Comscore Tracker

5 Penyebab Seseorang Punya Watak Keras Kepala & Suka Bertindak Kasar

Keluarga yang tidak harmonis merupakan penyebab terbesar 

Yang namanya watak itu seperti sebuah ketentuan yang sulit bahkan mustahil untuk diubah. Watak bisa terbentuk dari lingkungan keluarga, pertemanan dan masih banyak hal lainnya. IIu pula yang membuat kita perlu menyesuaikan sikap saat berinteraksi dengan orang lain agar tidak terjadi perdebatan atau rasa sakit hati. 

Karena mereka yang berwatak kurang menyenangkan, seperti keras kepala dan suka bertindak kasar pun tidak bersalah atas sifatnya yang seperti itu. Ada beberapa kemungkinan besar yang menyebabkan orang punya sifat seperti itu. Berikut 5 diantaranya!

1. Kondisi keluarga yang tidak harmonis

5 Penyebab Seseorang Punya Watak Keras Kepala & Suka Bertindak Kasarunsplash.com/@arunanoop

Kepribadian seseorang tidak jauh-jauh berkembang dari bagaimana kondisi terdekatnya, di sini bagian yang paling berperan adalah keluarga. Jika kamu memiliki teman atau pernah melihat orang yang sangat keras kepala dan suka bertindak kasar, besar kemungkinan mereka tinggal di keluarga yang kerap melakukan hal yang sama. Peribahasa yang berbunyi, "Buah tidak jatuh jauh dari pohonnya", memang benar adanya.

2. Gangguan pengendalian emosi

5 Penyebab Seseorang Punya Watak Keras Kepala & Suka Bertindak Kasarunsplash.com/@albertdera

Gangguan pengendalian emosi bisa memicu seseorang bertindak kasar dan melakukan hal yang tidak seharusnya. Gangguan ini merupakan masalah kesehatan yang harus ditindak lanjuti untuk mencegah kondisi yang semakin buruk.

Biasanya hal ini berawal dari sesuatu yang sangat diinginkan dan tidak mau diganggu gugat namun tidak berhasil didapatkan, muncul gejala ingin merusak barang, bertindak kasar kepada orang lain, dan lain-lain.

3. Trauma masa lalu yang tidak dipercaya

5 Penyebab Seseorang Punya Watak Keras Kepala & Suka Bertindak Kasarunsplash.com/@nicotitto

Banyak penyebab yang bisa memungkinkan seseorang menjadi keras kepala dan suka bertindak kasar, selain dua di atas ada hal lain lagi seperti trauma masa lalu yang tidak dipercaya. Minimnya rasa kepercayaan yang diterima oleh seseorang dapat berpengaruh pada seberapa besar tingkat kegigihannya mempertahankan sesuatu. 

Bila pada ada trauma yang menempatkan dirinya tidak dipercaya oleh di sekitarnya, maka gak heran jika mereka kerap kali keras kepala membuktikan hal yang benar menurutnya. Yang parahnya usaha ini bisa diikuti dengan tindak kekerasan yang mengancam.

Baca Juga: 5 Cara Tepat Menghadapi Mantan yang Keras Kepala & Terobsesi Padamu

4. Kurang mendapat perhatian dan kasih sayang

5 Penyebab Seseorang Punya Watak Keras Kepala & Suka Bertindak Kasarunsplash.com/@erissetiawan

Mendapat perhatian dan kasih sayang merupakan anugerah yang patut kita syukuri. Karena jika tidak berkesempatan untuk merasakannya maka seseorang bisa tumbuh menjadi pribadi keras kepala dan kasar.

Kedua sifat tadi maklum terjadi sebab semua adalah kebalikan dari lembutnya perhatian dan kasih sayang. Ketidakseimbangan antara kasih sayang dan perhatian akan menghasilkan karakter yang kurang menyenangkan.

5. Besar di pergaulan yang kurang tepat

5 Penyebab Seseorang Punya Watak Keras Kepala & Suka Bertindak Kasarunsplash.com/@timothypaulsmith_436580_sink

Ini alasan dari betapa pentingnya memilih pergaulan yang tepat, terutama di usia remaja. Efek dari pergaulan terasa hingga jangka panjang. Jika bergaul dengan orang yang berwatak keras kepala dan suka bertindak kasar, bukan gak mungkin kita akan berperilaku yang sama. Terlebih bagi mereka yang tidak memiliki pendirian teguh dalam hidupnya. Akan semakin mudah terbawa arus yang ada di sekelilingnya. 

Saat bertemu atau berkerabat baik dengan mereka yang seperti ini, sebagai teman seharusnya kita mampu mengingatkan dan memberi arahan tanpa maksud menggurui. Sebab sebaik-baiknya pertemanan adalah mereka yang bisa membawa dampak positif bagi diri kita.

Baca Juga: 7 Watak Buruk Cewek yang Bisa Bikin Pasangannya Menyesal Ngajak Nikah

Alee Shaby Photo Verified Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya