TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Cara Redakan Stres di Tengah Pandemik Corona dengan Jin Shin Jyutsu

Sangat mudah dipraktikkan, lho!

IDN Times/Rizka Yulita

"Anxiety is a new virus," celetuk Psikolog dan Founder MS Wellbeing Center, Rosdiana Setyaningrum di Popmama Online Class bertema "Mengatasi Kecemasan Psikologis akibat COVID-19" (21/3) lalu.

Menghadapi pandemik COVID-19, perasaan cemas dan stres jadi sulit dihindari. Berikut ini enam cara redakan stres di tengah pandemik virus corona dengan Jin Shin Jyutsu. 

1. Memahami definisi kecemasan dan dampaknya pada kondisi fisik

IDN Times/Rizka Yulita

Sebagai pemateri dalam online class tersebut, Rosdiana mengawali dengan edukasi tentang definisi rasa cemas.

Kecemasan merupakan gangguan psikologis berupa rasa takut dan kekhawatiran terhadap sesuatu yang belum pasti. Ini berbeda dengan definisi ketakutan yang lebih spesifik mengarah pada hal-hal yang sudah pasti, seperti takut gelap misalnya.

Kecemasan berlebih jika tidak dikendalikan, akan menyebabkan gangguan fungsi fisik seperti otot menegang, detak jantung kacau, tekanan darah meningkat, pusing, mual, hingga turunnya imunitas tubuh.

Biar tetap tenang meski harus selalu waspada di tengah pandemik COVID-19, Rosdiana memaparkan metode self help Jin Shin Jyutsu asal Jepang yang dikembangkan di Amerika Serikat. Simak enam langkah lengkapnya di bawah ini.

2. Genggam ibu jari untuk redakan kecemasan

Pexels/Lukas

Pada prinsipnya, Jin Shin Jyutsu adalah metode self help dengan cara mentransfer energi terhadap emosi yang kita rasakan dengan cara menyentuh jari tangan. Tiap jari merepresentasikan perasaan yang berbeda-beda.

Pertama, genggam ibu jari tangan kanan dengan tangan kiri. Genggam dengan lembut, tidak perlu kuat-kuat. Rasakan denyut dalam genggaman tersebut sambil bernapas teratur. Ambil napas dalam-dalam, lalu embuskan perlahan.

Beberapa orang lebih nyaman melakukannya dengan mata tertutup. Kamu pun bisa mencobanya jika dirasa lebih rileks dengan kondisi ini.

Ibu jari terhubung dengan perasaan cemas. Tiap kali kamu merasa cemas, lakukanlah metode ini!

3. Genggam jari telunjuk untuk redakan rasa takut

Pexels/Min An

Berikutnya adalah treatment pada jari telunjuk untuk meredakan rasa takut. Caranya sama seperti saat menggenggam ibu jari.

Baca Juga: Tarik Napas, 5 Hal yang Harus Kamu Ingat Saat Merasa Cemas Berlebihan!

4. Genggam jari tengah untuk redakan rasa marah

Pexels/Daria Shevtsova

Lakukan metode Jin Shin Jyutsu pada jari tengah jika emosimu didominasi oleh rasa marah. Caranya sama seperti yang sudah dijelaskan pada tahap pertama.

5. Genggam jari manis untuk redakan rasa sedih

Pexels/Maria Gulyaeva

Emosi negatif yang biasanya menyebabkan timbulnya stres adalah kecemasan, takut, marah, dan kesedihan. Nah, genggamlah bagian jari manis jika kesedihan terus meliputi perasaanmu dan sulit dinetralisir!

6. Genggam jari kelingking untuk redakan rasa lelah

pexels.com/pixabay

Kelelahan juga kadang menjadi pemicu stres dan timbulnya kecemasan, lho! Lakukan gerakan menggenggam jari kelingking saat tubuhmu terasa begitu lelah.

Baca Juga: Lawan COVID-19, Psikolog: Jangan Cemas Agar Imun Tubuh Terjaga

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya