat Hujan, Jangan Malah Dicelailustrasi hujan badai (nationworldnews.com)

Akhir tahun seperti sekarang, banyak dijumpai fenomena hujan badai. Bahkan, dampak kerusakan yang ditimbulkan juga tidak sedikit. Ada doa dari Rasulullah yang dikisahkan oleh istri Beliau, Aisyah radhiyallahu anhu dalam hadist riwayat Muslim nomor 2122 mengenai fenomena ini. Berikut doanya.

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيهَا وَخَيْرَ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيهَا وَشَرِّ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ

"Allahumma Ibnu asaluka khoiroha wakhoiro mas fiiha wa khoiro mas arsilat biji wa 'audzubika min syarriha wasyarri mas fiiha wasyarri mas ursilat bihii.“

Artinya "Ya Allah sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan angin ini dan kebaikan yang ada padanya dan kebaikan yang dibawanya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan angin ini, keburukan yang ada padanya dan keburukan yang dibawanya.” 

Baca Juga: Tahun 2022 Akan Tiba, Ini Bacaan Doa Awal Tahun dan Artinya

4. Agar hujan yang turun tidak menjadi musibah

5 Doa Singkat dan Mustajab saat Hujan, Jangan Malah Dicelailustrasi berjalan saat hujan (unsplash.com/Ryoji Iwata)

Adapun doa agar terhindar dari musibah akibat hujan yang sedang turun tercantum dalam hadist riwayat Abu Daud dan Tirmidzi yang mendapatkannya dari sahabat Rasulullah, Utsman bin Affan radhiyallahu anhu.

“Bismillahirrahmanirahim. Bismillahilladzi la yadhurru ma’asmihi syaiun fillardhi wala fissamai wahuwassami’ul ‘alim.”

Artinya "Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Dengan menyebut nama Allah sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di Bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudarat), dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

5. Agar hujan berhenti

5 Doa Singkat dan Mustajab saat Hujan, Jangan Malah Dicelailustrasi hujan (unsplash.com/Erik Witsoe)

Membaca doa agar hujan berhenti bukan berarti menolak rezeki dari Allah SWT. Namun, tak jarang hujan deras bisa menyebabkan musibah seperti tanah longsor dan banjir. Sehingga doa agar hujan berhenti bisa menjadi hal yang penting untuk kamu ketahui.

Menurut sabda Rasulullah dalam hadis Bukhari nomor 224 dan Muslim nomor 614, berdoa agar hujan berhenti tidak dilarang. Sebab, doa tersebut disertai dengan harapan agar berpindah ke tempat yang lebih membutuhkan dan bermanfaat. Doanya sebagai berikut.

اَللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلاَ عَلَيْنَا، اَللَّهُمَّ عَلَى اْلآكَامِ وَالظِّرَابِ، وَبُطُوْنِ اْلأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

"Allahumma Hawaalaynaa Walaa'alainaa, Allahumma'Alaal Aakaami Wazh-Zhoroobi."

Artinya: “Ya Allah, Hujanilah di sekitar kami, jangan kepada kami. Ya, Allah, Berilah hujan ke daratan tinggi, beberapa anak bukit perut lembah dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan.”

Jangan benci dengan hujan, malah dengan hadirnya air dari langit tersebut akan memberikan karunia yang luar biasa. Serta tak dapat dimungkiri bahwa ada makna di balik turunnya hujan. Jangan dicela lagi, ya, jika hujan sedang turun. 

Baca Juga: Termasuk Malam Pertama, Doa-doa Terbaik bagi Pasangan Baru Menikah

Aii gie Photo Verified Writer Aii gie

Seorang virgo bergolongan darah O.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya