Comscore Tracker

Gak Cuma Baik, Ini 9 Tanda Sahabat yang Memang Tulus Denganmu

Awas kejebak fake friend!

Di zaman sekarang ini, mencari sahabat yang benar-benar tulus terbilang cukup sulit! Pasalnya, nggak jarang seseorang ngaku sahabat tapi perilakunya penuh dengan kepalsuan. Dia pura-pura baik pas di depan aja. Giliran nggak ada kamu, eh malah menusuk lewat belakang.

Tentu sahabat macam gini harus dihindari ya! Sebab selain nggak mendatangkan manfaat, juga bisa menjadi toxic dalam hidupmu. Maka itu, kamu harus jeli dalam memilih pertemanan.

Nah, untuk menghindari jeratan fake friend, baiknya kenali nih ciri-ciri sahabat yang memang tulus denganmu!

1. Persahabatan kalian tidak didasari motif apapun. Dia menerima kamu apa adanya!

Gak Cuma Baik, Ini 9 Tanda Sahabat yang Memang Tulus Denganmukpop.asiachan.com

Sahabat yang tulus adalah sahabat yang mau menerima kamu apa adanya. Dia nggak memadang fisik, harta atau kedudukanmu. Satu-satunya alasan kenapa ia berteman denganmu, ya karena ia merasa nyaman. Nggak ada motif apapun!

2. Layaknya sebuah bintang, meski kadang tak terlihat tapi dia selalu ada untukmu

Gak Cuma Baik, Ini 9 Tanda Sahabat yang Memang Tulus Denganmupexels.com/@wildlittlethingsphoto

Seorang sahabat itu nggak harus melulu ada di dekatmu. Bukan berarti terus-menerus menemani 24 jam. Tapi sahabat adalah seseorang yang selalu ada untukmu.

Meski mungkin jarak kalian berjauhan, tapi dia tetap ngehubungi kamu. Dia juga nggak segan untuk menolong saat kamu butuh bantuan.

3. Dia bisa menjaga kepercayaan. Rahasiamu aman ditangannya!

Gak Cuma Baik, Ini 9 Tanda Sahabat yang Memang Tulus Denganmupexels.com/@tirachard-kumtanom

Nah, ini yang paling penting! Sahabat yang benar-benar tulus denganmu, pastinya ia nggak akan pernah menggosibkanmu di belakang. Walau mungkin hubungan kalian sedang renggang, tetap ia berusaha menjaga segala rahasimu. 

Sebaliknya, seorang fake friend bisa dengan mudah mengkhianati kepercayaan sahabatnya. Di depan ia tampak begitu baik, namun dibelakang justru membongkar aib sahabatnya. Duh, seram deh!

Baca Juga: 5 Hal Ini Patut Kamu Syukuri Saat Gebetanmu Tertarik dengan Sahabat

4. Saat kamu keliru, dia akan mengkritikmu secara langsung. Bukannya membicarakan di belakang

Gak Cuma Baik, Ini 9 Tanda Sahabat yang Memang Tulus Denganmukpop.asiachan.com

Sahabat yang tulus juga nggak akan segan mengkritikmu secara langsung ketika kamu keliru. Mungkin sikapnya ini terkesan kasar. Namun niatnya tak lain agar kamu berubah jadi lebih baik.

Sebaliknya, jika sahabatmu jahat, dia pasti bakalan diam saat melihatmu melakukan kesalahan. Dia nggak mengingatkan, tapi malah ngejelekin kamu di belakang. Wah perilaku kayak gini tentunya lebih berbahaya, ya!

5. Gak punya rasa iri! Saat kamu senang, dia juga ikut senang

Gak Cuma Baik, Ini 9 Tanda Sahabat yang Memang Tulus Denganmupexels.com/@trinitykubassek

Sahabat yang tulus pastinya akan selalu peduli padamu. Di saat kamu merasa bahagia, ia juga bakal bahagia. Nggak ada sedikitpun perasaan iri di dalam hatinya. 

Berbeda dengan sahabat palsu. Biasanya orang macam gini nggak suka lihat kamu lebih maju darinya. Hatinya dipenuhi rasa dengki. Kalaupun ia terlihat senang itu hanya pura-pura semata. 

6. Dia tak pernah bosan mendengarkan keluh kesahmu. Bahkan dia berusaha ngasih solusi terbaik

Gak Cuma Baik, Ini 9 Tanda Sahabat yang Memang Tulus Denganmudramabeans.com

Nggak sekedar bisa dijadikan teman curhat, sahabat yang tulus itu juga selalu berusaha mencari solusi untuk membantu menyelesaikan masalahmu. Intinya, dia itu perhatianlah! 

Nggak cuma muncul disaat kamu happy aja.Tapi dia ada di waktu suka dan dukamu. 

7. Kamu bukanlah kompetitor baginya. Dia gak pernah memiliki niat bersaing denganmu

Gak Cuma Baik, Ini 9 Tanda Sahabat yang Memang Tulus Denganmudramabeans.com

Alih-alih harus bersaing, seorang sahabat  biasanya lebih memilih untuk bekerja sama sebagai patner. Nggak ada istilah berkompetisi. Ia menganggapmu sebagai kawan, bukanlah lawan!

Jika memang kamu lebih sukses darinya, pastinya ia turut mendukung. Kalaupun kamu lagi kurang beruntung,  ya ia bantu. Sikap ini menunjukkan kalau ia benar tulus padamu. 

8. Dia gak kepo akan segala hal tentang hidupmu. Dia tahu kamu memiliki privasi yang harus dihormati

Gak Cuma Baik, Ini 9 Tanda Sahabat yang Memang Tulus Denganmupexels.com/@rawpixel

Kamu pasti sering nemuin sahabat yang hobinya tuh kepo sama kehidupan orang lain. Sebenarnya, tipe sahabat kayak gini kurang baik ya! Sebab nunjukin kalau ia nggak bisa menghargai privasi. 

Sebaliknya, sahabat yang tulus nggak bakal maksain kamu buat cerita semua hal tentang hidupmu. Dia akan mendengarkan hanya saat kamu meminta. 

9. Dan untuk segala impianmu, dia selalu mendukung dan tak pernah meremehkan!

Gak Cuma Baik, Ini 9 Tanda Sahabat yang Memang Tulus Denganmupexels.com/@rawpixel

Nggak peduli meski impianmu itu tampak sederhana atau bahkan terlalu sulit, yang namanya sahabat pasti bakalan mendukung. Memang sih, bantuan itu nggak selalu berkaitan dengan materi! Bisa berarti dia ataupun motivasi. Namun yang paling pasti,  ia nggak akan pernah meremehkanmu. 

Nah, jadi itulah guys sederet ciri yang dimiliki sahabat sejati. Btw, apa sahabatmu masuk dalam kategori diatas? Jika iya, maka jangan pernah lepaskan dia! Sebab sahabat adalah harta yang sangat berharga. 

Baca Juga: Seru Abis, Ini 6 Keuntungan yang Didapat Jika Punya Sahabat Beda Usia

Amaniya Photo Verified Writer Amaniya

Pengembara di bumi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You