TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Gejala Depresi yang Sering Dianggap Sepele & Diabaikan, Waspada!

Kenali gejalanya sedini mungkin dan segera tangani

medicalnewstoday.com

Depresi ialah istilah yang sering dipakai secara longgar untuk menggambarkan perasaan tak mengenakkan setelah mengalami suatu hal yang buruk. Tapi sayangnya, banyak yang sering menganggap depresi ini sama dengan perasaan sedih pada umumnya.

Padahal perasaan sedih akibat depresi ini biasanya berlangsung dalam kurun waktu yang lama dan dirasakan secara mendalam. Ditambah, depresi juga dapat berdampak pada pikiran,emosi, tindakan, produktivitas, hingga kesehatan mental. Untuk itu, penting sekali mengenali gejala depresi sedini mungkin agar bisa segera diatasi dan gak bertambah parah. Berikut beberapa gejala depresi yang wajib kamu waspadai.

1. Gak memiliki ketertarikan akan apa pun

Unsplash/Joshua Rawson-Harris

Gangguan mood yang memengaruhi perasaanmu terhadap segala hal yang kamu jalani, seperti gak memiliki ketertarikan pada apa pun dan gak memiliki harapan akan masa depan merupakan salah satu gejala depresi yang patut kamu waspadai.

2. Selalu merasa lelah dan kualitas tidur menurun

medicalnewstoday.com

Depresi sering kali disertai dengan rasa lelah yang luar biasa dan gak berenergi. Lebih lanjut, hal ini bisa menyebabkan penderitanya jadi tidur berlebihan. Tapi di sisi lain, depresi juga bisa mengakibatkan insomnia, dan kurangnya kualitas serta intensitas tidur ini juga dapat menyebabkan kecemasan.

Baca Juga: 5 Wanita Tangguh Ini Pernah Mengidap Depresi dan Gangguan Kecemasan

3. Perubahan nafsu makan dan berat badan

ravishly.com

Depresi juga dapat menyebabkan perubahan berat badan dan nafsu makan secara drastis. Sebagian penderita depresi akan menunjukkan gejala nafsu makan yang meningkat yang diikuti dengan peningkatan berat badan. Sementara sebagian lainnya jadi merasa kehilangan selera makan, gak mudah lapar, dan akan kehilangan berat badan.

4. Emosi yang tak terkendali

Unsplash/Claudia

Depresi juga umumnya menyebabkan perubahan suasana hati. Di mana penderitanya bisa marah secara meledak-ledak, dan sesaat kemudian menangis tak terkendali. Kondisi ini menunjukkan kurangnya kemampuan diri mengontrol emosi.

Baca Juga: 5 Tips yang Perlu Diterapkan Jika Ibu Hamil Merasa Depresi

Verified Writer

Eka Ami

https://mycollection.shop/allaboutshopee0101

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya