TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Dampak Buruk Ini akan Dialami Oleh Kamu yang Sensitif Akut

Kamu bisa belajar untuk mengendalikan diri 

unsplash.com/Eric Ward

Orang dengan hati sensitif cenderung suka memikirkan segala hal secara mendalam, itulah sebab mengapa mereka mudah merasa terbebani dengan perasaannya sendiri. Terbiasa suka tenggelam dan larut dalam pemikiran berlebihan kadang bisa menjadi beban mental tersendiri bagi mereka.

Lalu apa saja dampak buruk yang akan dirasakan oleh mereka yang punya hati sensitif? Simak berikut lima di antaranya.

1. Mudah terluka pada hal-hal kecil

unsplash.com/Sasha Freemind

Seperti yang kita tahu bahwa orang sensitif cenderung mudah memasukan setiap perkataan maupun tindakan orang lain kedalam hati. Itulah sebab kenapa dirinya mudah sekali terluka pada hal-hal kecil bahkan sepele. Karena sifatnya yang lebih sensitif terhadap kritik gak jarang mereka sering merasa terbebani dan kewalahan sendiri dalam mengendalikan perasaannya. Hal ini jugalah yang membuat mereka akhirnya menjadi rentan mengalami masalah mental.

Baca Juga: Bukan Terlalu Sensitif, Malahan Wajar jika 5 Sikap Ini Membuatmu Marah

2. Overthinking setiap saat

unsplash.com/Crishtoper Campbell

Biasanya orang dengan hati sensitif cenderung mudah overthinking dan bereaksi berlebihan ketika sedang menanggapi suatu persoalan. Bahkan dalam menanggapi sebuah kejadian, mereka akan terlebih dulu memikirkan kemungkinan buruk dibanding mencoba berpikir positif sebelum peristiwa tersebut terjadi. Itulah kenapa mereka mudah sekali merasa gelisah dan cemas, karena sifatnya yang suka berpikir berlebihan dalam menanggapi setiap momen yang terjadi dalam dirinya.

3. Kesulitan beradaptasi dengan orang-orang di lingkungan sekitarnya 

unsplash.com/Priscilla Du Preez

Dan kendala lain yang kerap dialami oleh mereka yang punya hati sensitif adalah mudah mengalami kesulitan dalam beradaptasi dengan orang-orang disekitarnya. Karena sifatnya yang lebih sensitif dengan perkataan dan tindakan orang lain pada akhirnya mereka memilih untuk menjauh dari keramaian dan tak ingin banyak terlibat dalam interaksi sosial. 

4. Gampang merasa sedih dan kesepian 

unsplash.com/Andrew Neel

Selalu merasa bila orang lain tidak benar-benar bisa memahami dan mengerti isi hatinya membuat mereka lebih senang menghabiskan waktu dengan menyendiri daripada memilih berkumpul dengan teman-temannya. Hal ini dilakukan karena mereka gak ingin mendapati hatinya terluka terus menerus, sehingga dampaknya mereka jadi sering merasa sedih dan kesepian.

Baca Juga: Stop Overthinking! Ini 5 Alasan Kenapa Kita Perlu Bersikap Masa Bodoh

Verified Writer

Dewi Ginan

Hanya penulis receh ✍ IG : @dewinner93

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya