Comscore Tracker

5 Langkah Membersihkan Rumah dengan Benar, Mulai Sekarang!

Dijamin praktis dan efektif

Membersihkan seluruh rumah adalah hal yang berat banget buat dimulai. Ada yang bingung mulai dari mana dulu sampai ada yang sayang untuk membuang tumpukan barang-barang usang.

Kalau kamu gak tahu harus beresin rumah dari mana dulu, tenang. Apakah bagian ini perlu dibersihkan atau tidak? Simak tips membersihkan rumah di bawah ini. 

1. Mulai dari belakang, bersihkan kamar mandi dulu

5 Langkah Membersihkan Rumah dengan Benar, Mulai Sekarang!microfiberwholesale.com

Kamu tak harus beli pembersih berharga mahal kalau cuma mau bikin kamar mandi jadi kinclong. Kalau di dapur ada hydrogen peroxide dan sabun cair, kamu bisa gunakan ini. Caranya, campur dua bahan sama air setengah gelas. Sudah begitu, kamu bisa mulai aktivitas bersih-bersih kamar mandi. Jaminan kalau kamar mandimu seperti baru lagi.

2. Panel kompor atau mesin cuci perlu dibersihkan

5 Langkah Membersihkan Rumah dengan Benar, Mulai Sekarang!rd.com

Karena sering kamu pakai, panel kompor biasanya jadi cepat kotor. Sama juga dengan panel mesin cuci. Untuk bersihkan perabot seperti ini, kamu cuma perlu sikat gigimu yang sudah tak terpakai sama setetes zat amoniak. Teteskan setitik zat amoniak ke panel lalu gosok dengan sikat gigi. Pastikan dulu kamu sudah pakai pelindung tangan.

3. Bersihkan kamar tidur? Ini caranya

5 Langkah Membersihkan Rumah dengan Benar, Mulai Sekarang!forbes.com

Yang menurutmu paling susah dibersihkan pasti tempat tidur, apalagi kalau berbahan matras atau busa. Jangan khawatir, kumpulkan dulu bahan seperti hydrogen peroxide, baking soda, dan sedikit sabun cair. Untuk menggunakannya, kamu harus campur dulu tiga bahan tersebut lalu pakai dengan cara disemprotkan. Biarkan lima menit lalu gunakan penyedot debu.

Baca Juga: 7 Masalah Kesehatan yang Timbul Akibat Malas Membersihkan Rumah

4. Teknik membersihkan toilet yang benar

5 Langkah Membersihkan Rumah dengan Benar, Mulai Sekarang!cleanservices.com.sg

Lihat kembali di dapurmu apa masih ada cuka sisa. Kalau masih ada, kamu bisa pakai cuka biar toilet rumahmu jadi kelihatan baru lagi. Selain bisa membuat kinclong, cuka juga bagus sebagai pembunuh kuman, lho.

5. Karena sofa itu empuk, hati-hati kalau gosok

5 Langkah Membersihkan Rumah dengan Benar, Mulai Sekarang!magicofcleaners.co.uk

Memang pas kalau minum kopi sambil duduk di sofa, tapi jika tumpah nodanya jadi susah hilang. Jangan kkhawatir, dengan trik sederhana kamu bisa lenyapkan noda dengan tuntas. Siapkan bahan seperti baking soda, alkohol, spons, dan sikat lembut. Pertama, tuangkan alkohol ke spons dan kotoran lalu gosok perlahan. Tuang baking soda lalu gosok lagi dengan sikat lembut.

Mumpung besok sudah memasuki akhir pekan, pas banget nih waktunya bersih-bersih rumah. Kalau kamu tinggal bareng keluarga, bagi tugas membuat membersihkan rumah jadi lebih ringan.

Baca Juga: Gak Harus Setiap Hari, Inilah Waktu Tepat Membersihkan Rumah

Aleia Savanna Photo Writer Aleia Savanna

Menulis untuk berbagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya