TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Rahasia agar Selalu Produktif dan Tetap Bisa Terus Bahagia

Jauh dari tekanan!

pexels/Anthony Shkraba

Selalu mengerjakan dan menghasilkan sesuatu yang berguna atau yang biasa dikenal dengan sebutan produktif oleh sebagian orang dianggap sebagai sebuah kegiatan yang rentan banget bikin stres. Pasalnya, produktif ini sering banget disamakan dengan menghabiskan waktu yang dipunya untuk bekerja dan bekerja terus menerus. Seolah-olah menjadi produktif berarti kita gak punya waktu untuk beristirahat.

Nyatanya, produktif gak sama dengan memforsir diri untuk terus bekerja hingga kelelahan, lho. Menjadi produktif juga bisa dilakukan sambil bersenang-senang dan tetap membuat kita bahagia. Mau tahu caranya? Ini nih lima tips yang bisa kamu terapkan. 

1. Hargailah setiap proses yang kamu jalani

pexels/Gustavo Fring

Agar bisa produktif dan tetap bahagia, yang pertama harus diingat adalah bahwa kita gak fokus pada hasil akhir aja. Tapi, kita akan menghargai setiap proses yang sedang dijalani. Dengan begini, kita gak tertekan dan merasa harus meraih akhir yang diinginkan aja, tapi juga menikmati proses yang sedang berlangsung. 

Baca Juga: 5 Cara agar Cewekmu Nyaman & Bahagia, Tak Perlu Takut Ditinggal!

2. Mengapresiasi setiap pencapaian kecil

pexels.com/Bruce mars

Dalam prosesnya, ketika sedang melakukan atau mengusahakan sesuatu, tentu akan ada pencapaian-pencapaian kecil yang kita raih. Nah, ini semua harus diapresiasi dengan sebaik mungkin. Karena, jika bukan kita yang melakukannya, siapa lagi? Dengan apresiasi semacam ini, kita akan tetap bersemangat menaiki satu per satu anak tangga hingga tujuan kita tercapai. 

3. Jangan lupa untuk tetap bersyukur

pexels/Ibadah Mimpi

Produktif dari hari ke hari memang melelahkan, namun jika diisi dengan penuh rasa syukur maka semua pasti akan dapat dijalani dengan hati bahagia. Gak akan ada kegiatan yang indah dan menyenangkan jika dilakukan tanpa perasaan bersyukur. Makanya, bersyukur menjadi satu kunci yang gak boleh ditinggalkan. 

4. Selalu berikan afirmasi positif untuk diri sendiri

pexels/Thought Catalog

Setiap energi positif yang kita rasakan berasal dari dalam diri kita sendiri. Salah satunya adalah kata-kata atau afirmasi positif yang kita berikan pada diri kita. Setiap pagi ketika membuka mata, pastikan bahwa kita sudah dipenuhi dengan energi positif yang diri kita sendiri berikan. Maka, produktif gak akan menjadi beban. Coba aja kalau gak percaya, guys.

Baca Juga: 5 Tips agar Tetap Produktif dalam Bekerja Selama Puasa, Bermanfaat!

Verified Writer

Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya