Comscore Tracker

5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan saat Merasa Cemas Akan Masa Depan

Apakah kamu juga sedang merasakannya?

Di masa pandemik saat ini, semua orang dibatasi untuk bepergian keluar rumah. Tentunya hal tersebut membuat banyak orang merasa bosan selama berada di rumah seharian.

Selama berkegiatan di rumah, tentu akan ada waktu luang dimana kita memikirkan segala sesuatu yang terbilang berlebihan. Hal ini sering disebut sebagai overthinking.

Saat sedang overthinking, terkadang kita memikirkan segala sesuatunya yang belum tentu terjadi. Kita juga cenderung memikirkan masa depan dengan perasaan yang cemas dan resah. Saat perasaan cemas melandamu, lakukan 5 hal ini untuk mengatasi hal tersebut.

1. Tetap tenang dan terima perasaan cemas tersebut

5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan saat Merasa Cemas Akan Masa Depanilustrasi melamun (unsplash.com/Kyle Broad)

Saat kamu sedang memikirkan masa depanmu, cobalah untuk tetap tenang dan berikan kalimat-kalimat positif pada dirimu sendiri. Belum tentu semua hal buruk yang kamu pikirkan akan terjadi di masa depan.

Cobalah untuk tetap tenang dan terima perasaan cemas tersebut pada dirimu. Cemas dan resah akan masa depan itu hal yang normal. Sebab hal tersebut akan dialami oleh hampir semua anak muda yang sedang menuju ke proses pendewasaan.

2. Cobalah untuk menceritakan hal tersebut ke orang terdekatmu

5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan saat Merasa Cemas Akan Masa Depanilustrasi persahabatan (unsplash.com/Kinga Cichewicz)

Selain menerima perasaan cemas dalam diri, kamu juga bisa mulai untuk menceritakan keresahanmu pada orang terdekat. Cobalah untuk lebih terbuka dan mulailah untuk menceritakan semua hal yang mengganggu pikiranmu.

Terkadang, menceritakan masalah tidak akan menyelesaikan permasalahan. Namun, hal tersebut akan memberikan perasaan lebih lega dan tenang.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Simpel Bikin Hidup Makin Tenang dan Bahagia, Tepis Cemas 

3. Sadari bahwa hal tersebut adalah tanda bahwa kamu akan mengalami kemajuan dalam hidup

5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan saat Merasa Cemas Akan Masa Depanilustrasi berpikir (pexels.com/Ekaterina Bolovtsova)

Mencemaskan masa depan tentu bukanlah sebuah hal yang buruk. Justru mencemaskan masa depan adalah tanda, bahwa kamu ingin menjadi versi terbaik dari dirimu. Hal tersebut juga menjadi sebuah sinyal, jika kamu ingin meraih kemajuan dalam hidup kedepanya.

Tentu bukan tanpa alasan, kaerna banyak anak muda di luar sana yang tidak peduli akan masa depanya. Sebaliknya, kamu sebaiknya harus lebih bersyukur karena masih memiliki perasaan peduli akan masa depan.

4. Cobalah untuk menulis rencana kamu kedepanya

5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan saat Merasa Cemas Akan Masa Depanilustrasi menulis (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Daripada terus overthinking memikirkan masa depan, sebaiknya kamu menulis apa saja hal yang ingin kamu raih dalam 5 hingga 10 tahun kedepan dalam sebuah tulisan. Tulis juga kelebihan dan kekuranganmu, serta hal-hal apa saja yang harus kamu lakukan untuk meraih tujuan tersebut.

Terkadang, dengan menulis rencamu kedalam sebuah tulisan akan memberimu gambaran jelas tentang hal apa saja yang harus kamu lakukan kedepanya. Hal tersebut juga akan memberimu kesadaran, jika kamu memiliki kelebihan seperti yang lainya.

5. Terus improve dan tambah value diri kamu

5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan saat Merasa Cemas Akan Masa Depanilustrasi bahagia (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Daripada terus menerus overthinking tanpa melakukan hal apapun, lebih baik kamu improve dan menambah value dalam diri. Hal tersebut bisa dimulai dengan mempelajari skill baru dan membaca buku untuk menambah wawasanmu.

Hal tersebut juga akan mempermudah langkahmu untuk meraih cita-cita yang telah diimpikan. Teruslah bertumbuh, walaupun hanya satu persen tiap harinya.

Jika kamu merasa lelah dengan usahamu, cobalah untuk istirahat dan bukan berhenti. Selagi masih muda, tetaplah mencoba dan jangan pantang menyerah. Cobalah untuk selalu berpikir positif dan pantang menyerah. Semangat!

Baca Juga: 6 Cara Sederhana yang Bisa Bantu Kamu Mengatasi Rasa Cemas, Coba yuk!

Aldo Syahputra Photo Writer Aldo Syahputra

Proud to be my self

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya