TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bukan Harta Melimpah, 5 Hal Ini Tunjukkan Bahwa Kamu Sudah Sukses

Kesuksesan bukan melulu soal kekayaan

pexels.com/i love simple beyond

Pengertian sukses yang sangat objektif membuat siapa saja bebas punya definisi suksesnya masing-masing. Jika definisi sukses hanya berpatokan pada satu hal saja, maka akan sangat banyak orang di dunia ini yang tidak mencapai kebahagiaannya. Karena hal itu pula lah, kita sangat tidak disarankan untuk memandang rendah mimpi, pekerjaan, ataupun tujuan hidup orang lain.

Setiap orang punya prioritas yang berbeda-beda. Pun begitu pula dengan pencapaian yang ingin diraih. Namun, ada 5 hal utama nih yang jadi patokan penting untuk menunjukkan apakah kamu sudah sukses, atau belum.

1. Sudah lebih baik dibanding dirimu di masa lalu

unsplash/Nijwam Swargiary

Tanda pertama bahwa kamu sudah sukses adalah perubahan yang terjadi padamu secara sikap dan pola pikir. Jika kamu sudah menjadi pribadi yang lebih baik dibanding dirimu di masa lalu, maka bisa dibilang kalau kamu sudah mendekati definisi sukses yang sesungguhnya. Gak semua orang bisa menjadi lebih baik, lo. Jika kamu sudah mengalami hal ini maka kamu patut banget untuk bersyukur dan gak berhenti membawa diri ke arah yang lebih baik.

2. Sudah tidak takut pada kegagalan

unsplash/Ben White

Orang yang sukses, adalah mereka yang sudah tidak lagi takut pada kegagalan. Bukan karena semua hal yang dia lakukan selalu berhasil, tapi karena kegagalan adalah sesuatu yang bukan lagi menjadi momok dalam hidupnya. Justru, dia mencari-cari kesempatan untuk melakukan hal baru dan mengalami kegagalan hanya agar mendapat pelajaran berharga dalam hidup.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Ini Bisa Menghalangi Kesuksesanmu, Jangan Lakukan Lagi

3. Selalu siap dengan perubahan

unsplash/Priscilla Du Preez

Seorang yang sukses, selalu siap dengan perubahan. Baginya, perubahan justru mengantarkan dia pada peluang baru, kesempatan baru, dan keberhasilan yang baru. Perubahan bagi orang yang sudah sukses merupakan gerbang yang membuat dia semakin termotivasi untuk menciptakan sesuatu yang belum pernah dia coba sebelumnya.

4. Hidup bebas tanpa perasaan tertekan

unsplash/KAL VISUALS

Definisi sukses lainnya adalah perasaan bebas. Bebas disini maksudnya yaitu benar-benar tanpa merasa tertekan, baik itu secara internal dari dirinya sendiri, maupun eksternal dari orang lain. Gak banyak lo orang yang bisa merasakan perasaan ini. Jika kamu sudah pernah atau malah sedang merasakannya, selamat deh, itu tanda salah satu kesuksesan hidup sedang kamu rasakan.

Baca Juga: 5 Cara Mengelola Pikiran Agar Tidak Menjadi Penghalang Kesuksesan

Verified Writer

Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya