10 Novel Thriller yang Masuk Nominasi Goodreads Choice Awards 2023

Yuk, cek ada novel favoritmu gak?

Goodreads kembali mengadakan ajang penghargaan untuk mencari novel-novel terbaik pilihan pembaca sepanjang 2023 dalam Goodreads Choice Awards. Novel yang masuk nominasi dibagi ke dalam beberapa kategori berdasarkan genre. 

Dalam artikel berikut, kita akan membahas tentang rekomendasi novel thriller yang masuk nominasi Goodreads Choice Awards 2023. Semua novelnya populer dan dapat rating tinggi!

1. All the Dangerous Things

10 Novel Thriller yang Masuk Nominasi Goodreads Choice Awards 2023All the Dangerous Things (instagram.com/stacyvwillingham)

Stacy Willingham merilis novel terbarunya yang berjudul All the Dangerous Things pada 10 Januari 2023. Novelnya bercerita tentang Isabella Drake yang hidupnya berubah drastis setelah putranya, Mason, menghilang.

Selama setahun, Isabella gak bisa hidup tenang dan susah tidur karena memikirkan Mason. Isabella mulai meragukan dirinya sendiri setelah diundang sebagai narasumber podcast untuk menceritakan ulang kejadian hilangnya Mason. 

2. The Housemaid's Secret

10 Novel Thriller yang Masuk Nominasi Goodreads Choice Awards 2023The Housemaid’s Secret (dok. pribadi/Alwiyah Nabilah)

Freida McFadden adalah salah satu penulis thriller yang sedang naik daun. Novel karyanya yang berjudul The Housemaid's Secret berhasil masuk ke nominasi Goodreads Choice Awards mengalahkan sederet novel populer lainnya. Novel yang terbit pada 20 Februari ini merupakan sekuel dari novel The Housemaid. 

Sama seperti novel pertamanya, The Housemaid's Secret kembali mengikuti kisah Millie saat bekerja sebagai pelayan di rumah keluarga Garrick yang kaya. Beberapa tahun setelah kejadian yang dialaminya dalam novel The Housemaid, Millie berniat menolong istri bosnya yang kemungkinan besar disekap dan disiksa. Niat baik Millie ternyata membawa petaka untuk dirinya sendiri.

3. I Have Some Questions for You

10 Novel Thriller yang Masuk Nominasi Goodreads Choice Awards 2023I Have Some Questions for You (instagram.com/vikingbooks)

I Have Some Questions for You karya Rebecca Makkai terbit pada 21 Februari 2023. Novel ini bercerita tentang host podcast bernama Bodie Kane yang memiliki masa lalu kelam saat tinggal di asrama Kota New Hampshire. Kejadian saat teman sekamarnya yang ditemukan meninggal membuat Bodie trauma hingga dewasa.

Bertahun-tahun kemudian, Bodie kembali diundang oleh sekolah lamanya untuk mengajar. Di saat bersamaan, kasus kematian teman sekamar Bodie kembali di buka. Polisi dan Bodie mencoba menggabungkan semua petunjuk yang ada untuk menemukan pelaku dari pembunuhan tersebut.

4. Vera Wong's Unsolicited Advice for Murderers

10 Novel Thriller yang Masuk Nominasi Goodreads Choice Awards 2023Vera Wong's Unsolicited Advice for Murderers (instagram.com/jesseqsutanto)

Jesse Q Sutanto adalah penulis Indonesia yang bukunya terkenal di luar negeri. Novel thriller karyanya yang berjudul Vera Wong's Unsolicited Advice for Murderers berhasil masuk ke nominasi Goodreads Choice Awards 2023.

Karakter utama dalam novel ini adalah lansia bernama Vera Wong yang bekerja sebagai pemilik toko teh. Suatu pagi, Vera terkejut karena menemukan jasad pria di dalam tokonya. Merasa dirinya bisa menyelesaikan kasus kematian pria itu, Vera pun memulai penyelidikan dengan caranya sendiri. Novel ini beredar pada 13 April 2023.

5. All the Sinners Bleed

10 Novel Thriller yang Masuk Nominasi Goodreads Choice Awards 2023All the Sinners Bleed (instagram.com/flatiron_books)

Novel All the Sinners Bleed karya S. A Cosby ini menyoroti sosok detektif bernama Titus yang menyelidiki kasus kematian seorang guru. Guru tersebut dibunuh oleh muridnya sendiri, lalu sang murid ditembak mati oleh salah satu rekan kerja Titus. Selama menyelidiki kasus tersebut, Titus mengungkap adanya pembunuh berantai yang berkeliaran di kotanya. 

dm-player

6. The Only One Left

10 Novel Thriller yang Masuk Nominasi Goodreads Choice Awards 2023The Only One Left (dok. pribadi/Alwiyah Nabilah)

Hampir setiap tahun novel karya Riley Sager selalu masuk nominasi Goodreads Choice Awards. Tahun ini, ada novel terbarunya yang terbit pada 20 Juni lalu, yaitu The Only One Left. Novel ini bercerita tentang kasus kematian keluarga Hope yang terbunuh pada tahun 1929 oleh salah satu anggotanya, yaitu Lenora. Namun, Lenora terus menyangkal tuduhan ia telah membunuh keluarganya.

Pada tahun 1983, Kit McDeere diutus untuk menjaga Lenora yang sudah tua di rumah lamanya. Sambil bekerja, Kit berusaha membuat Lenora mengungkap apa yang sebenarnya terjadi pada keluarganya.

7. Bright Young Women

10 Novel Thriller yang Masuk Nominasi Goodreads Choice Awards 2023Bright Young Women (instagram.com/jessicaknollauthor)

Nama Jessica Knoll mulai meroket setelah novelnya yang berjudul Luckiest Girl Alive diangkat jadi film Netflix pada 2022 lalu. Tahun ini, Jessica kembali menorehkan prestasi dengan menjadi salah satu nomine Goodreads Choice Awards lewat novelnya yang berjudul Bright Young Women. Novel ini mengikuti kisah dua perempuan beda negara yang bersatu demi mengungkap kebenaran tentang kasus misterius.

Baca Juga: 8 Series Horor dan Thriller Indonesia yang Diadaptasi dari Novel

8. None of This is True

10 Novel Thriller yang Masuk Nominasi Goodreads Choice Awards 2023None of This is True (instagram.com/lisajewelluk)

Novel terbaru Lisa Jewell yang berjudul None of This is True mengungkapkan kasus misterius melalui podcast. Karakter host podcast yang bernama Alix tertarik dengan kehidupan Josie Fair setelah keduanya beberapa kali bertemu. Alix pun mewawancarai Josie di podcast-nya karena ia merasa kehidupan Josie sangat menarik dan membingungkan. 

Lama kelamaan, Alix pun sadar jika Josie menyembunyikan rahasia kelam dari banyak orang. Saat Alix mendatangi rumah Josie untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi, wanita itu menghilang.

9. The Last Devil to Die

10 Novel Thriller yang Masuk Nominasi Goodreads Choice Awards 2023The Last Devil to Die (instagram.com/vikingbooks)

The Last Devil to Die adalah buku keempat dari seri Thursday Murder Club karya Richard Osman. Novel setebal 422 halaman ini terbit pada 14 September 2023. Ceritanya fokus penyelidikan kasus pembunuhan oleh kelompok Thursday Murder Club yang terdiri dari Joyce, Elizabeth, Ron, dan Ibrahim.

Orang yang terbunuh adalah teman dari suami Elizabeth, yaitu Stephen. Untuk mengusut kasus ini, kelompok Thursday Murder Club terlibat dengan perdagangan narkoba dan dunia kriminal.

10. Homecoming

10 Novel Thriller yang Masuk Nominasi Goodreads Choice Awards 2023Homecoming (instagram.com/katemortonauthor)

Homecoming karya Kate Morton memadukan genre thriller dengan fiksi sejarah. Novel yang terbit pada 13 April 2023 ini menceritakan seorang jurnalis bernama Jess yang kembali ke kota kelahirannya untuk menemui sang nenek di rumah sakit. Orang yang menjaga neneknya memberitahu Jess bahwa sang nenek sudah bersikap aneh sejak jatuh dari loteng rumah, tempat yang tak boleh dimasuki siapa pun. 

Di kamar neneknya, Jess menemukan buku true crime tentang tragedi keluarga Turner yang terjadi pada natal tahun 1959. Semakin diselidiki, Jess mulai menduga bahwa tragedi yang diceritakan di buku tersebut berhubungan dengan keluarganya. 

Sepuluh novel di atas berhasil masuk nominasi Goodreads Choice Awards 2023 karena difavoritkan oleh banyak pembaca. Kamu bisa vote novel favoritmu di Goodreads, lho. Pemenang akan diumumkan pada 8 Desember 2023. Kira-kira novel apa yang akan menempati posisi pertama, ya?

Baca Juga: 6 Rekomendasi Novel Suspense Penuh Misteri dan Ketegangan

Alwiyah Nabilah Photo Verified Writer Alwiyah Nabilah

i love to read, write, and watch SpongeBob

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya