Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Gak Boleh Membenci Secara Ekstrim Atas Suatu Hal  

Jangan mudah menghakimi orang lain hanya karena berbeda

Kebencian pasti dimiliki setiap orang. Bisa terhadap tindakan, perilaku, barang, atau tempat tertentu. Rasa benci atau tidak suka terhadap sesuatu adalah hal yang wajar. Namun rasa benci tidak bisa terus dibiarkan. Apalagi rasa benci yang ekstrim kepada suatu hal, atau sangat radikal. Rasa benci yang sangat ekstrim ditunjukkan dengan keinginan untuk menyerang bahkan menghilangkan obyek kebencian tersebut.

Seringkali kebencian yang ekstrim disebabkan sebuah perbedaan Padahal perbedaan adalah hal yang lumrah dalam hidup kita. Bukankah tidak semua yang kita yakini akan sama seperti orang lain? Dibawah ini terdapat 5 alasan kenapa kamu tidak boleh membenci secara ekstrim terhadap suatu hal.

1. Kebencian membuat hilangnya rasa toleransi

5 Alasan Kamu Gak Boleh Membenci Secara Ekstrim Atas Suatu Hal  Unsplash/Raychan

Rasa toleransi sangat penting dalam menghargai perbedaan. Belajar toleransi membuat kita lebih mementingkan perasaan orang lain daripada ego yang kita miliki. Tidak jarang toleransi merupakan didikan yang harus dibentuk sejak dini agar terhindar dari kebencian terhadap sebuah perbedaan. 

Kebencian yang ekstrim justru akan menghilangkan rasa toleransi. Hilangnya rasa empati dan simpati terhadap apa yang dipercayai orang lain adalah kesalahan. Jika rasa toleransi sudah hilang, seseorang akan sulit berbaur dengan lingkungan sosialnya. Bisa saja kamu diasingkan atau tidak diterima lagi dalam lingkunganmu.

2. Asal muasal permusuhan

5 Alasan Kamu Gak Boleh Membenci Secara Ekstrim Atas Suatu Hal  Unsplash/Francisco Gonzalez

Rasa tidak suka yang ekstrim adalah penyebab munculnya permusuhan antara satu golongan dengan golongan yang lain, sehingga terbentuk “kotak-kotak” dalam kelas sosial. Kebencian yang ekstrim menumbuhkan rasa untuk menyerang atau menghilangkan kelompok lain yang berbeda pemahaman. Dari sini muncul permusuhan dan kecenderungan untuk berkompetisi yang tidak sehat.

Padahal kita  tidak boleh mengganggu kenyamanan orang lain hanya untuk kepuasa ego kita semata. Kamu boleh tidak menyukai sesuatu, namun bukan berarti kamu bisa semena-mena terhadap pilihan orang lain ya.

3. Sulit terbuka terhadap sesuatu hal yang baru

5 Alasan Kamu Gak Boleh Membenci Secara Ekstrim Atas Suatu Hal  Unsplash/ Nik Shuliahin

Orang-orang yang dipenuhi rasa benci adalah orang-orang yang sulit terbuka terhadap sebuah permasalahan. Terutama untuk hal-hal baru yang menurutnya tidak sesuai dengan cara lama. Orang-orang tersebut sering disebut konservatif. Bukannya menyesuaikan dengan perubahan yang terjadi, kebencian membuatnya membatasi untuk beradaptasi terhadap perubahan. Jangan sampai kamu mudah membenci sesuatu karena kebencian mudah tertular dan menyempitkan sudut pandang.

Baca Juga: 6 Tanda Kamu Alami Self Loathing, Terlalu Membenci Diri Sendiri

4. Membenci tidak akan merubah atau menyelesaikan apapun

5 Alasan Kamu Gak Boleh Membenci Secara Ekstrim Atas Suatu Hal  Pexels/Pixabay

Jika kamu masih sangat membenci suatu hal, sebenarnya apa yang kamu peroleh dari rasa benci tersebut? Seseorang yang membenci tidak akan mendapat apapun, selain rasa puas yang sementara. Terkadang kita mengorbankan apapun untuk merasa bahwa apa yang sudah kita lakukan itu benar. Kebencian membuat kita kehilangan waktu yang terbuang sia-sia, dan hilangnya kepercayaan kepada orang lain. Bukankah ada hal baik yang seharusnya mesti dilakukan daripada terus mengumbar kebencian?

5. Apa yang kamu percayai bisa saja salah

5 Alasan Kamu Gak Boleh Membenci Secara Ekstrim Atas Suatu Hal  Unsplash/Yuris Alhumaydy

Kebenaran adalah sebuah hal yang objektif, bisa saja apa yang kamu percayai salah. Kamu bisa termakan dengan peribahasa ‘menjilat air liur sendiri’ atau menerima kembali apa yang pernah kamu tolak. Kamu bisa jadi orang yang tidak konsisten dan tidak tahu malu. Karena itu sebelum terlambat kamu perlu mengendurkan rasa bencimu sebelum benar-benar parah. Setiap informasi perlu dilakukan validasi dan konfirmasi lagi. Jika masih ragu dengan apa yang kamu percaya lebih baik jangan sok benar dengan berani menyalahkan orang lain. 

Tidak ada alasan kenapa kamu harus membenci ekstrim suatu hal. Jika kamu tidak suka terhadap sesuatu cukup simpan saja, dan jangan mempengaruhi orang lain untuk ikut membencinya. Kamu boleh membenci asalkan dengan batas yang wajar. Kebencian yang ekstrim bisa merusak dirimu sendiri.

Baca Juga: 6 Alasan Mengapa Kamu Gak Boleh Membenci Masa Lalu Pasangan yang Kelam

thariq bintoro Photo Verified Writer thariq bintoro

hallo selamat membaca

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya