TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

2 Doa Berbuka Puasa Qadha yang Sesuai dengan Ajaran Rasulullah SAW

Yuk, simak baik-baik bacaan dan hukum doa berbuka puasa

ilustrasi membaca niat puasa (pexels.com/Monstera)

Puasa qadha adalah puasa yang dikerjakan untuk mengganti utang puasa di bulan Ramadhan yang disebabkan oleh sakit, haid, bepergian, dan masih banyak lainnya. Seringnya, puasa qadha dikerjakan di hari Senin dan Kamis atau bisa juga disebut puasa Senin dan Kamis.

Namun, hingga saat ini masih banyak umat muslim yang kebingungan mengenai perbedaan doa berbuka puasa qadha dengan doa buka puasa yang dibaca di bulan Ramadhan.

Nah, daripada makin pusing, langsung aja kita simak ulasan doa berbuka puasa qadha dan artinya di bawah ini.

Baca Juga: Keutamaan dan Niat Puasa Senin Kamis Lengkap dengan Artinya

Doa berbuka puasa qadha

ilustrasi berdoa (pexels.com/Thirdman)

Sebenarnya tidak ada dalil yang mengkhususkan mengenai doa buka puasa, baik buka puasa qadha atau sunah maupun buka puasa di bulan Ramadhan. Jadi, kamu bisa memakai doa buka puasa yang biasa kamu baca di bulan Ramadhan.

Melansir dariTafsirWeb, terdapat dua versi doa berbuka puasa yang sering diamalkan, yaitu:

1. Doa buka puasa versi pertama

Berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Umar radhiyallahu 'anhuma berkata bahwa, "Rasulullah shallahu 'alaihi wa sallam, apabila beliau berbuka, beliau membaca : Dzahabazh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah.” (HR. Abu Daud 2357)

Artinya: “Telah hilanglah dahaga, telah basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan, jika Allah menghendaki.”

2. Doa buka puasa versi kedua

Berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Imam Abu Daud dalam kitabnya, beliau berkata, "Musaddad telah menyebutkan kepada kami, Hasyim telah menyebutkan kepada kami dari Hushain, dari Mu'adz bin Zuhrah, bahwasanya dia menyampaikan, sesungguhnya jika Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam berbuka puasa, beliau mengucapkan, allahumma laka shumtu wa 'ala rizqika afthartu.” (Imam Abu Daud dalam kitab As-Sunan: 2358)

Artinya: “Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa, dan kepada-Mu aku beriman, dan dengan rezeki-Mu aku berbuka. Dengan rahmat-Mu wahai yang maha pengasih dan penyayang.”

Baca Juga: Mau Tetap Sehat Selama Puasa? Pilih 10 Minuman Segar Buka Puasa Ini!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya