Comscore Tracker

5 Cara Menghargai Kebaikan Orang Lain, Bukan Sekadar Terima Kasih 

Selain bilang terima kasih, lakukan 5 hal ini juga 

Kita senantiasa membutuhkan orang lain di sekitar kita, mulai dari keluarga, tetangga, teman-teman, bahkan orang yang gak dikenal. Pasti banyak bantuan dan kebaikan yang telah mereka berikan kepada kita, dan kita perlu menunjukkan penghargaan atas semua itu.

Cara paling sederhana untuk menghargai kebaikan orang adalah mengucapkan terima kasih dengan tulus. Tapi tentu tidak cuma itu. Siapa pun bisa bilang terima kasih, tapi orang yang benar-benar menghargai kebaikan orang lain pasti juga melakukan 5 hal berikut ini.

1. Menerima kebaikan orang lain 

5 Cara Menghargai Kebaikan Orang Lain, Bukan Sekadar Terima Kasih freepik/wavebreakmedia_micro

Terkadang, kita mungkin merasa sungkan untuk menerima kebaikan orang lain. Terutama kalau kebaikannya terbilang cukup besar, atau mungkin orang tersebut sebenarnya juga bukan orang yang kemampuannya berlebih. Tapi sebenarnya salah satu cara terbaik untuk menghargai kebaikan orang adalah dengan menerimanya.

Khususnya kalau orang tersebut telah meluangkan banyak waktu dan tenaga untuk mempersiapkan pemberiannya untukmu, jangan tolak pemberian tersebut, apa pun bentuknya. Kalau kamu menolak, itu malah menunjukkan bahwa kamu gak menghargainya, dan ia bisa merasa tersinggung. Maka jika orang lain menawarkan kebaikan padamu, hargailah dengan cara menerimanya.

2. Tidak mengeluhkan kekurangan dari pemberian orang lain 

5 Cara Menghargai Kebaikan Orang Lain, Bukan Sekadar Terima Kasih freepik/branin

Terkadang kita mungkin merasa bahwa kebaikan orang lain ternyata ada kekurangannya. Tapi tentu kita tidak boleh mengeluhkan hal itu. Misalnya temanmu membawakan oleh-oleh berupa baju dari luar negeri, tapi ternyata ukurannya tidak pas untukmu. Tunjukkan bahwa kamu menghargai kebaikannya dengan tidak protes atau mengeluh.

Kebaikan orang lain harusnya kita terima dengan penuh syukur, apalagi kalau dia memberikannya tanpa diminta. Kalau kamu mengeluh dan terdengar olehnya, ia bisa sakit hati dan tidak mau lagi memberikan apa-apa padamu. Bahkan, hubunganmu dengannya bisa rusak lho.

Baca Juga: 6 Sikap Ini Membuatmu Lebih Menghargai Orang Lain

3. Menggunakan dan merawat barang pemberian orang lain sebaik mungkin

5 Cara Menghargai Kebaikan Orang Lain, Bukan Sekadar Terima Kasih freepik/freepik

Kalau orang lain memberikan kebaikan berupa barang, kamu juga perlu menunjukkan penghargaan dengan cara menggunakan dan merawat barang tersebut. Dia pasti akan sangat senang melihat barang pemberiannya kamu gunakan dan rawat dengan baik.

Tapi bagaimana kalau barang tersebut memang tidak bisa kamu pakai, misalnya seperti contoh baju yang ukurannya tidak pas tadi? Kamu bisa minta izin kepadanya untuk memberikannya pada orang lain yang bisa memakainya. Kalau kamu menyebutkan alasannya dengan baik, dia pasti bisa mengerti dan tetap merasa dihargai meskipun barang pemberiannya gak kamu pakai.

4. Jika dipinjamkan sesuatu, kembalikan tepat waktu 

5 Cara Menghargai Kebaikan Orang Lain, Bukan Sekadar Terima Kasih freepik/freepik

Kebaikan juga bisa mencakup meminjamkan barang atau uang. Kalau kamu mendapatkan kebaikan semacam itu, tentu cara menghargainya adalah dengan mengembalikannya tepat waktu. Jika berupa barang, barang tersebut juga harus dirawat dengan baik. Jika barang itu rusak saat kamu pinjam, kamu juga harus memberikan ganti rugi kepadanya.

Urusan meminjamkan uang bisa lebih sensitif lagi, dan bisa menimbulkan pertengkaran kalau tidak segera dikembalikan. Maka jangan tunda membayar utang pada orang yang meminjamkan uang padamu kalau kamu memang sudah mampu mengembalikannya.

5. Membalas kebaikan orang lain sesuai kemampuan 

5 Cara Menghargai Kebaikan Orang Lain, Bukan Sekadar Terima Kasih freepik/wavebreakmedia

Last but not least, menghargai kebaikan orang juga perlu ditunjukkan dengan cara membalas kebaikan tersebut. Tentu jumlahnya tidak harus sama persis, cukup sesuai kemampuanmu saja. Bentuknya pun tidak harus sama. Misalnya temanmu memberikan barang, kamu bisa membalas dengan membantu mendengarkan curhatnya ketika dia ada masalah.

Dalam kehidupan sosial, saling memberi kebaikan adalah hal yang perlu dilakukan. Saat menerima kebaikan, kita perlu menunjukkan penghargaan dengan cara yang benar. Maka lakukanlah 5 hal di atas supaya orang lain tahu bahwa kamu benar-benar menghargai kebaikannya.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Sedang Tak Menghargai Diri Sendiri, Buruk untuk Hidupmu!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya