TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Sederhana yang Bisa Kamu Lakukan untuk Menghadapi Masalah Berat

Percayalah bahwa semua masalah ada jalan keluarnya

Pixabay/josealbafotos

Kehidupan tidak selamanya dapat berjalan dengan mulus sesuai kehendakmu. Ada kalanya dan bahkan sering kali kamu diizinkan untuk mengalami suatu masalah yang terasa sangat berat.

Namun terlepas dari apa masalah yang sedang kamu hadapi saat ini, yakin dan percayalah bahwa segala sesuatu yang buruk pasti akan lewat karena setiap masalah juga pasti ada jalan keluarnya.

Inilah lima cara sederhana yang bisa kamu lakukan di saat kamu menghadapi masalah yang sangat berat dalam hidup. Disimak, ya!

1. Tenangkan dirimu sejenak

Pixabay/StockSnap

Jika kamu sedang menghadapi sebuah pergumulan hidup yang kamu rasa berat, coba carilah waktu untuk menenangkan dirimu sejenak saja. Jangan terlalu lama memanggul beban hidup sebab kamu tak akan kuat memanggulnya jika kamu tidak pernah berhenti sejenak.

Kamu butuh waktu untuk menenangkan diri supaya kamu dapat berpikir jernih untuk mencari solusi terhadap masalah yang tengah kamu hadapi saat ini. Hal ini dilakukan juga supaya pikiranmu tidak kalut dan liar yang justru akan menimbulkan pikiran-pikiran jelek yang dapat merugikan kamu.

Baca Juga: 5 Cara Bijak Menyikapi Kegagalan dalam Hidup, Semangat Lagi Yuk!

2. Jangan menarik diri dari lingkungan

Pixabay/Counselling

Memang tidak selamanya lingkungan sosial itu dapat mendukungmu, mirisnya bahkan bisa saja mereka itu malah membuatmu tambah stres dan depresi. Oleh sebab itu, ceritakanlah persoalanmu kepada orang yang benar-benar kamu percaya dan jika memang tidak ada, kamu bisa membicarakan masalahmu dengan psikolog.

Intinya, jangan menarik diri dari lingkungan. Pecayalah bahwa di luar sana masih ada yang sanggup untuk mendengarkanmu, bahkan jika itu adalah orang yang tidak kamu kenal sekalipun.

3. Jangan tinggalkan rasa syukur

Pixabay/StocSnap

Jika kamu masih bisa sedikit saja untuk bersyukur, maka kamu akan membuka mata bahwa ternyata bukan hanya kamu yang sedang menghadapi persoalan berat dalam hidup ini.

Memang tidak semua orang memiliki kekuatan yang sama untuk menanggung beban, namun sebaiknya kamu jangan sekalipun meninggalkan rasa syukurmu. Pikirkan hal-hal baik yang ada padamu saat ini. Kesehatan, keluarga, teman, atau bahkan hewan peliharaanmu.

Rasa syukur akan secara gak langsung dapat menambah kekuatan dan keyakinan dalam diri kamu, bahwa kamu pasti bisa melalui masalah yang tengah kamu hadapi.

4. Bercerminlah dan katakan pada dirimu sendiri bahwa kamu pasti bisa

Pixabay/geralt

Cara sederhana ini terbilang ampuh untuk menguatkan diri sendiri. Kamu bisa bercermin dan katakan pada diri sendiri bahwa kamu pasti bisa melewati ini semua dengan baik. Cara ini secara gak langsung dapat menghasilkan sugesti positif untuk pikiranmu sendiri.

Jangan khawatir tentang dirimu. Kamu gak gila, kok! Hampir semua orang pernah melakukan cara ini. Berbicara dengan diri sendiri di hadapan cermin merupakan cara sederhana untuk menumbuhkan semangat baru dalam hidupmu.

Baca Juga: 5 Bukti Bahwa Bukan Masalah Jika Hidup Tak Berjalan Sesuai Rencana

Verified Writer

Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya