Comscore Tracker

5 Tips Menumbuhkan Empati, jika Mulai Hilang dalam Dirimu

Berempati terhadap orang lain itu sangat penting!

Empati sangat penting kita miliki, karena kadang situasi dan kondisi mengharuskan kita untuk bukan hanya mengetahui dan memahami kondisi orang lain saja melainkan mengambil tindakan. Dengan memiliki rasa empati akan mengubah hidup menjadi lebih baik, karena menjalin hubungan sosial yang baik dengan orang lain. Maka simak dengan baik lima tips menumbuhkan empati.

1. Jangan menghakimi orang lain

5 Tips Menumbuhkan Empati, jika Mulai Hilang dalam DirimuIlustrasi orang yang menghakimi perempuan (Pexels.com/Keira Burton)

Jika kamu tidak suka atau membenci seseorang jangan menghakimi orang tersebut, karena ini akan mempengaruhi kamu sulit mendapatkan hal positif dan mengerti seseorang.

Kenali orang tersebut terlebih dahulu, jangan menilai seseorang dari luarnya saja, karena kamu tidak tahu apa yang sedang dia alami.

2. Dengarkan orang lain 

5 Tips Menumbuhkan Empati, jika Mulai Hilang dalam DirimuIlustrasi seorang perempuan mendengarkan temannya (Pexels.com/fauxels)

Memiliki kemampuan mendengarkan orang lain dengan baik adalah salah satu ciri orang yang punya empati tinggi. Tentu kamu tidak akan bisa memahami, merasakan, atau membantu orang lain kalau kamu sendiri tidak bisa mendengarkan mereka.

Karena jika kamu mendengar orang lain dengan baik, maka orang juga akan percaya untuk bercerita dengan kamu, dan hal ini yang akan menumbuhkan empati kamu terhadap orang lain.

Baca Juga: 7 Pesan Empati untuk Diri Sendiri saat Mengalami Kegagalan

3. Berimajinasi menempatkan diri berada pada posisi mereka 

5 Tips Menumbuhkan Empati, jika Mulai Hilang dalam DirimuIlustrasi perempuan yang berimajinasi (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Misalkan jika melihat teman kamu bersedih karena gagal dalam ujiannya, maka coba kamu bayangkan bagaimana kamu mengalami hal yang sama dengan yang dirasakannya. Hal ini akan membuat kamu berempati dan memberikan semangat untuk bangkit kepada teman kamu.

Kamu bisa melakukan hal lain dengan mendatangi mereka, duduk bersama beberapa waktu untuk bercerita, maka kamu juga akan lebih mengenal orang tersebut.

4. Melibatkan diri dalam komunitas 

5 Tips Menumbuhkan Empati, jika Mulai Hilang dalam DirimuIlustrasi orang-orang yang bergabung dalam komunitas (Pexels.com/Dani Hart)

Menumbuhkan empati bukan semata-mata memahami orang lain, tapi juga ada dorongan untuk membantu mereka. Untuk itu, dengan melibatkan diri dalam komunitas bisa menjadi alternatif yang cukup efektif dalam menumbukan empati. Sekarang banyak komunitas baik yang offline atau online dapat kamu ikuti, tinggal kamu sendiri yang memilih yang mana positif.

Dengan komunitas kamu juga bisa mengajak teman-teman kamu untuk ikut berempati dengan memberikan bantuan kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan atau mengalami musibah.

5. Melihat sisi kemanusian seseorang 

5 Tips Menumbuhkan Empati, jika Mulai Hilang dalam DirimuIlustrasi orang-orang memanusiakan orang lain (Pexels.com/Monstera)

Kadang kita melihat seseorang terlalu sempurna sebagai orang yang mandiri, punya segalanya, sehingga kita menganggap mereka tidak butuh perhatian dan bantuan.

Padahal mereka juga manusia yang bisa rapuh, sedih, mengalami berbagai masalah, maka perlakukan orang lain sebagaimana manusia biasa.

Menumbuhkan empati bukan perkara mudah jika tidak membiasakannya. Jika kamu berempati terhadap orang lain, maka orang lain juga akan berempati terhadap kamu.

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Bisa Menghilangkan Rasa Empati, Jangan Disepelekan! 

akbar_putri Photo Writer akbar_putri

Mahasiswi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya