TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Menjalani Hidup tanpa Khawatir Berlebihan

Coba lebih santai, yuk!

Ilustrasi khawatir (by MART PRODUCTION on Pexels)

Memiliki target atau cita-cita merupakan hal yang positif. Namun, jika hal tersebut membuat hidupmu terasa berat dan selalu dihantui kekhawatiran atas hal-hal yang sebenarnya belum tentu akan terjadi, mungkin cara pandangmu perlu diubah. 

Kamu bisa, kok, tetap berproses dengan santai. Yuk, ingat 5 hal ini agar kamu bisa menjalani hidup tanpa khawatir berlebihan!

1. Hidup bukan perlombaan 

Ilusrasi kompetisi (by RUN 4 FFWPU on Pexels)

Sosial media seringkali membuat kita mudah menilai rendah diri sendiri. Melihat pencapaian orang lain rasanya luar biasa, sedangkan diri ini seperti jalan ditempat. Padahal, apa yang kita lihat di sosial media hanya sebagian kecil dari kehidupan orang lain. Perlu diketahui, bahwa hidup bukan adu lari. Semua memiliki alur masing-masing.

Jika temanmu lanjut kuliah ke luar negeri atau mungkin berkeluarga, kamu tidak harus ada di jalur yang sama. Bisa jadi, jalan ceritamu adalah karier yang gemilang. Fokuslah pada apa yang ada di hadapan! Tidak perlu menyesali apa yang tidak dimiliki. 

2. Omongan orang lain tidak bisa dijadikan tolak ukur 

Ilustrasi berbincang (Photo by Tirachard Kumtanom on Pexels)

Omongan orang lain merupakan hal yang sulit dihindari. Terlebih jika hidup kita tidak sesuai dengan idealismenya. Namun, kita bisa mengendalikan diri untuk tidak terpengaruh oleh omongan tersebut. Alur hidup yang berbeda, pastinya membuat setiap individu memiliki prioritas dan idealisme yang berbeda pula. Itulah sebabnya omongan orang lain tidak bisa dijadikan tolak ukur dalam kehidupanmu.

Baca Juga: Ini 5 Alasan Kamu Gak Perlu Khawatir walau Bekerja Gak Sesuai Passion

3. Segalanya akan baik-baik saja

Ilustrasi baik-baik saja (by Anna Shvets on Pexels)

Coba lihat lagi ke belakang! Ingat-ingat, berapa banyak masalah yang pada awalnya kamu anggap berat, namun akhirnya berhasil terlewat? Yap, kali ini pun sama! masalah yang kamu hadapi saat ini, pasti akan berujung. Iringi usahamu dengan kelapangan hati agar masalah yang dihadapi tidak terasa terlalu berat.

4. Kesehatan mental itu penting 

Ilustrasi sehat (by Pixabay on Pexels)

Sama pentingnya dengan kesehatan fisik, kesehatan mental pun perlu dijaga dengan tidak berpikir berlebihan. Kamu boleh mengambil jeda agar tidak terganggu oleh hal-hal yang dapat menjadi beban pikiran. Misal, dengan menghindari sosial media, berpergian sendiri, atau melakukan apa pun yang dapat menenangkan dan menyenangkan dirimu.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Rasa Khawatir Milenial tentang Masa Depan

Verified Writer

Dhini Chalista

Dinilai sebagai pendiam oleh banyak orang, namun sebenarnya memiliki isi kepala yang cukup berisik.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya