Comscore Tracker

5 Cara Mengenali Toxic Friends, Harus Dihindari Demi Kebaikan Dirimu!

Wajib kamu catat nih biar gak terkecoh

Toxic friends kini menjadi fenomena umum yang bisa kita temui di kehidupan sehari-hari. Berkembangnya zaman menjadi pendukung golongan tersebut semakin menjamur dari hari ke hari. Toxic friends sendiri memiliki artian teman beracun atau mereka yang membawamu ke dalam lingkungan negatif dan dampak yang buruk.

Sebelum jatuh ke lubang yang terlanjur dalam, berikut 5 cara mengenali toxic friends yang perlu diketahu demi kebaikan dirimu!

1. Gak sungkan ikut campur urusan pribadi

5 Cara Mengenali Toxic Friends, Harus Dihindari Demi Kebaikan Dirimu!dramabeans.com

Kepedulian antar teman itu memang sangat dibutuhkan, lewat tindakan itu ada rasa ingin membantu yang diniatkan baik dalam hati, namun semua tetap harus ada batasnya. Kamu gak boleh diam jika ada teman yang memang ingin tahu masalah pribadi dan melibatkan dirinya sehingga terlalu ikut campur bahkan terkesan mengatur.

2. Mengenalkan lingkungan baru yang buruk

5 Cara Mengenali Toxic Friends, Harus Dihindari Demi Kebaikan Dirimu!dramabeans.com

Gak perlu takut untuk menjauhi teman yang berani mengenalkan lingkungan baru yang buruk bagi kalian, sebetulnya teman yang baik adalah mereka yang tidak pernah mengajak melakukan keburukan.

Teman ada untuk mendampingi setiap tahapan kehidupan dengan warna-warni masa muda yang beraneka ragam. Jika ada yang dirasa melebihi batas artinya kamu harus segera bertindak. 

3. Mengkritik secara gamblang tanpa membantu

5 Cara Mengenali Toxic Friends, Harus Dihindari Demi Kebaikan Dirimu!dramabeans.com

Bukan teman namanya jika mereka mengkritik secara gamblang tapi tak memberi bantuan sedikitpun. Artinya itu merupakan bagian dari serangan yang dituju kepada kalian agar muncul perasaan tidak nyaman atau merasa rendah diri.

Ada niat jahat yang mereka maksud atas kritik yang disampaikan secara tajam. Bagaimanapun juga teman itu membantu untuk saling mengoreksi diri bukan justru menjatuhkan lalu tak diberi bantuan sama sekali. 

Baca Juga: 6 Proteksi Diri yang Harus Kamu Miliki Saat Dikelilingi Toxic Friend 

4. Meminta sesuatu yang melebihi batas wajar

5 Cara Mengenali Toxic Friends, Harus Dihindari Demi Kebaikan Dirimu!dramabeans.com

oxic friends cenderung bersikap mengandalkan dan gak jarang merepotkan kalian tanpa ada timbal balik atau rasa terima kasih. Kalau kamu merasa direpotkan setiap berhubungan dengan salah seorang teman maka bisa jadi dia adalah seorang toxic friends yang sudah seharusnya kamu hindari. 

5. Mengubah jati diri secara perlahan

5 Cara Mengenali Toxic Friends, Harus Dihindari Demi Kebaikan Dirimu!dramabeans.com

Kalau ada seorang yang mengubah jati diri kalian secara perlahan menjadi sosok yang berbeda drastis dan jauh dari hal baik, itu patut dicurigai. Toxic friends umumnya membawa teman-teman di sekitarnya untuk mengenal dan ikut masuk ke dalam dunia mereka yang negatif.

Mengenali toxic friends membutuhkan ketelitian khusus. Tapi ketika kamu sudah bisa terbebas dari golongan toxic friends, dijamin hidupmu bakal lebih nyaman dan bahagia! Jangan sungkan tinggalkan mereka.

Baca Juga: Terkenal Selektif, 5 Zodiak Ini Paling Anti dengan Toxic Friends

Alee Shaby Photo Verified Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya