TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Mengapa Harus Memiliki Mindset Positif, Lebih Bahagia

Let’s spread positive vibes!

Ilustrasi wanita tersenyum bahagia (pexels.com/Pelageia Zelenina)

Memiliki kebiasaan berpikir positif atau positive mindset sangat bermanfaat bagi diri sendiri bahkan orang di sekitar kita. Sebuah kebiasaan yang harus dilakukan untuk menjaga keseimbangan fisik dan mental. Berpikir positif akan mengubah energi negatif menjadi energi positif yang akan berpengaruh pada perilaku seseorang. Mengapa kita harus berpikir positif? Yuk, simak lima alasan  berikut.

1. Merilekskan pikiran dan tubuh

Ilustrasi wanita santai membaca buku (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Salah satu cara untuk menyeimbangkan fisik dan mental adalah dengan mengatur pola pikir atau mindset. Berpikir positif ke depan tentang semua yang telah terjadi atau bahkan tentang segala sesuatu yang belum terjadi dapat menghilangkan kecemasan yang timbul sehingga menjadikan tubuh dan pikiran rileks.

Seseorang yang terus menerus berpikir negatif secara otomatis akan dipenuhi dengan kecemasan dan kekhawatiran dan hal negatif lainnya. Tubuh yang mendapat energi negatif akan merespons buruk dengan tubuh menjadi lemas.

Baca Juga: 5 Alasan Mampu Mengendalikan Pikiran Negatif Bikin Bahagia

2. Menurunkan tekanan darah

Ilustrasi wanita sedang joging (pexels.com/Pixabay)

Seseorang yang sering marah cenderung memiliki tekanan darah yang tidak stabil dan berisiko mengalami hipertensi. Ketika tekanan darah naik maka akan menyebabkan tingkat stres meningkat.

Dalam hal ini, dengan menjaga pola pikir tetap positif berdampak pada ketenangan mental yang menjadikan tekanan darah lebih stabil dan normal. Oleh karena itu, seseorang yang terus menyimpan negative mindset akan lebih berisiko mengalami hipertensi.

3. Meningkatkan fokus

Ilustrasi wanita sedang meditasi (pexels.com/Natalie)

Kekuatan pikirannya nyatanya memiliki dampak yang besar dalam menentukan sikap dan menjaga keseimbangan mental. Berpikir positif bukan hal yang mudah namun dapat dilakukan jika dilatih perlahan. Jika dibiasakan secara konsisten akan menjadikan kebiasaan baik.

Terus menjaga mindset tetap positif akan membuat  otak menstimulus  baik tubuh dengan tingkat fokus tinggi. Dengan fokus yang terbentuk akan lebih mudah dalam memutuskan suatu hal atau masalah yang sedang dihadapi. Kesadaran dan kewaspadaan akan meningkat beriringan, begitu pula sebaliknya. Stay positive!

4. Menjadi lebih open-minded

Ilustrasi orang sedang berbincang (pexels.com/cottonbro)

Adanya ketenangan dan kenyamanan yang tumbuh dari berpikir positif membuat seseorang memiliki pandangan terbuka dalam menyikapi suatu hal. Dalam jangka panjang, ia tidak akan terpaku satu hal karena memiliki berbagai pandangan dan lebih memahami keadaan diri sendiri dalam sudut pandangnya.

Memiliki berbagai sudut pandang tertentu tentu dapat mengajarkan apa saja yang perlu dilakukan jika berada pada posisi tertentu. Seseorang akan lebih cepat mengambil keputusan yang tepat ketika sudah memahami keadaan.

Baca Juga: 5 Cara Biar Biasa Berpikir Positif, Tenang di Bawah Tekanan

Verified Writer

Dewi Septiyani

a girl who loves paint, write and traveling

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya