TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Mengendalikan Kebaikanmu Supaya Gak Dimanfaatin Orang 

Karena kalau terlalu baik orang justru memanfaatkanmu 

Pexels.com/Christina Morillo

Sebagai manusia yang punya perasaan, wajar bila kita merasa simpati orang lain dan peduli pada sesama. Namun terlalu baik pada orang lain pun ternyata tidak bagus juga, karena kebanyakan orang kalau diperlakukan terlalu baik justru akhirnya malah mencari kesempatan untuk memanfaatkan.

Maka dari itu, sangat penting bagimu untuk mengendalikan kebaikan supaya gak dimanfaatin orang, kalau tidak tahu bagaimana mengendalikannya simak baik-baik beberapa tipsnya di bawah ini ya.

1. Bantu orang lain sewajarnya saja 

Pexels.com/Anastasiya Gepp

Tips pertama untuk mengendalikan kebaikanmu adalah dengan menjaga kamu hanya membantu orang lain sewajarnya saja. Peduli pada orang lain itu tentu sesuatu yang mulia dan penting untuk dimiliki setiap orang, namun jangan sampai melebihi batas wajar hingga membuat orang salah sangka bahwa kamu bisa dimanfaatkan.

Baca Juga: 5 Cara Menghargai Kebaikan Orang Lain, Bukan Sekadar Terima Kasih 

2. Gak perlu terlalu terlibat dalam kehidupan orang 

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Kedua, kamu gak perlu terlalu melibatkan diri dalam kehidupan orang lain jika tak mau dimanfaatkan. Orang lain punya kehidupan sendiri yang tak selamanya berjalan baik, kamu pun begitu. Jadi lebih fokuslah pada hidupmu sendiri agar orang lain juga paham bahwa ada batasan dalam kebaikan orang lain.

3. Belajarlah untuk menolak permintaan yang berlebihan 

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Lalu berlajarlah untuk menolak permintaan orang lain jika itu berlebihan dan di luar batas normal. Kamu gak perlu selalu menuruti kemauan orang lain hanya agar dilihat sebagai sosok yang baik hati. Apalagi jika sampai mengorbankan kepentinganmu sendiri demi orang lain.

4. Jangan mau dimanipulasi 

Pexels.com/Polina Zimmerman

Tips yang keempat agar kebaikanmu tidak dimanfaatkan orang adalah cobalah untuk lebih peka dan jangan mau dimanipulasi. Dunia ini tidak sebaik yang kamu kira, kamu harus tahu bahwa ada banyak sekali orang yang melakukan berbagai cara untuk memanipulasi pikiran orang lain agar dirinya dapat bergantung alias memanfaatkanmu. Jadi hati-hati, ya!

Baca Juga: 5 Kebaikan Ini Sebaiknya Gak Selalu Kamu Berikan pada Orang Lain

Verified Writer

afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya