Comscore Tracker

Punya Minat Jangan Dipendam, Eksplor Lebih Jauh dengan 5 Cara Ini

Siapa tahu bisa jadi sumber penghasilan

Dari sekian bidang yang membuatmu tertarik, pasti ada satu hal yang membuatmu merasa terpancing untuk mengetahuinya lebih jauh. Sebagai contoh, kamu sangat tertarik dengan bidang astronomi tapi kondisinya adalah tidak ada pelajaran tersebut di sekolah. Suasana belajar astronomi di lingkungan sekitar juga belum mendukung sehingga kamu tidak tahu kalau ada teman yang ternyata juga memendam minat terhadap astronomi.

Daripada dipendam, yuk gali minatmu dan kembangkan secara maksimal dengan cara-cara berikut ini.

1. Kerucutkan topik yang ingin kamu angkat

Punya Minat Jangan Dipendam, Eksplor Lebih Jauh dengan 5 Cara IniPexels.com/Startup Stock Photos

Ibarat kata kamu sudah menemukan minatmu yaitu mencari tahu hal-hal menarik tentang astronomi dan ingin saling berbagi informasi kepada teman-temanmu. Kamu bisa memulainya dengan memilih satu topik yang cukup membuat orang penasaran.

Mulailah dengan topik yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari karena ketertarikan akan meningkat tajam dengan topik ini. Misalkan topik yang diangkat adalah mengamati benda langit seperti bintang dan planet saat malam hari.

Kemudian topik khusus yang ingin kamu angkat adalah bagaimana cara mengetahui bahwa benda langit tersebut adalah planet atau bintang. Jika bintang, maka apa nama bintang tersebut serta berada di rasi bintang apa dan lain-lain. Jadikan topik seperti ini sebagai acuan saat kamu membawa alur kontenmu nanti.

2. Riset sebanyak-banyaknya dari sumber yang valid

Punya Minat Jangan Dipendam, Eksplor Lebih Jauh dengan 5 Cara IniPexels.com/Vlada Karpovich

Kalau sudah dapat topik konten, langkah selanjutnya apa lagi kalau bukan riset. Riset ini sangat penting untuk kamu bisa membawakan topik dengan jelas dan informasinya tidak menyesatkan.

Perlu diingat, kamu tidak bisa menggunakan sumber sembarangan. Gunakan sumber-sumber valid, kredibel, dan memiliki rekam jejak yang baik. Melakukan riset secara online boleh, kok, asalkan tiga syarat tersebut tetap terpenuhi, ya. Contoh sumber yang bisa kamu ambil yaitu buku, website resmi lembaga terkait, wawancara dengan narasumber ahli di bidangnya, dan masih banyak lagi.

Nah, kalau lagi asyik-asyik riset tapi kuota tiba-tiba habis kan nggak seru makanya kamu juga butuh provider yang menunjang #SemuanyaSemaunya. Biar kamu punya kebebasan gaya hidup digital, pakai by.U yang sangat cocok dengan anak muda. Kamu bisa riset online kapan pun kamu mau tanpa ribet mikirin kuota. Sesuaikan add-on dan plan sesuai kebutuhanmu dengan mudah hanya sekali ketuk!

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Mengubah Hobi Menulismu Jadi Passion yang Menghasilkan

3. Tentukan konsep konten versimu

Punya Minat Jangan Dipendam, Eksplor Lebih Jauh dengan 5 Cara IniPexels.com/Julia M Cameron

Riset aja nggak cukup karena kamu perlu mengemas informasi yang kamu dapatkan secara menarik. Ada banyak referensi konsep konten yang bisa kamu coba. Cara yang paling sederhana adalah dengan membagikan informasi berupa teks di fitur stories di media sosial seperti WhatsApp dan Instagram. Kalau mau yang lebih estetik lagi agar teman-temanmu semakin tertarik, unggah kontenmu secara grafis melalui gambar atau video.

Dalam penentuan konsep konten, pastikan kamu juga menyesuaikan dengan calon penonton konten. Apakah mereka sudah memiliki latar belakang pengetahuan kontenmu, apakah mereka orang awam, apakah mereka masih sekolah, dan sebagainya.

Kamu perlu memahami hal ini karena semakin sesuai konsep kontenmu memenuhi kebutuhan informasi mereka maka akan lebih mudah diterima. Teman-temanmu juga akan mau untuk membuka minatnya yang ternyata sama denganmu atau mereka justru tertarik untuk mengetahui lebih banyak lagi!

4. Racik semua isi konten di aplikasi grafis

Punya Minat Jangan Dipendam, Eksplor Lebih Jauh dengan 5 Cara IniPexels.com/Anthony Shkraba

Hindari stop di penentuan konsep konten! Lanjutkan langkahmu dengan mengaplikasikannya dengan aksi nyata. Siapa yang bakal tahu passion-mu kalau nggak ada aksi yang diperlihatkan? Manfaatin aja aplikasi edit foto atau video yang bisa diakses gratis di internet. Kalau kamu nggak ingin buang banyak waktu, sekarang udah banyak aplikasi edit dari template seperti Canva dan aplikasi sejenis.

Gunakan imajinasi dan kreativitasmu untuk membuat grafis yang menarik dan informasi yang tercantum nggak perlu terlalu padat. Pisah saja seperlunya biar teman-temanmu yang baca tidak bosan. Kalau bisa sertakan gambar yang menarik. Jadi, misalkan kamu angkat topik tentang bintang dan planet maka sertakan foto kenampakan bintang dan planet tersebut.

Sesuaikan juga konten yang kamu buat dengan standar ketentuan yang diterapkan media sosial yang dipilih. Kalau kamu ingin buat konten ke semua media sosial juga tidak masalah karena ada sim card milenial by.U yang selalu mendukung dengan layanan 100% digital. Semua layanan dipastikan tanpa ribet dan bisa dilakukan melalui sentuhan jari tangan. Ngonten pun makin lancar jaya!

5. Ayo, unggah kontenmu dan kenalkan orang dengan minatmu!

Punya Minat Jangan Dipendam, Eksplor Lebih Jauh dengan 5 Cara IniUnsplash.com/Austindistel

Bahan konten sudah jadi dan siap diunggah di sosial media. Nggak perlu ragu buat unggah karena dari cara ini kamu bisa menemukan teman-teman yang sefrekuensi. Minat kamu juga akan semakin berkembang karenanya. Aplikasi sosial media seperti WhatsApp, Instagram, Twitter, Youtube, dan bahkan Spotify bisa jadi jalan ninjamu!

Kalau kamu pakai by.U nggak bakal khawatir lagi karena ada kuota topping aplikasi sosial media. Semua media sosial yang bisa digunakan untuk mengunggah kontenmu ada di by.U. Mau bikin stories di WhatsApp dan Instagram bisa, bikin video konten di Youtube bisa, rekam suaramu di Spotify bisa, update utas konten di Twitter malah bisa banget!

by.U juga memiliki ketentuan yang jelas dan simpel. Nggak akan ada yang namanya informasi kuota simpang siur, nggak ada tambahan biaya yang munculnya seperti siluman, dan nggak ada sisa kuota tidak terpakai.

Lima langkah di atas benar-benar menunjukkan kalau kamu, minatmu, dan dunia digital adalah suatu kesatuan!

Kamu bisa "mengisi" dirimu dengan energi dari berkutat pada hal yang berhubungan dengan minatmu seperti memperkaya wawasan dan praktik tentang astronomi. Kemudian kamu bisa mengembangkan passion dengan mencari jejaring yang sama. Jejaring ini akan semakin luas kalau kamu memanfaatkan dunia digital seperti aktif di media sosial.

Tenang aja, kantong nggak bakal jebol karena ada by.U. Jadi, yuk mulai kembangkan minatmu lagi!

Baca Juga: Jadi Poin Lebih, 5 Skill Digital Masa Depan yang Wajib Dimiliki

Almira Sifak Fauziah Narariya Photo Writer Almira Sifak Fauziah Narariya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya