TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Fungsi Lilin Aromaterapi dengan Aroma Berbeda, Kurangi Stres & Cemas

Apalagi selama masa karantina, bakal lebih rileks dan fokus

unsplash.com/Storiès _______

Bagi sebagian besar orang, situasi pandemi Covid-19 bisa menjadi pemicu timbulnya stres dan kecemasan berlebih. Bahkan produktivitas hingga imun tubuh pun bisa ikut menurun. Nah, lilin aromaterapi bisa menjadi salah satu alternatif mengurangi kecemasan.

Berbeda dari lilin biasa pada umumnya, lilin aromaterapi mengandung minyak esensial murni dan 100 persen terbuat dari bahan-bahan alami sehingga benar-benar aman untuk digunakan setiap hari. Ada beberapa pilihan aroma lilin aromaterapi yang punya manfaat yang lebih spesifik bergantung pada jenis aromanya. Penasaran ada apa saja?

1. Aroma vanilla

catalystcollections.com

Lilin aromaterapi dengan wangi vanila merupakan salah satu yang paling populer dan dipilih oleh banyak orang. Dengan aroma vanila yang manis dan hangat, lilin aromaterapi vanila dipercaya dapat mengurangi kadar stresmu, lho. Selain itu, berdasarkan riset dan penelitian, wangi vanila punya efek menenangkan paling baik dibandingkan dengan wewangian lainnya.

Bahkan menurut laman Privacypop, wewangian vanila dinormalisasi menjadi bagian rutin dalam pemindaian MRI di Sloan Kettering Cancer Center, lembaga penelitian New York City.

2. Aroma lavender

Orami parenting

Wangi bunga lavender memang dibenci oleh nyamuk, namun keharumannya disukai manusia karena bisa memberi rasa tenang. Oleh karena itu, ekstrak bunga lavender nggak hanya bisa dijadikan sebagai bahan utama produk pengusir nyamuk, namun juga dipakai untuk membuat lilin aromaterapi.

Melansir dari Artnaturals, aroma bunga ini nggak hanya meredakan stres dan kecemasan, namun juga mengurangi depresi. Bahkan, wangi lavender juga dapat digunakan untuk mengobati sakit kepala dan insomnia, lho.

3. Aroma citrus (jeruk, lemon, dan buah-buahan lainnya)

pinterest.com

Aroma buah-buahan seperti jeruk, lemon, dan jenis grapefruit lainnya ternyata juga sangat populer di antara wewangian lilin aromaterapi lainnya. Wangi citrus yang kuat dan segar ternyata bisa membantu mencerahkan suasana hatimu dan meningkatkan konsentrasi.

Gak hanya itu, lilin aromaterapi dengan wangi buah lemon juga dipercaya bisa mengurangi rasa mual dan merevitalisasi pikiran serta tubuh kamu. Sehingga, kamu bakal merasa lebih fresh dan kembali bersemangat. Bagus buat memperbaiki mood kamu yang sering merasa bete selama masa karantina ini.

4. Aroma peppermint

pinterest.com/Splendid Serenity Shop

Hampir semua orang sudah familiar dengan wangi daun peppermint. Selain biasa diekstrak menjadi produk teh, aroma peppermint juga sering kita jumpai dalam berbagai produk lain seperti misalnya pasta gigi. Rupanya, harum daun peppermint dalam bentuk lilin aromaterapi juga banyak digemari orang, lho.

Pasalnya, wewangian peppermint dari lilin aromaterapi yang punya efek menenangkan dapat meredakan sakit kepala, nyeri otot, hingga masalah pencernaan yang diakibatkan oleh stres berlebih. Buat kamu yang senang menghirup wangi mint, lilin aromaterapi berbau peppermint bisa jadi opsi, nih.

5. Aroma cinnamon (kayu manis)

unsplash.com/Storiès _______

Kalau kamu hobi memasak atau kulineran, pasti kamu gak asing lagi dengan kayu manis. Cinnamon atau kayu manis memang termasuk salah satu bumbu dapur, aromanya yang lembut dan manis membuatnya sering digunakan sebagai bahan tambahan untuk memasak kue.

Ternyata, kayu manis juga menjadi favorit orang banyak saat memilih wewangian lilin aromaterapi. Aroma yang mengundang dari kayu manis dikenal dapat membantu mengurangi kegelisahan, rasa letih dan kelelahan. Cocok buat kamu yang justru lebih sering merasa lelah saat harus bekerja atau kuliah daring di rumah.

6. Aroma eucalyptus

pinterest.com

Kalau kamu menyukai bau minyak kayu putih, sudah pasti kamu akan menyukai lilin aromaterapi dengan wangi daun eucalyptus. Memiliki aroma mint yang menenangkan sekaligus meningkatkan semangat, aroma daun eucalyptus juga memiliki segudang manfaat lainnya terutama yang berkaitan dengan sistem pernapasan.

Wangi daun eucalyptus dari lilin aromaterapi bisa melancarkan hidung tersumbat. Selain itu aromanya juga dapat meredakan pilek, sinusitis, hingga alergi. Kamu yang sedang tidak enak badan dan butuh energi untuk tetap melanjutkan pekerjaanmu di rumah bisa memilih lilin aromaterapi ini.

Baca Juga: 6 Manfaat Shea Butter bagi Kulit, Melembapkan hingga Bantu Atasi Eksim

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya