TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Harus Bangkit, 7 Cara Ini Dapat Atasi Trauma Pasca Alami Kecelakaan 

Semoga dapat pulih dari rasa trauma

Unsplash/Bambi Corro

Setiap orang pastinya tak ingin menjadi korban dalam sebuah kecelakaan transportasi. Namun, jika itu telah terjadi yang tersisa bagi mereka yang selamat salah satunya adalah rasa trauma. Agar rasa trauma itu tidak menjadi beban maka perlu diatasi dengan tujuh cara berikut ini.

1. Jangan lelah berdoa

unsplash/rawpixel

Mendekatkan diri dengan berdoa kepada Sang Pencipta bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi rasa trauma yang kerap muncul. Dengan berdoa, seseorang akan lebih tenang dan tak lagi memikirkan kejadian buruk yang pernah menimpa. Meskipun ingatan tersebut dapat muncul setiap saat namun setidaknya rasa takut yang dirasakan bisa berkurang melalui doa.

2. Sadari bahwa kejadian itu telah berlalu

pixabay/Free-Photos

Meyakinkan kepada diri sendiri bahwa semua peristiwa itu adalah masa lalu menjadi hal yang penting untuk mengatasi trauma. Namun, bukan berarti ini adalah cara untuk benar-benar melupakan kejadian di waktu lalu. Dengan berusaha keras melupakan akan menjadi bumerang yang akan makin memperparah rasa trauma terhadap kejadian kecelakaan.

3. Mensyukuri keadaan yang ada saat ini

pixabay/leninscape

Menjadi korban sebuah kecelakan memang bukan hal mudah. Rasa sedih karena mengalami kerugian secara fisik, materi dan psikis jadi beban dalam menjalani hidup. Namun, dengan mensyukuri kondisi yang ada saat ini sedkit banyak dapat membuat diri lebih tenang dan percaya bahwa kehidupan akan berjalan lebih baik lagi.

Baca Juga: Belajar Moveon dari Han Yoora, Biar Sukses Lupakan Trauma Masa Lalu

4. Cari kesibukan yang positif

unsplash/rawpixel

Terpaku pada trauma yang diderita akan menghabiskan waktu dan tenaga yang harusnya bisa dimanfaatkan untuk hal positif. Mengikuti kegiatan sosial ataupun mengerjakan hobi yang selama ini disuka dapat mengalihkan pikiran dari rasa luka yang didapat dari kecelakaan yang menimpa di masa lalu.

5. Fokus pada memori yang membuat diri sendiri senang

unsplash/rawpixel

Kondisi berat yang dijalani korban pasca kecelakaan membuat mereka sulit lepas dari bayang-bayang kejadian kelam itu. Alhasil, pikiran buruk pun kerap muncul dan membuat rasa trauma kian menjadi. Berfokus pada memori yang menyenangkan bisa meringankan beban pikiran korban akan trauma yang mereka alami.  

Sebisa mungkin korban diajak untuk mengingat momen ketika mencicipi makanan favorit ataupun film yang membuatnya tertawa agar rasa sedih dan traumatis tak lagi memberatkan.

6. Selalu kendalikan emosi

pixabay/brenkee

Terkadang seseorang yang jadi korban dari suatu kecelakaan acapkali terbawa emosi. Hal ini dapat terjadi karena pikiran mereka tidak tenang. Untuk itu diperlukan pengendalian emosi agar hal buruk tak lagi menimpa mereka. Menarik napas sebelum melakukan sesuatu bisa jadi cara sederhana untuk mereka dalam meredam emosi

Baca Juga: 4 Langkah Jitu Hilangkan Trauma Bully Ketika Sekolah

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya