Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Berkata Kotor itu Jangan Dibiasakan, Segera Hentikan!

Tanpa kamu sadari, itu bisa menyakiti orang lain

Dalam kehidupan sehari-hari, berkomunikasi adalah salah satu cara untuk berinteraksi dengan sesama. Saat berkomunikasi juga harus memiliki etika agar tak menimbulkan dampak yang buruk bagi lawan bicara maupun diri sendiri. 

Salah satu etika kurang sopan dalam berbicara adalah sering menggunakan kata-kata kotor. Hal tersebut tidak boleh dibiasakan. Namun, jika sudah terlanjur, juga harus tetap dikurangi. Kenapa? Ternyata ini, lho, lima alasannya. Disimak, yuk!

1. Orang lain akan menilaimu dengan pandangan buruk

5 Alasan Kenapa Berkata Kotor itu Jangan Dibiasakan, Segera Hentikan!pexels.com/ cottonbro

Ketika kamu sedang berbicara dengan rekanmu dan kamu sering menggunakan kata-kata kotor, itu membuat mereka merasa tidak dihargai. Menggunakan kata kotor juga memunculkan kesan negatif. Dengan begitu, orang lain akan memandangmu sebagai orang yang kurang sopan saat berkomunikasi, juga terkesan kurang menghargai.

2. Bisa membuat orang lain emosi juga, lho

5 Alasan Kenapa Berkata Kotor itu Jangan Dibiasakan, Segera Hentikan!pexels.com/ mentatgd

Tidak semua orang bisa menerima dan bersikap 'biasa aja' ketika kamu melontarkan kata-kata yang kotor. Ada beberapa dari mereka yang tidak menyukai kalimat tersebut dan justru bisa membuatnya emosi. Maka dari itu, sebaiknya kita harus senantiasa berbicara dengan kata yang baik agar tak membuat orang lain tersulut emosi.

Baca Juga: Jaga Mulutmu, 5 Hal Negatif Ini Suka Hantui Kamu yang Suka Asal Bicara

3. Tidak enak didengar, iya 'kan?

5 Alasan Kenapa Berkata Kotor itu Jangan Dibiasakan, Segera Hentikan!pexels.con/ fauxels

Alasan ketiga kenapa kamu tidak boleh membiasakan berbicara dengan kata kotor adalah tidak enak didengar. Lagi asyik-asyiknya bercanda dengan teman-teman, eh tiba-tiba kamu berceletuk dengan kata kotor, kan suasananya jadi berubah. Masih banyak, kok, kata-kata baik atau jenaka yang bisa diucapkan ketika sedang bercanda dengan orang lain, kenapa harus memilih berkata kotor?

4. Sesuatu yang dibiasakan akan menjadi kebiasaan

5 Alasan Kenapa Berkata Kotor itu Jangan Dibiasakan, Segera Hentikan!pexels.com/ fauxels

Kalau yang dibiasakan itu sesuatu yang baik dan memberikan dampak positif, sih tidak apa-apa. Tapi kalau yang dibiasakan adalah kebiasaan kurang baik seperti berkata kotor itu gak keren sama sekali, lho. Jika hal ini kamu biasakan, sampai tua nanti kamu juga akan terbiasa melakukannya, atau malah kebiasaan ini dijadikan contoh oleh anak-anakmu nanti, gak mau 'kan?

5. Orang lain bisa saja menjauhimu karena kebiasaan ini

5 Alasan Kenapa Berkata Kotor itu Jangan Dibiasakan, Segera Hentikan!pexels.con/ Andrea Piacquadio

Setiap hari kita selalu dihadapkan dengan lingkungan sosial. Baik lingkungan di tempat kerja ataupun di rumah, kita harus bisa menyesuaikan agar bisa diterima dengan baik. Tidak semua kalangan bisa menerima perkataan kotor meskipun itu bukan ditujukan untuk mereka atau hanya sekadar bercanda. Jika mereka tak suka, bisa saja mereka lebih memlih menjauh darimu, lho! 

Selagi masih ada kesempatan untuk memperbaiki, semuanya belum terlambat. Yuk, mulai sekarang dibiasakan untuk tidak berkata kotor, gak mau kan dipandang buruk oleh orang lain?

Baca Juga: Gak Cuma Mendengar, Ini 5 Manfaat Kalau Kamu Nyimak Orang Lain Bicara

Aisya Kusumawati Photo Verified Writer Aisya Kusumawati

Hope you enjoy the article and find some helpful things alongside the reading <3

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya