TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Kamu Gak Bisa Sepenuhnya Membenci Seseorang, Dengar Hatimu!

Membenci cuma bikin capek, kan?

unsplash.com/Mikail Duran

Ibarat dua sisi koin yang selalu saling melengkapi, begitulah perasaan kita. Ada suka tentu juga ada benci. Ketika kita bisa dengan mudahnya menyukai seseorang, rasa benci pada orang lain juga bisa datang begitu saja.

Penyebab munculnya kebencian atau rasa gak suka ada bermacam ragamnya, entah itu karena dia jahat, suka berkata kasar, sifatnya yang gak baik, dan lain sebagainya. Namun, pada dasarnya kita gak pernah bisa membenci seseorang dengan sepenuhnya, lho. Ini dia alasannya.

1. Hati nuranimu pasti mengarahkan untuk gak membenci siapapun

unsplash/SHTTEFAN

Ketika terlahir di dunia ini, kita dibekali sebuah hati nurani yang selalu membimbing kita untuk melakukan hal-hal baik. Jika kamu mau mendengar kata hatimu ini, pasti deh sebenarnya kamu gak benar-benar membenci seseorang tersebut. Yuk biasakan mempertajam batin kita untuk mendengar hati nurani ini. 

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Boleh Membenci Secara Ekstrim Atas Suatu Hal  

2. Kamu tahu bahwa orang tersebut pasti punya masalah dalam hidupnya

unsplash/Ben White

Sebenci apapun kita pada seseorang, sejahat apapun orang tersebut, pasti mereka punya masalah dalam hidupnya. Atau jangan-jangan, kamu malah tau betul alasan orang tersebut berbuat hal-hal yang menyakiti hatimu itu. Nah kalau begini, rasa kasihan juga sebenarnya kamu rasakan padanya, kan?

3. Terkadang, kamu sebenarnya lupa sama rasa benci itu

unsplash/Alex Alvarez

Ketika seseorang berbuat sesuatu yang membuat kita membencinya mati-matian, sebenarnya ada kalanya kita justru lupa pada perbuatannya itu kan? Pada saat-saat seperti ini, kita sebenarnya bisa bersikap netral dan gak membenci orang tersebut sepenuhnya. 

4. Lagipula, membenci seseorang cuma bikin kamu capek sendiri, kan?

unsplash/Zohre Nemati

Dilihat dari sudut pandang manapun, membenci seseorang cuma bikin kamu capek sendiri. Pertama, orang itu mungkin gak sadar bahwa kamu membencinya. Atau kedua, orang itu gak peduli sama sekali walaupun kamu membencinya sampai muak. Kalau sudah begini, jadi capek sendiri deh. 

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Membenci Musuh Gak Selamanya Baik

Verified Writer

Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya