TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Hindari Orang yang Selalu Pesimis, Ini 6 Alasan Logisnya 

Demi kebaikan kamu sendiri juga, lho

unsplash/@chesterwood

Apakah kamu punya kenalan seseorang yang selalu pesimis dan setiap kali dia curhat isinya tentang keluhan soal hidupnya mulu? Duh, pasti males banget kan menghadapi orang seperti ini? Bukannya kamu teman yang jahat, tapi orang seperti itu memang harusnya kamu hindari lho.

Kecuali kamu yakin bisa memberinya nasihat dan membuatnya berubah, maka mungkin kamu bisa bertahan dengan orang seperti ini. Tapi jika tidak, berteman dengan orang seperti ini dalam waktu lama hanya akan merugikan dirimu sendiri, terutama karena 6 hal berikut ini nih.

1. Kamu akan tertular sikap pesimis tersebut

unsplash/@noahbuscher

Percaya atau tidak sikap pesimis bisa menular, lho. Jika kamu membiarkan dirimu terjebak dengan orang pesimis, lama kelamaan kamu akan memiliki sifat yang serupa. Kalau sudah begini, kamu akan sulit berubah. Bukankah kita semua tau bahwa sikap pesimis itu sangat gak baik?

Baca Juga: 5 Tanda Ini Buktikan Kamu Masih Tergolong Orang yang Pesimis

2. Mereka selalu punya masalah, bahkan ketika diberikan solusi

unsplash/@yoelpetterson

Orang-orang dengan pemikiran pesimis selalu merasa hidupnya diliputi masalah. Bahkan, jika kamu memberikan saran bijak padanya, mereka selalu akan punya masalah lain dari solusi tersebut.

Lebih parah lagi, sebelum saran itu mereka lakukan pun, mereka sudah memikirkan masalah lain yang belum tentu akan muncul. Ribet banget kan? Yakin kamu sanggup menghadapi orang seperti ini?

3. Mereka juga selalu punya alasan untuk menolak melakukan perubahan

unsplash/@mrrrk_smith

Karena sudah pesimis duluan, orang-orang seperti ini biasanya menolak untuk melakukan perubahan. Mereka memiliki ketakutan yang besar jika harus keluar dari zona nyaman dan melakukan hal baru yang penuh tantangan. Bagi mereka, itu hanya akan menjadi sumber masalah baru, padahal yang lama juga belum terselesaikan.

4. Ujung-ujungnya gak akan ada kemajuan dalam hidupmu jika selalu bersama orang seperti ini

unsplash/@andrewtneel

Jika kamu meneruskan pertemanan dengan orang jenis ini kamu sendiri juga gak akan mengalami perubahan. Bagaimana bisa berubah jika kamu terus melakukan kebiasaan lama dan mengulang rutinitas yang sama? Bukankah kemajuan hanya akan terjadi jika kita melakukan sesuatu dan mengusahakannya?

5. Sampai pada akhirnya kesuksesan susah kamu raih

unsplash/@armedshutter

Hayo, mau gak kalau kesuksesanmu jadi tertunda gara-gara orang pesimis di sekitarmu ini? Jika gak, ada baiknya kamu mulai menjaga jarak dan menyibukkan diri dengan orang-orang yang lebih positif dan bisa mengajakmu melakukan perubahan. Sedikit tantangan gak akan masalah kok, selama kesuksesan semakin dekat.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini Biar Lebih Optimis Hadapi Masa Depan

Verified Writer

Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya