TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Mengurangi Ketegangan dalam Segala Jenis Hubungan

Bisa diterapkan dalam pertemanan, pekerjaan, hingga percintaan

ilustrasi sebuah konflik dalam hubungan kerja (pexels.com/Alena Darmel)

Ketegangan bisa dirasakan dalam sebuah hubungan, karena setiap orang punya cara pandang yang berbeda sekalipun tujuannya sama. Kehidupan sosial yang diisi oleh beragam karakter manusia, pasti ada saja momen-momen tegangnya. Entah karena perselisihan, kesalahpahaman, dan penyebab lainnya.

Untuk menjaga keutuhan hubungan dan keharmonisannya, cobalah kurangi ketegangan yang sedang dirasakan. Berikut lima cara yang bisa dipelajari, lalu diterapkan dalam hubungan yang sedang kamu jalani.

Baca Juga: 6 Tips Membangun Komunikasi yang Jelas dan Sehat dengan Pasangan 

1. Tenang dan kuasai diri di segala situasi

ilustrasi bersikap tenang saat menerima penolakan (pexels.com/cottonbro)

Situasi apa yang sedang kamu hadapi? Perdebatan yang mulai panas di tengah diskusi? Salah paham dengan pasangan? Atau, pertemanan yang renggang karena muncul konflik hingga pertengkaran?

Jika situasi hubungan terasa menegangkan, pasti gak nyaman untuk dijalankan. Maka, tenangkan diri dan kuasai emosimu, supaya perlahan-lahan suasana yang tegang itu berkurang dengan berupaya menyelesaikannya secara bijaksana.

Baca Juga: 6 Tips Mengatasi Perbedaan dalam Hubungan, Jangan Sepelekan!

2. Hindari berpikir terlalu kaku

ilustrasi berpikir secara fleksibel (pexels.com/Leah Kelley)

Suasana hubungan sedang tegang, maka pola pikirmu terkait persoalan yang sedang dihadapi, sebaiknya lebih lentur lagi. Berpikirlah secara fleksibel menyikapinya, jangan terlalu kaku, karena dapat memicu munculnya konflik baru. Luaskan sudut pandanganmu dalam mengamati ketegangannya. Sehingga, kamu akan mampu menemukan cara-cara yang tepat untuk menghadapinya. Hindari bersikap egois dalam situasi seperti ini, jika gak ingin hubungan semakin renggang.

3. Belajar lagi tentang cara berkomunikasi

ilustrasi orang sedang berkomunikasi (pexels.com/ELEVATE)

Dalam hubungan, ketika menjalin interaksi, pasti ada komunikasi. Kenapa situasinya menjadi setegang ini? Bisa saja titik konfliknya karena ketidakmampuan diri dalam mengomunikasikan sesuatu. Hindari langsung menanggapi, ketika emosimu sedang tinggi.

Tenangkan hati dan pikiran terlebih dulu. Setelah itu, belajar lagi tentang bagaimana caranya berkomunikasi agar perpecahan gak sampai terjadi. Pahami juga pola komunikasi lawan bicaramu, siapa tahu memang cara dia berbicara seperti itu dan gak bermaksud menyinggungmu.

4. Punya sikap menghargai

ilustrasi bersikap saling menghormati dan menghargai (pexels.com/RODNAE Productions)

Perbedaan dalam sebuah hubungan bisa menjadi pelengkap, jika suasana relasinya menyenangkan. Namun, bila yang terjadi malah tegang, apa yang harus dilakukan? Kurangi tekanannya dengan membangun sikap menghargai perbedaan.

Belajar lagi untuk lebih bisa mendengarkan dan menerima perbedaan. Jangan menutup diri terhadap sudut pandang baru, sebab bisa saja itu malah akan menambah ilmu dan meluaskan wawasanmu.

Baca Juga: 5 Tips Mengurangi Overthinking setelah Bersosialisasi

Verified Writer

Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya