TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal Wajib Diingat Saat Beri Afirmasi Positif ke Diri Sendiri

Jangan gunakan kata 'tidak'!

ilustrasi seseorang tersenyum (pexels.com/Luis Fernandes)

Memberikan afirmasi positif kepada diri sendiri adalah kebiasaan baik yang bermanfaat. Terutama dalam hal membangun kepercayaan diri, mengatasi rasa takut, dan meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan. Saat kita memberikan afirmasi positif, kita memberikan pesan-pesan yang memperkuat dan mendorong pikiran dan perasaan positif dalam diri kita.

Akan tetapi, penting juga bagi kita untuk melakukan hal ini dengan cara yang efektif dan bermakna. Ini, nih lima hal yang harus diperhatikan saat memberi afirmasi positif kepada diri sendiri agar benar-benar bisa nampak hasilnya. Simak dan praktikkan, ya.

Baca Juga: 5 Afirmasi Positif Terbiasa Berdoa, Hidup Jadi Lebih Damai!

1. Harus spesifik dan jujur 

ilustrasi seseorang tersenyum (pexels.com/Tristan Le)

Saat memberikan afirmasi positif, penting banget untuk menjadi spesifik dan jujur. Identifikasi kualitas dan pencapaian positif yang nyata dalam dirimu. Misalnya, alih-alih hanya mengatakan, "Saya adalah orang yang hebat," coba katakan hal-hal konkret yang telah kamu capai dan mengapa kamu merasa bangga dengan diri sendiri.

Menjadi jujur ​​dalam afirmasi yang kamu katakan juga penting untuk membangun dasar kepercayaan yang kuat. Sehingga gak ada keraguan tersisa dalam dirimu.

2. Gunakan pilihan kata yang  positif dan menginspirasi 

ilustrasi seseorang tersenyum (pexels.com/Min An)

Saat memberikan afirmasi positif, pilih kata-kata yang menggambarkan pemikiran dan perasaan yang positif. Gunakan kata-kata yang memberi energi dan membangkitkan semangat. Hindari kata-kata negatif atau pengingkaran dalam afirmasimu.

Sebagai contoh, ketimbang mengatakan, "Saya tidak akan gagal," katakanlah, "Saya mampu mengatasi tantangan dan mencapai kesuksesan." Hindari kata tidak, tidak boleh, jangan, dan lainnya yang bernada negatif. Gantilah dengan kalimat dalam bentuk positif.

Baca Juga: 5 Manfaat Afirmasi Diri, Bertindak Lebih Positif

3. Rasakan emosi yang positif  

ilustrasi seseorang bersedih (pexels.com/THIS IS ZUN)

Kunci dari afirmasi positif yang efektif adalah merasakan emosi positif yang terkait dengan afirmasi tersebut. Jangan hanya mengucapkannya tanpa perasaan. Ketika kamu memberikan afirmasi positif, bayangkan dirimu mengalami perasaan bahagia, percaya diri, atau berhasil. Rasakan emosi itu dengan sepenuh hati. Sebab, perasaan itu akan memperkuat pesan yang kamu berikan kepada diri sendiri.

4. Ulangi secara konsisten

ilustrasi seseorang sendirian (pexels.com/Oleksandr Pidvalnyi)

Konsistensi adalah kunci dalam mengubah pola pikir dan meresapi afirmasi positif. Ulangi afirmasimu secara teratur dan konsisten. Bisa dilakukan setiap hari, di pagi hari sebelum memulai aktivitas atau saat kamu merasa butuh dorongan tambahan.

Dengan mengulangi afirmasi secara teratur, pikiran positif tersebut akan menjadi bagian dari pola pikir dan kepercayaan dirimu. Sebab jika hanya mengatakannya sekali, bagaimana kamu bisa meyakininya sepenuh hati?

Baca Juga: 5 Dampak Jika Kurang Memberi Afirmasi Positif ke Diri Sendiri

Verified Writer

Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya