Comscore Tracker

Dijuluki Pedang Allah, 5 Fakta Khalid bin Walid Ini Wajib Kamu Tahu!

Dicopot jabatannya oleh Umar bin Khattab

Banyak sahabat Nabi Muhammad SAW yang memiliki julukannya masing-masing. Bukan tanpa maksud tertentu pemberian julukan itu. Tapi, ada alasan sendiri, mengapa seorang sahabat mendapat sebuah julukan. 

Sama seperti yang dirasakan oleh sahabat Nabi Muhammad SAW yang satu ini. Siapa yang tidak mengenalnya? Ya, Khalid bin Walid. Ia adalah salah satu sahabat yang mendapat gelar tersendiri, yaitu pedang Allah. Berikut 5 faktanya yang wajib kamu tahu! 

1. Asal-usul 

Dijuluki Pedang Allah, 5 Fakta Khalid bin Walid Ini Wajib Kamu Tahu!hidayatullah.com

Khalid memiliki nama lengkap, Abu Sulaiman Khalid. Karena nama ayahnya adalah Walid, maka dari itu, ia sering disebut Khalid bin Walid. Sebagaimana di awal sudah dijelaskan bahwa Khalid dijuluki pedang Allah, atau dalam bahasa Arab, Sayf Allah al-Maslul. 

Artinya, pedang Allah yang terhunus. Alasan julukan ini disematkan padanya adalah, karena kemahirannya dalam bidang militer. Khalid selalu pandai menyusun strategi militer hingga membuatnya selalu menang, tak pernah kalah. 

2. Pernah turun jabatan

Dijuluki Pedang Allah, 5 Fakta Khalid bin Walid Ini Wajib Kamu Tahu!voaindonesia.com

Salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW, Khalid, juga pernah diturunkan dari jabatannya sebagai panglima perang. Tepatnya, hal ini terjadi pada masa pemerintahan Umar bin Khattab, ia diberikan jabatan lain, yaitu menjadi duta besar. Sedangkan, pada masa Abu Bakar Ash-Shiddiq, Khalid dipercaya sebagai panglima tertinggi. 

Bukan tanpa alasan, Umar mencopot jabatan Khalid. Alasan pertama agar melawan stigma bahwa karena Khalid-lah yang membawa kemenangan pada umat Islam, karena itu sudah menodai Tauhid. Alasan kedua, karena karakter Umar dan Khalid yang sama-sama keras, berbeda dengan Abu Bakar yang berkarakter lembut. 

Baca Juga: 5 Fakta Umar bin Abdul Aziz, Khalifah Pengantar Kejayaan Bani Umayyah

3. Pernah minum racun

https://www.youtube.com/embed/eyYG07Xk_6E

Siapakah di dunia ini yang mau meminum racun secara sengaja? Percaya atau tidak, Khalid telah melakukannya. Menurut ceramah yang disampaikan oleh Ustaz Adi Hidayat, Khalid kebal terhadap racun yang diminumnya atas izin Allah. Sebelum disodorkan racun padanya, Khalid membaca sebuah doa sebagai berikut:

Bismillahilladzii laa yadhurru ma’asmihi syaiun fil ardhi wa laa fis samaai wa huwas sami’ul ‘alim’ , yang artinya, dengan nama Allah Yang bersama nama-Nya sesuatu apa pun tidak akan celaka, baik di bumi dan di langit. Dialah Maha Medengar lagi Maha Mengetahui.

4. Sebelum masuk Islam

Dijuluki Pedang Allah, 5 Fakta Khalid bin Walid Ini Wajib Kamu Tahu!kisahmuslim.com

Pada awalnya, Khalid bin Walid belum menjadi seorang muslim. Khalid masih tergabung dengan pasukan penentang Islam, kaum kafir Quraisy pada saat itu. Terbukti, pada perang Islam kedua kali, Perang Uhud, Khalid ikut serta di dalamnya. Bukan untuk membela Islam, tapi, memerangi Islam. 

Namun, setelah peperangan itu, Khalid barulah resmi masuk Islam, tepatnya pada tahun 8 Hijriah. Masuk Islamnya Khalid ini membuat Nabi Muhammad SAW berpesan, "Jangan sakiti Khalid karena sesungguhnya ia adalah pedang di antara pedang-pedang Allah yang Dia hunuskan pada orang-orang kafir".

5. Wafatnya

Dijuluki Pedang Allah, 5 Fakta Khalid bin Walid Ini Wajib Kamu Tahu!kastara.id

Khalid bin Walid yang lahir di Makkah, pada tahun 585 Masehi dan wafat pada tahun 642 Masehi. Kini, jasadnya dimakamkan di salah satu Masjid Suriah. Masjid itu bernama, Khalid bin Walid Mosque. Saat ia wafat, Khalid mendermakan peralatan perang dan kuda untuk berjihad di jalan Allah. 

Banyak para sahabat lain yang sedih akan kepergian Sang Pedang Allah. Salah satunya Umar bin Khattab, karena Umar berpikir, dirinya tidak sempat mengembalikan jabatan Khalid sebelum Khalid wafat. Pada akhirnya, Khalid wafat di atas ranjangnya, padahal, dirinya ingin wafat dalam keadaan syahid.

Baca Juga: 5 Sikap Teladan yang Wajib Kamu Tiru dari Sosok Khalifah Abu Bakar

Alya Rekha Anjani Photo Verified Writer Alya Rekha Anjani

Born into nothing and grow into something. Akun IG: antologikata_id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya